Macaroni Schotel ala Devi :)

Macaroni Schotel Istimewa

Makanan ini menjadi salah satu menu andalanku untuk menjamu tamu istimewa. Makanan ini juga sudah berapa kali dipuji-puji suamiku, padahal suamiku tipenya jujur banget, kalo ada masakanku yang gak enak tanpa tedeng aling-aling akan bilang gak enak dan gak mau makan. Jadi boleh pede dong kalo aku sekarang mau bagi-bagi resepnya🙂

Resepnya aku dapat dari berbagai sumber sampe aku lupa dari mana saja, ada beberapa hal yang aku modifikasi berdasarkan pengalaman. Check this out…

Macaroni Schotel ala Devi

Bahan:

250 gr Macaroni Elbow

200 gr Daging sapi cincang special (sedikit lemak)

6 pcs Sosis sapi potong kecil-kecil

5 butir Telur

1 btr Bawang bombay iris kotak-kotak

2 btr Bawang putih

500 ml Susu UHT plain (bisa ganti susu dancow putih 2 sachet @27 gr + air 500ml)

2 sdt Garam

1 sdt Merica

1/2 btr Pala

2 sdm Margarin untuk menumis

100gr Keju dipotong kotak (tentative)

Bahan Toping:

1 sdm Margarine

2 sdm terigu

250 ml Susu UHT plain (bisa ganti susu dancow putih 1 sachet @27 gr + air 250ml)

1/2 sdt Merica

1 sdt Garam

100 gr Keju diparut kasar

Caranya:

1. Rebus Macaroni dengan cara siapkan air mendidih + minyak 2 sdm, masukkan macaroni. Angkat jika sudah matang dan mekar, tiriskan.

2. Siapkan wajan, masukkan margarin tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu. masukkan daging cincang, masak sampai berubah warna kecoklatan. Masukkan sosis iris, aduk-aduk. matikan api.

3. Kocokan telur dan masukkan bumbu antara lain garam, merica dan pala bubuk.

4. Masukkan Macaroni kedalam tumis daging, aduh-aduk. Masukkan kocokan telur dan susu. Masukkan keju kotak-kota,aduk-aduk lagi

5. Masukkan bahan ke dalam loyang yang telah di olesi margarin. Kukus di panci dengan uap yg banyak kurang lebih 30 menit.

6. Sambil menunggu Macaroni di kukus, siapkan topingnya. Cairkan terigu dengan susu (kalo aku terigu dicampur susu cair sedikit dulu setelah tercampur baru digabung dengan sisa susu). Tambahkan garam dan merica, aduk-aduk. Siapkan wajan, masukkan margarine setelah cair masukkan susu sekaligus. Aduk-aduk jangan sampai menggerindil yaa. jika sudah mendidih matikan api.

8. Tuang toping diatas macaroni yang telah dikukus. ratakan dan tambahkan diatasnya keju parut.

9. Siapkan oven dan bakar macaroni, lebih baik bakar dengan cara aubain marrie. Kalo aku, siapkan loyang yang ukurannya lebih besar dibanding ukuran loyang macaroni. isi dengan air panas setengah loyang, masukkan loyang macaroni. perhatikan jangan sampai air masuk ke loyang macaroni. Bakar kurang lebih 30 menit.Tapi kalo mau cepat, bisa juga langsung bakar namun jangan terlalu lama kurang lebih 15 menit aja.

10.Biarkan macaroni dingin, baru dipotong-potong untuk disajikan dengan ditambahkan Saus Pedas.

gambarnya maap masih pake punya orang ya, belum sempet foto euy

3 thoughts on “Macaroni Schotel ala Devi :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s