KISAH SEPOTONG KUE – RAINBOW CAKE PUTIH TELUR

Ini cerita Desember lalu di hari ulang tahunku.  Ulang tahun yang tidak pernah ada perayaannya karena di keluarga kami khususnya suamiku boro-boro merayakan, mengucapkan selamat ulang tahun juga tidak pernah. Karena itu, hari ulang tahun bagi kami sama seperti hari yang lain. Bahkan kalo bisa siy pengennya aku gak perlu di ingetin tanggal lahir biar gak merasa tambah tua hehehe…😀

Namun Desember tahun lalu ada cerita lain yang akan selalu ku ingat. Di kantor  khususnya divisiku, ada kebiasaan yang tidak tertulis setiap yang ulang tahun akan di kerjain atau minimal di kasih surprised. Nah ketika hari ulang tahunku tiba (waktu itu hari kerja) aku sengaja biasa aja walau sebenarnya rada deg-degan juga khawatir di kerjain. Alhamdulillah sampai menjelang pulang tidak ada kejadian apapun, aku seneng bgt. Siip tidak ada yang tahu aku ulang tahun hari itu…🙂

Tapi tiba-tiba aja teamku bawa kue ulang tahun dan music happy birthday berbunyi. Gak nyangka dan terharu, terima kasih atas perhatian dan ucapannya teman-teman, semoga sisa usiaku makin berkah *hug

makasih atas perhatiannya ya my lovely team *hug

makasih atas perhatiannya ya my lovely team *hug

Nyambung dengan birthday tadi, saat weekend aku iseng-iseng beresin kulkas. Ternyata aku punya putih telur lumayan banyak sisa bikin cake, biasanya putih telur aku bikin dadar atau pizza mie, tapi karena lumayan banyak aku pikir masa gak jadi sesuatu yang lebih dari dadar. Aku searching resep dan di NCC Rainbow Week aku nemuin resep Rainbow Cake dari putih telur, yang kirim resep mbak Iin Sidartha. Katanya ini diambil dari resep Ny Liem Cake Pandan Putih Telur. Ya udah aku bikin Rainbow Cake aja deh, kebetulan aku belum pernah bikin dan mumpung mommentnya ada yang lagi birthday (jiaah). Nah ini dia resepnya aku tulis ulang:

rainbow cake putih telur

Rainbow Cake Putih Telur
(original: Cake Pandan Putih Telur, by Ny. Liem)
1 resep untuk 1 rainbow cake diameter 20cm

Bahan A:
350 gr putih telur
250 gr gula pasir
1 sdm emulsifier
1/2 sdt garam
Bahan B:
200 gr terigu
30 gr maizena
20 gr susu bubuk
Bahan C:
100 gr margarin leleh
150 ml santan/susu cair

Cara:
1. Kocok bahan A hingga soft peak
2. Masukkan bahan B, aduk rata
3. Masukkan bahan C, aduk rata
4. Timbang masing-masing 1/6 bagian adonan, beri pasta/pewarna merah, orange, kuning, hijau, biru, dan ungu. Direkomendasikan utk ditimbang atau bagi rata, pengalamanku gak dibagi rata ada cake yang jadi keras karena terlalu tipis
5. Tuang masing2 bagian adonan ke loyang, panggang +/- 15 menit hingga matang

Filling Cheese Frosting (by Ria Heliyanti),

Bahan:
250 gr cream cheese
100 gr butter
225 gr gula halus
473 gr fresh cream (aku pake 160 gr whipped cream bubuk + 320 ml susu cair dingin)

Cara:
1. Kocok cream cheese & butter hingga lembut
2. Tambahkan gula halus, kocok rata
3. Kocok fresh cream secara terpisah hingga kaku
4. Tambahkan fresh cream ke campuran creamcheese, aduk rata dgn whisk/spatula

Finishing:
Letakkan lapisan cake warna ungu di alas cake, poles dgn cheese frosting, tumpuk dengan lapisan cake warna biru. Poles lagi dengan cheese frosting, tumpuk dengan lapisan cake warna hijau. Lanjutkan dengan lapisan2 selanjutnya hingga habis. Poles  bagian atas dgn cheese frosting, rapihkan pinggiran cake, hias sesuai selera.

Untuk filling aku hanya pakai buttercream siap pakai aja, biar simple dan ini kan masih uji coba.

Setelah di hias ala kadarnya dengan bahan yang ada dirumah, aku potong-potong dan dibagikan ke anak-anak satu blok. Kalo dari rasa siy menurutku enak kok, sayangnya karena ada yang terlalu tipis jadinya ada lapisan yang keras. Namun tidak ada yang menyangka itu dari putih telur karena cakenya lembut dan tidak amis. Alhamdulillah semua senang apalagi aku yang bisa berbagi.

Happy Birthday Tante Devi, kata Nesya

Happy Birthday Tante Devi, kata Nesya

Mudah-mudahan di sisa usiaku ini, aku bisa menjadi orang yang lebih baik, istri yang sholehah dan menjadi ibu yang menjadi kebanggaan anak-anaknya, aamiin

5 thoughts on “KISAH SEPOTONG KUE – RAINBOW CAKE PUTIH TELUR

  1. Hello there! I could have sworn I’ve visited this site before but after going through a few of the posts I realized it’s new to
    me. Anyhow, I’m definitely happy I found it and I’ll be
    bookmarking it and checking back frequently!

Tinggalkan Balasan

