Kisah Sepotong Kue – Bitterballen Roti Tawar

Sebagai istri yang berbakti aku selalu ingin dalam satu hari ada hasil masakanku yang dapat dinikmati suami, apa daya kalo untuk nyediain makan siang dan malam rasanya berat banget selain waktu yang susah juga ribert nya itu loh *dasar pemalas. Akhirnya pilihanku nyediain sarapan ajah deh. Karena itulah, awal-awal aku mulai terjun ke dunia per-baking-an aku lebih sering searching resep makanan untuk sarapan.

Nah ini aku mau sharing satu resep andalanku karena lumayan sering bikinnya, namanya “Bitterballen” sejenis camilan yang rasanya asin gurih katanya siy asalnya dari Belanda makanya namanya rada kebelanda-belandaan. Resep yang aku sharing ini versi yang menggunakan roti tawar, gara-garanya waktu pertama kali bikin aku memanfaatkan roti tawar dirumah yg hampir expired. Resep ini aku ambil dari blog-nya mbak Hesti karena seperti biasa nyari cara yg paling praktis. Sebenarnya ada juga resep lain yang menggantikan roti tawar dengan terigu, tapi karena belum pernah nyoba jadi belum bisa lapor bedanya apa. Insya Allah suatu saat nanti aku coba dan sharing yaa…

Ini resep aslinya aku ambil dari blog mbak Hesti (ijin share ya Mbak) yang pakai tinta merah modifikasiku

Bitteballen versi devi

BITTERBALLEN ROTI TAWAR
by. Hesti’s Kitchen

 Bahan :

– 50 gr margarin
– 1/2 buah bawang Bombay potong kotak-kotak kecil
– 50 gr kornet (aku pake smoke beef) aku pakai daging sapi giling tanpa lemak atau bisa juga daging ayam giling
– 3 buah sosis sapi/ayam dipotong kecil
– 50 gr tepung protein aku gak pakai, kalo bikin selalu kelupaan tapi ga ngaruh ke hasilnya tuh
– 6 lembar roti tawar, buang kulitnya kalo aku kulitnya juga langsung masukan juga (sayang kan kalo dibuang)
– 200 cc susu cair hangat kalo aku seringnya pakai susu bubuk + air dingin biasa 200 ml
– 3/4 sdt garam
– 1/4 sdt merica bubuk
– 1/4 sdt pala bubuk kadang gak pake suka kelupaan, tapi tidak mengurangi rasa kok
– 25 gr keju cheddar parut kalo aku potong-potong bentuk kotak kecil jadi lebih terasa kejunya
– minyak untuk menggoreng

Bahan pelapis :
– 2 putih telur, kocok lepas kalo aku kuning dan putihnya kocok lepas, jadi gak ada yg tersisa
– 100 gr tepung panir kasar

Cara membuat :

  1. Blender susu cair dan roti tawar sampai lembut. Bisanya sebelum masuk ke bleder aku potong-potong kecil dulu rotinya
  2. Panaskan margarin, masukkan bawang bombay dan kornet/daging asap/daging giling/sosis. Tumis sampai berubah warna. Masukkan tepung. Aduk sampai bergumpal.
  3. Masukkan blenderan roti. Aduk sampai licin. Tambahkan garam, merica bubuk, pala bubuk dan keju parut. Aduk rata. Angkat.
  4. Ambil sedikit campuran roti. Bentuk bulat kecil. Gulingkan di tepung panir, putih telur dan tepung panir lagi. Masukan ke kulkas dulu 1 – 2 jam biar tepung panirnya nempel. Makanya biasanya aku suka bikin malam pulang kerja utk digoreng paginya
  5. Goreng dalam minyak panas sedang sampai kekuningan dan matang.

Menurutku enaknya bikin Bitterballen satu resep bisa menghasilkan skitar 20 pcs ukuran sedang, lumayan banyak kan? Trus bisa di stock juga, simpan aja di kulkas, Bitterballen yg belum digoreng bisa tahan 3 hari. Selain itu, isi bitterballen bisa disesuaikan dengan bahan yg ada di kulkas, maksudnya aku pernah bikin bitterballen dengan isi daging ayam dan sosis ayam atau hanya isi sosis dan wortel juga tetep enak kok. Yang paling penting dari semuanya, my hubby sukaaaa apalagi di cocol ama saos cabe + mayones hmmm enaknyaaa…

One thought on “Kisah Sepotong Kue – Bitterballen Roti Tawar

  1. Ping-balik: Kisah Sepotong Kue – Pudding Coklat Oreo | devinilasari

Tinggalkan Balasan

