Nasi Liwet Special

Waktu kecil saat masih tinggal di kampung ku yang permai, Mamaku sering bikin nasi liwet. Aku dan adikku biasanya suka rebutan "kerak" nya yaitu bagian bawah nasi yang gosong. Sebenarnya hanya ditambah garam tapi menurutku sangat nikmat.
Nah karena sangat berkesan, saat aku sudah berkeluarga dan jauh dari Mama. beberapa waktu lalu aku dapat kiriman panci khusus bikin nasi liwet dari Mamaku tersayang. Kalo di kampungku pancinya sering disebut "kastrol", bentuknya bulat dan tebal.
Dengan bermodal si Kastrol inilah aku sering membuat nasi liwet di tiap acara makan bareng yg ada di blok ku. Alhamdulillah sukses besar, nasi liwetku selalu habis diserbu tetanggaku.
Hmmm karena ini salah satu masakanku yang aku udah pede bikinnya, saatnya untuk sharing resep nasi liwet yang aku jamin caranya mudah tapi endang markondang deh .

Bahan:

1 liter Beras cuci bersih

3 gelas Air (patokannya satu ruas jari telunjuk melebihi beras)


2 sdm Garam (kalo kurang asin tambah secukupnya)


1 buah Bawang bombay iris tipis


1 lembar Daun salam, remukkan


1 sdm Mentega (gak pake juga gpp)


1 lembar Daun pisang untuk tutup nasi

Caranya:

  • Campur beras, air, garam, bawang bombay dan daun salam. Aduk-aduk sampai keluar harum bawang. Coba cicipi airnya sampai terasa asin (jangan terlalu asin). tambahkan mentega.
  • Rebus beras dengan api besar sampai mendidih (biasanya airnya keluar panci).
  • Ketika air sudah menyusut, kecilkan api dan simpan diatas nasi daun pisang. Tutup rapat dengan tutup panci.
  • Kurang lebih 15 menit matikan api dan nasi liwet siap disantap.

Tuhh kan gampang kan?


Selamat mencoba, kalo udah coba lapor yaaa…

Gambar diambil dari sini


2 thoughts on “Nasi Liwet Special

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s