Kisah Sepotong Kue – Steamed Rainbow Cake for Austin

Kali ini aku mau sharing tentang Rainbow Cake tapi versi kukus nya yang sengaja aku sharing khusus untuk anda yang peralatan baking di rumahnya belum mempunyai pemanggang atau oven. Dengan modal kukusan nasi dan loyang insyaAllah kita bisa membuat Rainbow Cake yang lagi happening ituh (udah ketinggalana jaman kalee yaa hehe).

Rainbow Cake versi kukus ini aku bikin sebagai kado ulang tahunnya Austin keponakanku. Sebenarnya awalnya aku udah sepakat ama mommy-nya Austin untuk bikin bareng bahkan temanya pun sudah dipilih yaitu angry bird. Namun karena kebetulan ada uwa dan bibi yang sedang berkunjung jadi aku pikir mumpung lagi pada ngumpul kenapa nggak aku bikin aja birtday cake-nya. Dengan bahan yang ada dan tanpa woro-woro karena takutnya cakenya gagal aku nekat bikin cake ini dibantu oleh Adikku Dewi yang baik hati😉  

Rainbow steam cake2

di hias ala kadarnya😉

Karena paginya aku ada jadwal kelas tahsin, maka urusan timbang dan bikin adonan diserahkan ke Dewi. Namun setelah itu urusan ngukus cake dan ngehiasnya aku yang kerjain karena Dewi harus pulang. Hadooh ternyata lebih ribet nge-hiasnya, aku sampe mati gaya harus digimanain cake nya. Belum lagi buttercream nya tinggal dikit jadi mau dimacam-macamin takutnya gak cukup, complicated bgt dah…

Tapi alhamdulillah finally selesai juga kok, ya walau apa adanya lah. Next time wajib mulai nabung untuk ikutan kelas buttercream di NCC ini mah😉

Resep ini menurutku Rainbow Cake versi ekonomis karena selain irit telur (lumayanlah dibanding resep lain sampe 15 telur bow) filling nya juga sederhana banget, cukup buttercream dicampur keju cheddar parut. Malah kalo aku buttercream-nya pake yang sudah jadi ajah, bener-bener simple banget dah. Namun utk rasa, aku pikir tidak kalah kok, cake nya lembut loh mungkin karena dikukus kali yaa.

Bagi yang penasaran nah Ini dia resepnya, aku ambil dari websitenya mbak Wanti. Katanya siy ini resep punyanya mbak Ani Lizzarni (makasih ya mbak atas sharingnya)

Rainbow steam cake3

setelah di potong tuh kan keliatan warna warninya

Steamed Rainbow Cake
Resep by Ani Lizzarni
Modified by Wantipunyadapur.blogspot.com

Bahan :
8 butir telur
1 sdm emulsifier
350 gr gula pasir
280 gr terigu kalo aku 260 gr terigu + 20 gr susu bubuk
1/2 sdm vanilla susu
300 ml minyak sayur
180 gr keju cheddar
200 gr buttercream kalo aku perlu 500 gr buttercream siap pakai dg pembagian 250gr campur keju cheddar sebagai filling/lapisan tengah dan 250 gr lagi untuk olesan diluar

rainbow steam cake1

setelah setiap lapis di beri filling seluruh permukaan cake di cover oleh buttercream

Cara Membuat :

  1. Timbang bowl lalu dicatat, siapkan 6 buah loyang ukuran 22 x 22 cm oles carlo lalu beri kertas roti dan dioles kembali dan panaskan kukusan. Kalo aku pakai loyang segi empat ukuran 18 x 18 x 3 cm.
  2. Kocok telur dan gula hingga kental dalam bowl yang sudah ditimbang.
  3. Masukkan tepung dan vanilla susu yang sudah diayak lalu aduk rata.
  4. Masukkan minyak sedikit demi sedikit sambil diaduk balik hingga rata dan tidak ada minyak yang masih mengendap didasar bowl.
  5. Timbang bowl beserta adonannya lalu kurangi berat bowl untuk mendapatkan berat adonan. Bagi 6 adonan sama rata lalu masing-masing diberi warna ungu, biru, hijau, kuning, oranye dan merah. Kalo aku langsung aja bagi 200 gr adonan masing-masing bowl (gak mau ribert nimbang ulang siy)
  6. Kukus masing-masing warna selama kurleb 15 menit hingga matang dengan api kecil, angkat lalu dinginkan.
  7. Campur buttercream dengan 60 gr keju cheddar parut. Kalo aku campur buttercream dan 180 gr keju cheddar parut
  8. Letakkan 1 lembar cake oles dengan BC lalu letakkan cake berikutnya, lakukan hingga cake habis. Terakhir oles BC lalu beri parutan keju cheddar gondrong. Kalo aku tidak pake parutan keju tapi seluruh cake hias dengan buttercream sisanya.
  9. Biasanya urutan warna mulai dari lapisan paling bawah hingga ke atas adalah ungu, biru, hijau, kuning, oranye dan merah, tapi kalo mau urutannya beda juga nggak papa yaa… gampang kan taraaa jadi deh🙂

 hbd austin1

Happy Birthday Austin sayang… semoga menjadi anak yang sholeh, selalu sehat dan menjadi sumber kebahagiaan bagi orang tuanya, aamiin

* Sun sayang dari ate & om *

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s