Touch My Heart

Perilaku dan karakter manusia sampai saat ini masih menjadi misteri, belum ada seorang ahli yang bisa menjelaskan secara pasti apa yang menjadi landasan seseorang melakukan tindakan. Karena itulah perilaku manusia menjadi objek penelitian dari para ahli sejak dahulu kala bahkan menjadi cabang ilmu yang banyak dikembangkan.

Salah satunya yang ingin aku share disini adalah review sebuah buku yang membahas kaitan golongan darah dengan karakter manusia. Artikel yang menarik menurutku, apalagi di sertai karikatur lucu menggambarkan karakter si golongan darah. Review buku ini aku ambil dari salah satu seorang member milis HRM-Club pada 18 Juli 2008. Maaf aku tidak tahu dan tidak kenal orangnya, jadi tidak aku sebutkan penulisnya.

“Apakah benar karakter seseorang dapat diketahui melalui golongan darahnya?” Percaya tidak percaya, begitulah setidaknya yang telah diriset dan dibuktikan oleh director of the Blood Type Humanics Research dari Jepang, Toshitaka Nomi yang menuliskan hasil penelitiannya dalam sebuah buku dengan judul Touch My Heart.

http://www.goodreads.com

Konon di Jepang mempelajari karakter individu berdasarkan golongan darah sudah terjadi dari tahun 1933 dilakukan oleh Furukawa Takeji. Mereka melihat kepribadian dari sisi golongan darah seperti halnya di negara lain yang melihat kepribadian dari Horoskop –ramalan bintang.

Pun tidak perlu heran, di Jepang ada perusahaan yang hanya menerima orang-orang yang bergolongan darah A saja. Ada apakah dengan orang yang bergolongan darah A? Bahkan di sebuah pabrik di Jepang, 90% pekerjanya bergolongan darah A dan B, sisanya bergolongan darah O. Sungguh aneh memang dan di luar kebiasaan yang kita ketahui selama ini.

Buku Touch My Heart memberikan perspektif yang lain mengenai golongan darah kita. Secara lebih khusus, buku ini mengupas karakter dan kepribadian anak dilihat dari jenis golongan darahnya. Sehingga, memberikan gambaran kepada para orang tua bagaimana cara mendidik anak-anaknya sesuai dengan jenis golongan darah masing-masing anak tersebut. Anda –para orang tua– akan diajak oleh sang penulis buku ini untuk menyelami segala keunikan-keunikan yang dimiliki oleh anak-anak Anda, dan tidak lupa memberitahukan beberapa sifat dasar (baik positif maupun negatif) yang melekat pada diri anak Anda.

Menjadi ibu merupakan pekerjaan mulia tanpa batas dan akhir. Pekerjaan yang berat, sehingga jangan heran kalau banyak orang yang sampai melakukan tindakan yang tidak logis karena ketidaksiapannya menjalani peran ibu. Pekerjaan ibu dikatakan tanpa batas karena mencakup semua aspek kehidupan anak, bahkan hubungan anak dengan penciptaya pun dipengaruhi oleh kehadiran ibu. Tanpa akhir karena kontrak seorang ibu tidak mengenal waktu, tidak hanya sampai anaknya dewasa, tidak hanya sampai anaknya menikah, selamanya.

Karena kemuliaannya, pekerjaan ibu merupakan pekerjaan yang berat. Dia berkewajiban mengasuh dan mengembangkan diri anak sejak dalam kandungan hingga batas yang tak tentu. Karena pekerjaan ini berat, tidak jarang pada saat anaknya masih balita dan remaja pun banyak ibu yang tidak sanggup memahami siapa anaknya sesungguhnya. Banyak ibu yang tidak tahu apakah anaknya berkarakter seperti dirinya, seperti suaminya, seperti leluhurnya yang lain, campuran dari beberapa karakter, atau pribadi baru yang sama sekali berbeda.

Toshitaka Nomi menuliskan bahwa anak bergolongan darah O jika perasaannya tertekan, akan menjadi pemberontak dan pembuat onar. Walaupun begitu, sesungguhnya anak bergolongan darah O senang memberikan pertolongan kepada orang lain. Sementara, anak bergolongan darah A bersifat “bawel”, banyak bicara, dan senang menunjukkan hal yang telah dilakukannya (kadang terkesan pamer). Anak dengan golongan darah jenis ini sebenarnya tidak bermaksud sombong, melainkan sekadar berharap orang lain turut gembira atas kegembiraannya. Anak dengan jenis golongan darah A biasanya menikmati hal-hal yang dilakukannya, terlebih jika yang ia lakukan itu tidak dilakukan orang pada umumnya.

Lain halnya dengan anak bergolongan darah B, anak ini bersifat pemalu, sulit mengungkapkan  hal yang dialaminya. Namun, begitu hatinya tersentuh, ia menjadi sangat lembut. Sementara, anak bergolongan darah AB lain lagi, ia tidak menyukai batasan-batasan, cenderung melakukan hal yang ia mau dengan cara berpikirnya yang simple.

Buku yang ditulis berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Toshitaka Nomi (lanjutan dari penelitian yang telah dilakukan ayahnya) ini, melibatkan tidak kurang dari 10.000 responden. Jumlah yang cukup untuk menyimpulkan bahwa penelitian ini benar-benar dapat dipercaya. Selain itu, buku ini disertai dengan berbagai contoh nyata permasalahan yang terjadi pada anak, penjelasan golongan darahnya, kemudian cara mengatasinya. Dengan kata lain, buku ini tidak hanya informatif melainkan juga solutif sehingga layak dibaca oleh para ibu (dan ayah tentunya), guru, dan masyarakat umum yang ingin belajar mengenai karakter anak dan orang lain.

att958dkkarakter vs gol darahkarakter vs gol darahkarakter vs gol darahkarakter vs gol darah

Semoga bermanfaat🙂

One thought on “Touch My Heart

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s