Oleh-oleh kajian bulanan bersama Ust.Yusuf Mansyur

kajian bulanan YM

Minggu, 24 Maret 2013 kemarin Alhamdulillah aku bisa hadir di kajian bulanan bersama Ustadz Yusuf Mansyur di Istiqlal. Sebenarnya aku bela-belain datang tujuan utamanya ingin ikut test hapalan An Naba untuk acara Wisuda Indonesia Menghafal (ODOA) di GBK, 30 Maret 2013 nanti. Namun ternyata karena test nya diselenggarakan bada dzuhur jadi aku malah tidak bisa ikutan karena ada acara di tempat lain. Tapi alhamdulillah aku bersyukur aku mendapat ilmu lain yang bermanfaat.

Dalam kajian kemarin dibahas mengenai Penyebab Doa Tidak diKabulkan, materi disampaikan oleh Syekh Ali Jaber . Dari sekian banyak yang disampaikan, ada 2 hal yang sangat berpengaruh bagi diriku,

Pertama adalah hadist nabi yang disampaikan oleh HR Muslim bahwa Rasulullah pernah berkisah ada seorang laki-laki yang sedang melakukan perjalanan jauh (safar), dalam kondisi rambutnya kusut masai dan tubuhnya dipenuhi debu, lalu menengadahkan tangannya ke langit (seraya) berdoa: ‘Ya Rabbi, ya Rabbi!’ dia berdoa kepada Allah.  Namun ternyata Allah tidak mengabulkan doa laki-laki itu karena ternyata selama ini laki-laki itu makan dari makanan hasil yang haram, minumannya dari hasil yang haram, pakaiannya pun dari hasil yang haram, dan (badannya) tumbuh berkembang dari hasil yang haram . (HR. Muslim ).

Astaghfirullah aku jadi mereview apa yang telah aku makan, minum dan lakukan selama ini. Sungguh hadist ini menjadi pengingat aku untuk selalu menjaga diriku, anak-anakku dan keluargaku dari barang haram karena sangat berat konsekwensinya. ini juga menjadi pengingatku saat aku memasak atau membuat kue harus selalu memperhatikan bahan dan cara membuatnya. Semua memang mudah dikatakan tapi sulit dijalankan, namun Bissmillah aku yakin Allah SWT akan mempermudahnya.

Kembali ke kajian yang disampaikan Syekh Ali, beliau menjelaskan pentingnya berdoa karena ada 3 hal yang terjadi saat kita berdoa

1. Doa langsung di ijabah oleh Allah SWT baik di dunia maupun di akhirat kelak

2. Mendapat pahala atas doa yang disampaikan di akhirat kelak dengan pahala sangat besar bahkan jika manusia mengetahui seberapa besar pahala atas doa tersebut maka manusia akan meminta untuk tidak dikabulkan di dunia tapi di akhirat.

3. Doa bisa menolak bala

allah7

Subhanallah semoga ini menjadi penyemangatku untuk selalu meminta hanya kepada Allah SWT karena Allah SWT cinta pada hambanya yang mendapat ujian kemudian hambanya itu berdoa atau meminta-minta hanya pada Allah SWT.

Selain syekh Ali kajian juga di isi oleh tamu dari Pesantren Gontor, aku kurang tahu siapa yang mengisinya karena beliau memberi tausiyah cukup singkat namun sangat membekas. Beliau menambahkan apa yang sebaiknya kita lakukan jika ingin doa di ijabah yaitu selalu lakukan 3 selalu :

1. Selalu berdoa hanya kepada Allah SWT

2. Selalu Mendoakan orang lain karena saat kita mendoakan orang lain maka doa itu akan berbalik kepada kita karena para malaikat yang meng-amin-kan nya.

3. Selalu Minta untuk di doakan oleh siapa saja karena kita tidak pernah tahu doa siapakah yang akan di ijabah

Semoga aku selalu istiqomah dalam menjalaninya dan Allah SWT memberiku bimbinganNya, allahuma aamiin

blessed me

Catatan ini semata-mata untuk pengingatku kelak saat salah melangkah atau khilaf.

2 thoughts on “Oleh-oleh kajian bulanan bersama Ust.Yusuf Mansyur

Tinggalkan Balasan

