Kisah Sepotong Kue – Brownies Kukus Cupcake

Finally waktunya datang juga, tanggal 30 Desember lalu keponakanku akhirnya menikah setelah perjalanan panjang putus sambung bahkan sampai ada acara tanpa restu ortu tapi kalo sudah jodoh gak akan kemana.

Sebagai tante yang baik hati, aku juga ikut berpartisipasi memberi dukungan nyumbang snack box utk pengajian malam sebelum menikah.

Sebenarnya menerima order 150 snack box merupakan aksi nekat dan maksa karena aku belum pernah membuat cake dalam jumlah besar tapi aku yakin aku akan banyak belajar dari pengalaman ini. Alhamdullillah kakak bantuin dengan membuat 1 jenis snack manis jadi aku tinggal bikin 2 macam snack (manis dan asin).

Setelah hunting resep yang gampang tapi enak, akhirnya terpilih utk snack manis brownies cup cake dan utk asin nya bikin Bitter Ballen. Secara kedua jenis kue ini sudah pernah aku buat jadi aku cukup pede. Skalian uji coba klakat hadiah ulang tahun dari suamiku tercintah.

Untuk mengerjakan project ini aku khusus ajuin cuti di kantor, rencananya jumat aku bikin brownies dan sabtu nya bikin bitter ballen. Bahan dan alat sudah tersedia jadi aku tinggal jalanin aja, Bismillah…

Tapi sodara-sodara ternyata kenyataan tidak selama nya sesuai dengan harapan, brownies yang tadinya aku prediksi bisa selesai dalam satu hari aku hanya mampu bikin ½ aja, mungkin karena aku belum kenal banget dengan klakat baruku jadi utk adonan pertama kurang mekar. Yo wis lah brownies nya aku bagi-bagiin aja ke tetangga gak masuk hitungan.

Tapi belajar dari pengalaman itu, utk next nya alhamdulillah hasilnya memuaskan. Walaupun brownies ku masih belum mulus tapi rasa dan teksturnya sudah cukup oke. Jadi sok lah ini Recommended bgt

Aku menggunakan brownies kukus versi mbak Rina Rinso, sebenarnya resep aslinya adalah Brownies kukus gulung keju. Tapi entah kenapa beberapa kali uji coba gak pernah berhasil digulung (pasti patah), ujung-ujungnya aku tumpuk aja dan tengahnya aku olesi buttercream atau selai coklat, suamiku suka kok. Nah Ini dia resepnya yang sedikit sudah aku modif yaa…

Gambar

Brownies Kukus Cupcake

Source: Rina Rinso – modified Devi

Bahan A:

4 btr     Telur utuh

150 gr  Gula kastor

1 sdt    Emulfisier

Bahan B:

100 gr  Terigu protein sedang/rendah

40 gr    Coklat bubuk (kalo aku 30 gr coklat bodreux tulip + 10 gr susu bubuk)

Campurkan dan ayak

Bahan C:

150 ml Minyak goreng

100 ml Susu kental manis coklat

1 sdt    Pasta coklat

Campurkan

Caranya:

  1. Siapkan klakat yg sudah berisi air secukupnya, didihkan air sampai uap banyak (gunakan api sedang)
  2. Kocok bahan A sampai mengembang kental berjejak (cirinya, saat mixer diangkat adonan pelan-pelan turun)
  3. Masukkan bahan B, aduk rata. (kalo aku, masukan campuran terigu dalam 3 tahap, aduk secukupnya asal rata)
  4. Masukkan bahan C, aduk balik dengan spatula. Jangan terlalu sering aduk nanti over mix/bantat
  5. Tuang ke papper cup sampai penuh karena jenis cake ini tidak akan terlalu mengembang. Masukan ke klakat dan kukus selama 15 menit.
  6. Angkat dinginkan, hias dengan coretan coklat putih yg telah dicairkan

Kesimpulan akhir, setelah tahu trick nya membuat cake ini cukup mudah dengan hasil yang memuaskan. Namun pengalaman yang ingin di share, membuat kue dalam jumlah banyak selain diperlukan kesiapan fisik yang prima juga diperlukan kejelian menghitung bahan yang diperlukan dan pembagian waktu apalagi membuat beberapa macam cake dalam waktu bersamaan. Waktu membuat cake ini, aku cukup rempong antara membuat brownies dan bitter ballen. Tapi alhamdulillah karena ada bala bantuan dari adik, kakak, ibu, bibi dan lainnya (huaaa pantesan aja yg bantuinnya sekampung) jadinya selesai sesuai waktunya walau mempet dikit deng xixixi…

Happy Baking🙂

3 thoughts on “Kisah Sepotong Kue – Brownies Kukus Cupcake

  1. Ping-balik: Kisah Sepotong Kue – Pudding Coklat Oreo | devinilasari

  2. Ping-balik: Kisah Sepotong Kue – Brownies Kukus Ekonomis | devinilasari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s