Kisah Sepotong Kue – Cake Kukus Lapis Coklat Keju

Sebenarnya menurutku cake ini brownies coklat dan keju dalam satu loyang karena cara bikin dan resepnya mirip bikin brownies coklat maupun keju yang biasa aku bikin. Tapi lebih specialnya di tengahnya ada lembaran kraft single ….hmmm yummiee

Caranya cukup mudah dan bagi yang tidak memiliki oven tentu resep ini direkomendasikan untuk dicoba karena ini di kukus sodara-sodara yeeaay…

Tapi saat aku bikin cake ini aku ada insiden, berhubung aku merasa cara bikinnya mirip bikin brownies yang lumayan sering aku bikin, aku ngegampangin bikin cake ini sampai akhirnya diwaktu yang sama aku juga bikin adonan roti manis yang notabene nguras tenaga dan ribert. Yang ujung-ujungnya karena sibuk ngurus bikin roti ehh cakenya ampir aja kegosongan. Air di kukusan sampai habis karena aku gak check saat masukkan adonan ke dua. Padahal niy cake udah ada yang nungguin, suamiku pengen cake ini jadi hantaran saat silaturahim ke mantan boss nya yang kebetulan tetangga rumah. Haddoh kan malu kalo ngasih kue gosong hehe…

Oke selesai cerita-ceritanya, ini dia resep cake lapis coklat keju yang aku ambil dari websitenya mbak Endang – Just Try & Taste yang aku sangat rekomendasikan khususnya bagi beginner kayak aku karena di setiap resep ada tata cara bikin yang detail sekaligus bahan-bahan di resepnya mudah di dapat serta mohon di catat hemat telur a.k ekonomis yeaaay. Dibawah ini aku copy paste aja resepnya dari websitenya mbak Endang, detail bgt kan😉

Cake Kukus Coklat Keju

Cake Kukus Lapis Coklat Keju

Resep diadaptasikan dari buku Cake Lapis Panggang dan Kukus ala Cake Shop Favorit oleh Yeni Ismayani – Cake Kukus Lapis Coklat Keju

Untuk 1  loyang cake ukuran 23 x 10 x 8 cm

Bahan:
4 butir telur (resep asli 5 kuning telur dan 3 putih telur)
1/2 sendok teh cake emulsifier kalo aku pakai ovalet

125 gram gula pasir
60 gram tepung terigu
15 gram tepung maizena
3 lembar keju lembaran (saya pakai merk Kraft single) gara-gara ribert akhirnya malah pake coklat meises aja

Bahan I, lelehkan dengan cara di tim:
35 gram margarine kalo aku ribet ngukurnya 50gr aja
50 gram coklat blok kalo aku dibanyakin aja gak pake ukuran🙂 biar terasa coklatnya

Bahan II:
35 gram margarin dilelehkan kalo aku 50 gr
50 gram keju cheddar parut kalo aku kejunya di potong kotak kecil biar lebih terasa ngejunyaa, lebih banyak lebih enyak

Cara membuat:

  1. Siapkan loyang, saya menggunakan loyang persegi panjang ukuran kira-kira 23 x 10 x 8 cm. Olesi dengan mentega hingga rata dan taburi dengan tepung pada permukaanya. Sisihkan.
  2. Siapkan mangkuk mikser, masukkan telur, gula pasir dan starkis, kocok dengan speed rendah agar tercampur kemudian naikkan menjadi kecepatan tinggi dan kocok hingga mengembang dan kental. Matikan mikser.
  3. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena, aduk menggunakan spatula dengan cara dilipat sehingga tercampur rata.
  4. Masukkan bahan I ke dalam panci kecil atau mangkuk alumunium, letakkan panci/mangkuk diatas panci/pan lebar yang diisi dengan air, kita akan melelehkan coklat dan margarine dengan cara di tim. Panaskan panci, aduk-aduk coklat dan margarine selama dipanaskan, jika air telah mendidih, matikan saja api kompor dan teruskan mengaduk hingga semua bahan leleh. Dinginkan sebentar.
  5. Bagi adonan cake menjadi dua bagian, biarkan 1/2 bagian di dalam mangkuk mikser dan tuangkan 1/2 bagian lainnya di mangkuk berisi coklat tim. Aduk adonan cake dan coklat hingga rata.
  6. Cairkan margarine (bahan II) di panci kecil lainnya, panaskan sebentar saja jangan sampai margarine pecah (terpisah antara minyak dan bahan dasarnya), tuangkan margarine cair ke 1/2 bagian cake yang masih ada di mangkuk mikser. Tambahkan keju parut dan aduk rata. Margarine cair suka mengendap di dasar adonan karena itu pastikan agar spatula menyentuh di dasar wadah saat mengaduknya.
  7. Siapkan kukusan, beri air agak banyak dan panaskan hingga mendidih. Tuangkan adonan keju ke loyang yang telah disiapkan, masukkan loyang ke dalam kukusan. Tutup permukaan kukusan dengan kain bersih yang menyerap air. Tutup rapat. Masak cake selama 20 menit dengan api sedang, hingga matang. Keluarkan dari kukusan.
  8. Menggunakan gelas yang diolesi dengan mentega, ratakan permukaan cake tata keju lembaran diatasnya, kemudian tuangkan adonan coklat ratakan. Cek apakah air dalam dandang kukusan masih cukup, jika kurang tambahkan lagi dan panaskan lebih dulu sebelum digunakan untuk mengukus cake. kalo aku karena lagi ribet ngurus yg lain jadinya di kukusan yg panas langsung aja taburi meises / chocolate rice secukupnya, biarkan 1 menit langsung tuang adonan coklat.
  9. Masukkan loyang dalam kukusan, tutup permukaan kukusan dengan kain bersih, tutup rapat. Kukus kembali cake selama 20 menit. Keluarkan dan dinginkan sebentar sebelum cake dibalik untuk dikeluarkan dari loyang. Jika cake terlalu lengket, sisiri tepi loyang dengan pisau agar mudah untuk dilepaskan.
  10. Balikkan cake di piring datar, potong-potong sesuai selera dan cake siap disajikan.  

Silahkan dicoba dan happy baking yaa😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s