Kisah Sepotong Kue – Banana Choco Cake untuk Ugha

Kalo berdasarkan resepnya yang aku intip dari blognya mbak Hesti katanya siy ini resep adaptasi dari savorysweetlife.com. Nama asli cake ini adalah Rich Moist Chocolate Banana Bread tapi karena kepanjangan kita sebut aja Banana Choco Cake ajah yaa (ihh seenaknya aja ganti-ganti nama hehehe). Tapi intinya ini kue pisang coklat yang aku rekomendasikan banged untuk dicoba. Cake ini lembut dan rasa pisang maupun coklatnya terasa. Aku pernah bikin cake pisang dari berbagai versi namun resep yang ini yang menurutku paling oke apalagi dimakan setelah cake masuk kulkas…hmmm lazisss…makanya kue ini jadi andalan saat kirim-kirim ke tetangga atau teman.

Beberapa waktu lalu aku iseng pengen ngasih surprise ke Ugha sahabatku, aku sengaja check jadwalnya dia saat ada di Jakarta karena dulu pernah kirim caramel cake ehh Ugha malah di Palembang, alhasil Ugha hanya kebagian kabar aja cake nya enak hehe…

Sebenarnya selain banana choco cake ini aku juga bikinin Macaroni Scootel tapi karena ada insiden tumpah saat dikeluarkan dari oven (nangis kejerrr) jadi yg terkirim yaa cake ini aja (maaf ya Gha🙂 )

Sama seperti resep lainnya ada beberapa hal yang aku modif disesuaikan dengan kondisi dapurku. Oh iya khusus untuk pisangnya berdasarkan pengalamanku pernah bikin pake pisang ambon, pisang raja dan pisang cavendish, aku rekomendasikan pakai pisang cavendish yang kulitnya udah bintik coklat (mateng banget) terasa lebih enak (menurut seleraku loh yaa).

 

 

 

Rich Moist Chocolate Banana Bread
Hesti’s Kitchen modified by devi

Bahan:

100 gr salted butter kalo aku pake margarine blue band butter
120 gr gula pasir
1 butir telur ukuran besar yaa
5 buah pisang raja/ambon, lumatkan dg garpu kalo aku blender aja (dasar males.com)
½ sdt vanili bubuk
150 gr tepung protein sedang kalo aku 125 gr terigu segitiga biru + 27 gr susu bubuk dancow (beli yg sachet aja)
1 sdt soda kue kalo aku pake baking powder double acting (adanya itu di rumah🙂 )
2 sdm coklat bubuk kalo aku pake bendrops/vanhouten biar lebih wangi
½ cup sour cream/yogurt/susu cair kalo aku pake yogurt plain uk.150 ml atau bisa juga 150 ml susu cair + I sdt air jeruk nipis, biarkan 15 menit nanti susunya akan kental
1 cup chocolate chip kalo aku gak pake ukuran makin banyak makin asyik rasanya
Keju cheddar parut secukupnya ini tambahan dari aku

Caranya:

  1. Panaskan oven 175 derajat celcius, olesi loyang brownies dg butter/margarine dan beri sedikit ayakan terigu
  2. Dalam wadah kocok butter/margarine dan gula pasir sampai rata. Kemudian masukkan telur, pisang lumat, sour cream/yoghut dan vanila, kocok lagi sampai rata
  3. Tambahkan campuran ayakan terigu, coklat bubuk dan soda kue. Campur semua asal rata saja. tambahkan chocolate chip, aduk asal saja.
  4. Tuang ke loyang, taburi keju parut diatasnya dan bakar kurleb 50 – 60 menit. Setelah matang angkat dan biarkan di loyang selama 10 menit. Lalu pindahkan ke rak pendingin.

Saat Ugha menerima cake ini dia bilang enyaak. Tuhh penampakan cake-nya tinggal dikit, aku dapat kiriman fotonya dari Ugha. Senangnya bisa bikin orang lain seneng…

banana choco1

Silahkan di coba yaa, happy baking sodara-sodara🙂

foto: berhubung foto kiriman Ugha kurang menarik aku tambahkan foto dari sini

2 thoughts on “Kisah Sepotong Kue – Banana Choco Cake untuk Ugha

  1. Ping-balik: Kisah Sepotong Kue – Moist Banana Cake | devinilasari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s