Wisuda Bagi Para Penghafal

Wisuda layaknya di selenggarakan sebagai seremoni pernyataan kelulusan seseorang menempuh satu jenjang pendidikan. Biasanya untuk level mahasiswa bagi para wanita, wisuda identik dengan pergi ke salon dari sejak subuh demi mendapatkan penampilan yang maksimal. Atau bagi para pria, wisuda adalah ajang pamer pendamping wisuda kepada teman lainnya. Hadeuuh jadi inget masa muda🙂

Namun utk kali ini ada wisuda gaya lain, beda dari biasa karena tidak perlu ke salon sejak subuh atau cari pendamping untuk unjuk gigi. Wisuda yang dihadiri ribuan orang dengan berbagai latar belakang pendidikan dan usia. Wisuda tanpa peyerahan sertifikat atau ijasah namun insyaAllah membawa ketenangan dan kebahagiaan. Ini wisuda bagi para penghafal Al Qur’an.

odoa1

Daarul Qur’an menyelenggarakan Wisuda Akbar Indonesia Menghafal ke-4 bagi para penghafal yang mengikuti program one day one ayat. Program ODOA ini di inisiatif oleh Ustadz Yusuf Mansyur yang disiarkan di acara Wisata Hati – AN TV. Ribuan komunitas penghafal Al Quran dari perbagai daerah akan berkumpul dan beramai-ramai menyetor hafalan (muraja’ah) Surah An Naba (Berita Besar) dan Al Baqarah ayat 1 – 50.

Dikutip dari website daarul Qur’an (http://www.pppa.or.id ) Manager Program PPPA Daarul Qur’an Nanang Ismuhartoyo menjelaskan, An Naba’ merupakan satu dari lima surah yang berisi peringatan dahsyat dari Allah SWT. Sedemikian dahsyat, sehingga Rasulullah SAW beruban karena memikirkannya.

Suatu hari Abu Bakar ra berkata kepada Nabi Muhammad SAW, “Duhai Rasulullah, Anda telah beruban rupanya.” Jawab Rasul, “Yang membuatku beruban adalah Surah Hud, Al-Waqiah, Al-Mursalat, An-Naba’ dan Surah At Takwir” (HR Tirmidzi, Ibnu Sa’d, dan Hakim).
An Naba’ menegur keras orang-orang kafir dan kaum yang lalai akan datangnya Hari Pembalasan. Peringatan ini bahkan membuat para malaikat dan ruh-ruh manusia bungkam seribu bahasa di hadapan Allah SWT. Dan ketika dimasukkan neraka, menyesallah kaum kafir sehingga mereka berkata, “Alangkah baiknya sekiranya aku dahulu adalah tanah sehingga tidak dibangkitkan dari kubur atau sama sekali tidak pernah wujud.”

Teknis dalam penyelenggaraan wisuda nanti, setiap peserta akan diuji hafalan oleh para Hafidz namun bagi yang tidak lulus bisa hadir sebagai penonton. Lebih lanjut Ustadz Nanang menjelaskan walaupun tidak lulus muraja’ah namun Insya Allah, seluruh peserta tetap mendapat pahala membaca dan menghafal Qur’an. Mengutip hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud ra, Rasulullah memberi kabar gembira: “Siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka dia akan mendapatkan kebaikan. Dan satu kebaikan dilipatkan sepuluh kali. Saya tidak mengatakan Alif Lam Mim, satu huruf. Akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf” (HR Tirmizi, no 2.327).

odoa2

Acara Wisuda Akbar ini selain dihadiri para ulama juga akan dihadiri oelh Syekh Saad Al-Ghomidi. Beliau adalah salah satu pelantun murottal Qur’an yang sudah populer dan akrab bagi pecinta Qur’an di Indonesia. Syekh bernama lengkap Saad Al Ghamidi Syeikh Ibnu Saad Said Al Ghadimi, itu dilahirkan pada 19 Mei 1967 (1387 H) di Dammam, Mantiqah Syarqiyyah, Saudi Arabia. Syeikh Al-Ghomidi lulus dari Universitas Imam Muhammad Ibn Saoûd di Al-Ahsaa, dengan spesialis Ushuluddin, pada 1410. Beliau menamatkan studi qiroat Qur’an pada 1415. Selanjutnya pada 1417, beliau mendapat gelar sarjana muda dengan isnad (periwayatan) bacaan dari riwayat Hafsh ‘Ain Aasiim.

odoa3

Terlepas dari itu semua, yang tidak kalah penting bagiku acara ini merupakan kesempatan aku untuk berkumpul dengan para penghafal, insyaAllah bisa menguatkanku, menambah semangat dan motivasi dalam menghafal. Semoga Allah SWT memudahkan langkah ku untuk menghadiri acara ini, meluruskan niat ini hanya untuk beribadah kepada Nya dan membawa keberkahan dalam hidupku, aamiin ya robbal alamin.

Keterangan lebih lanjut klik: http://www.pppa.or.id atau call 021-500311

gambar diambil dari: sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s