Kisah Sepotong Kue – Puding Sutera Mangga

Kalo lagi ngerasain panas kayak gini entah kenapa yang kebayang tuh puding sutera mangga yang dingin dan super lembut. Hmmmm sluurrrpp… langsung seger merem melek deh hehe…😀

Puding yang satu ini memang favorite keluarga banget, suami, kakak dan keponakanku Rafif kalo di sodorin puding ini pasti gak bisa nolak dan selalu minta nambah mungkin karena puding ini lembut dan seger dari rasa mangganya. Apalagi disajikan dingin beuhhh top markotop deh… Saking lembutnya, puding ini harus disajikan dalam wadah. Jika untuk konsumsi di rumah, aku biasanya masukkan ke kotak makanan/tupperware. Jadi saat bikin tinggal bagi jatah per kotak. Biasanya siy jatahku baru dimakan setengah diabisin suamiku saking doyannya😉

Resepnya aku contek dari websitenya mbak Widya Hidayat yang share di NCC Puding Week jaman dahulu kala, bikinnya gampang banget, begitu uji coba langsung sukses besar dan menjadi snack andalan untuk hantaran maupun acara dirumah. Pokoke RECOMENDED bgt yaa sodara-sodara..

Setelah di siram syrup mangga dan dibiarkan min 3 jam warnanya jadi kuning

Setelah di siram syrup mangga dan dibiarkan min 3 jam warnanya jadi kuning

Puding Sutera Mangga
temannya mbak Widya Hidayat

Bahan:
7 gr (1 bks)         Agar-agar tanpa warna
1 kaleng                Susu Kental Manis (SKM) putih kalo aku biasa pake carnation
6 kaleng               Air (pakai takaran bekas kaleng SKM)
½ sdt                    Garam tambahan dari aku
½ botol                Syrup Mangga ABC squash delight

Caranya:

  1. Campur SKM + Air + Agar-agar+Garam di panci, aduk-aduk sampai tercampur
  2. Didihkan dengan api sedang, aduk searah. Begitu muncul gelembung pertama mendidih langsung matikan api (jangan sampai susu pecah). Aduk terus sampai uap hilang
  3. Masukkan ke cetakan misal cup puding, untuk keperluan pribadi bisa masukkan ke kotak makanan / tupperware
  4. Setelah dingin dan beku, siram dengan syrup mangga dan masukkan kulkas biarkan minimal 3 jam. Kalo aku biasanya bikin malam pulang kerja masuk kulkas besok siang bisa disantap. Jangan khawatir kalo puding agak lama beku, untuk lebih cepat biasanya setelah dingin langsung masukkan ke kulkas aja.
  5. Bisa ditambahkan potongan mangga harum manis atau buah kaleng tapi gak pake tambahan apapun juga tetep enak kok
puding belum di siram syrup

puding belum di siram syrup

 

Khusus untuk syrup, sangat direkomendasikan menggunakan syrup ABC squash delight rasa mangga. Aku bukan pegawainya yaa, tapi jika menggunakan syrup mangga merk lain rasa maupun tampilan akan berbeda…

Happy Baking yaa🙂

6 thoughts on “Kisah Sepotong Kue – Puding Sutera Mangga

  1. Ping-balik: KISAH SEPOTONG KUE – BROWNIES KUKUS COKLAT GULUNG | devinilasari

  2. Ping-balik: Kisah Sepotong Kue – Puding Sutera Mangga Premium | devinilasari

  3. Mba,aq bikin pudding sutera versi ini,tp su2nya krg berasa yah n teksturnya kok msh tdk selembut tofu yah mba? Itu gmn yah? Aq msh penasaran. Krn ada yg jual skr pudding sutera,teksturnya lembuuuut bgd. Mba tw ga “PUYO”? Ada d living world n Summarecon mal serpong. Itu pudding lembuuut bgd,kyk tofu.
    Klo su2 carnationnya d tambahin 1 kaleng,dgn takaran air yg sm,gmn mba? N u/ rasa vanilla/talas, essence-nya lgs d campur saat pudding d masak/qt buat cairan aj,kyk syrup mangga itu n d siram k puddingnya? Tlg penjelasannya ya mba. Tq

    • Mbak Dewi sebelumnya terima kasih atas kunjungannya ya mbak.

      Mbak berhubung aku belum pernah cobain Puyo jadi aku belum bisa compare rasa dan jika SKM nya ditambah 1 kaleng lagi terus terang saya belum pernah coba tapi kebayangannya siy malah jadi terlalu manis. Coba aja mbak Dewi ujicoba dan aku tunggu hasilnya, aku juga jadi penasaran😉 Namun jika ingin rasa susunya lebih terasa kalo berdasarkan pengalaman sebelumnya mungkin bisa mengganti SKM dengan susu sapi segar atau susu cair fullcream seperti ultra. tentunya harus tambah gula pasir supaya manis tapi jangan terlalu banyak karena manisnya kita dapat dari sirup mangga.

      Yang harus diperhatikan saat membuat pudding dari susu sapi segar adalah harus telaten saat memasaknya karena sangat rentan pecah, jadi harus terus diaduk bahkan setelah api padam. mbak bisa check resep yang ini

      Kalo untuk pertanyaan yang terakhir maaf mbak Dewi saya belum mudenng, apa maksud mbak bikin pudding rasa vanila yaa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s