A Moment To Change

Menjelang berakhirnya tahun ini salah satu sahabat saya membuat rencana untuk melakukan perubahan diri. Tahun baru bagi sahabat saya merupakan momen terpenting dalam memulai kehidupan yang lebih baik, suatu momen yang menurutnya adalah suatu upaya re-branding, re-energizing, re-positioning, re-launching (or whatever the name) of a new him. Saking antusiasnya menyambut momen penting itu, sahabat saya bahkan berencana membuat acara proklamasi di suatu tempat yang special dan waktu yang special juga. Alasannya supaya lebih syahdu dan lebih termotivasi katanya.

Lalu saya bertanya sebenarnya apa esensi dari momentum tersebut? Sahabat saya menjawab bahwa dengan momentum tersebut ia ingin menjadi orang yang lebih baik, lebih bijaksana, lebih tepat waktu, dan lebih stabil dalam emosi. Karena ia merasa selama ini ia sering mendapat masukan atas sikapnya yang kekanak-kanakan dan tidak menghargai waktu.

Lalu saya bertanya lagi, untuk menjadi yang lebih baik mengapa harus menunggu sampai akhir tahun ini? Menurut sahabat saya, pemilihan momentum tersebut hanyalah upaya untuk meneguhkan niatnya, ia mengumpulkan segenap kekuatan dan kepercayaan dirinya karena saat ini ia masih kurang percaya diri jika harus melakukan perubahan itu sekarang.

Mendengar jawabannya saya jadi termenung, apakah memang harus di momen yang tepat untuk berubah menjadi lebih baik. kapankah momen yang tepat itu, lalu bagaimana kalo momen tersebut tidak pernah datang. Apakah itu berarti kita mendapat toleransi untuk berbuat yang menurut hati nurani kita sendiri pun kurang baik.

Adakalanya, untuk berubah menjadi lebih baik kita memang sering diganggu oleh lingkungan kita. Sebagai contoh pada saat kita ingin berubah menjadi orang yang tepat waktu, lalu kita melihat lingkungan yaitu sebagian besar teman-teman kita tidak tepat waktu maka semangat kita pun langsung down. Tapi bagaimana pun segala upaya harus dicoba, dimulai dengan peneguhan niat kita, lalu konsistensi dalam perubahan dan mulailah dari hal-hal yang kecil sehingga perubahan kita bertahap atau gradual.

Tentunya untuk melakukan itu semua diperlukan rasa percaya diri dan semangat yang kuat sehingga kita akan segera bangkit untuk mencoba lagi jika menemui kegagalan. Bukankah orang-orang hebat adalah orang yang setelah jatuh segera berdiri dan berbenah sehingga dapat melompat lebih tinggi.

Terpenting dalam melakukan perubahan, kita harus sadar bahwa kita semua dikejar waktu. Semakin bertambah hari sebenarnya waktu kita makin berkurang. Tidak ada yang dapat memastikan bahwa kita masih diberi kesempatan untuk bertemu esok hari. Karena itu, jika untuk kebaikan mengapa harus ditunda sampai waktu yang sebenarnya kita sendiri tidak tahu apakah kita masih diberi kesempatan untuk bertemu hari itu. Tindakan yang paling bijak dalam menyikapinya adalah mulailah berubah dari sekarang, walau mungkin harus dimulai dengan langkah-langkah kecil. Percayalah itu lebih baik dari pada kita hanya diam menunggu waktu berlalu. Selalu optimis, ikhtiar dengan ikhlas dan mintalah selalu perlindungan-Nya. InsyaAllah apa yang kita inginkan akan tercapai…

Have a Nice Day…

Moment penuh inspirasi

dv 19112007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s