Kisah Sepotong Kue – Puding Kentang Biskuit

Aku mau share alternatif lain jika bosen makan puding yang gitu-gitu aja. Awalnya aku juga mau coba bikin puding ini karena pengen bikin yang beda untuk kudapan para tamu di acara pengajian mingguan.

Resep Puding Kentang ini aku dapat dari blog-nya mbak Hesti, katanya siy resep dari ibunya mbak Hesti (wah mantap nih). Check kulkas hanya ada kentang tersisa 2 biji dan alhamdulillah pas ditimbang beratnya sesuai resep. Yo wis lanjut aja deh, bahan lain mengikuti yang ada aja *nekad.com

Tapi setelah aku check resepnya, aku lihat penggunaan gula pasirnya kok kayaknya kurang cocok dengan lidahnya suamiku karena itu ada beberapa bagian aku kurangi. Demi kepraktisan dan tidak mengeluarkan alat baking yang banyak (males cuci bow hehe) walaupun percobaan pertama aku udah modif cara bikinnya dan resep puding coklatnya pakai resep yang biasa aku buat. Tapi alhamdulillah hasilnya enak kok buktinya suamiku dengan senang hati menghabiskannya… seneng banget karena suamiku bukan penggemar kentang kecuali kentang pedas yeaayy

Puding Kentang Coklat

PUDING KENTANG BISKUIT

Bahan Puding Kentang:
200 gr              Kentang kukus, buang kulitnya kalo aku 2 butir kentang ukuran sedang
200 gr             Gula pasir kalo aku 180gr aja atau 10 sdm muncung
1 btr telur utuh + 2 kuning telur kalo aku 2 butir telur utuh, sayang buang putih telur tapi gak ngaruh kok, kocok pakai garpu
1 ½ sdm          margarine, lelehkan
150 ml             susu kental manis di encerkan dengan 150 ml air kalo aku pake 4 sachet susu kental manis putih (biar gak susah ngitungnya)
25 gr                terigu protein sedang
25 gr                maizena
½ sdt               vanili bubuk
½ sdt               garam
Biskuit marie secukupnya kalo aku punya sisa finger laddy sisa bikin tiramisu pakai itu aja

Bahan Puding Coklat (campur rata dan didihkan)
½ bks               Agar-agar
500 ml             air
100 gr              gula pasir
2 sdm               Coklat bubuk kalo aku pakai bendrops
2 sachet           Susu kental manis coklat
2 tetes              pasta coklat (optional)
½ sdt                garam

Caranya (ini bener-bener modified by me, kalo mau tau cara bikin aslinya silahkan check di blog nya mbak Hesti :

  1. Blender kentang dan susu kental manis yang sudah di encerkan 150ml air sampai halus
  2. Setelah halus masukkan gula, telur kocok, margarine leleh, terigu dan maizena, blender lagi sampai tercampur rata bentar aja yaa
  3. Masukkan ke loyang ukuran 20x20x7 cm yg telah di olesi margarine yang banyak
  4. Kukus kurang lebih 35 menit dengan api sedang. Jika tidak menggunakan klakat jangan lupa bungkus tutup kukusan dengan lap bersih supaya air tidak menetes ke puding
  5. Angkat dan dinginkan, Perhatian: saat awal akan terlihat puding masih goyang-goyang (belum set) namun setelah di dinginkan puding akan keras/set
  6. Tata biskuit diatas puding
  7. Siram sedikit dulu puding coklat diatas biskuit supaya biskuit tidak naik, setelah mulai beku masukkan sisa puding coklat diatasnya. Biarkan beku dan masukkan ke lemari es sampai semua set
  8. Puding kentang siap disajikan, dingin lebih enak

Tuh kan gampang banget bikinnya dan hasilnya insyaAllah enyaakkk…

silahkan dicoba yaa….

Maaf fotonya kurang oke karena diambil malem-malem sebelum dihabiskan my lovely husband🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s