Kisah Sepotong Kue – Roti Manis “Unyil”

Kalo ngobrolin bikin roti sebenarnya bagiku gampang-gampang susah gitu deh🙂

maksudnya apa niy Dev? Gampangnya siy karena bahan yang dibutuhkan  sederhana aja antara lain terigu, ragi, susu dan telur. tapi susahnya dari beberapa kali bikin, hasilnya tuh blom standard walau bahan dan tata caranya sama persis aku lakukan karena banyak faktor yang membuat hasil roti berhasil atau tidak. Misalnya, adonan harus sampai kalis, ragi nya harus bekerja dengan baik, di profing nya harus pas (gak boleh kelamaan maupun kecepatan) dan lainnya. Karena itu, diantara jenis kue maka bikin roti itu paling jarang aku lakukan. Ribert dan yang pasti ujung-ujungnya ada acara memijit tangan dan badanku karena bikin roti itu perlu tenaga untuk menguleninya. Maklum aku tidak punya mixer roti jadi nguleninya juga pake manual hehe…

Terlepas dari keribetan membuatnya, aku paling seneng bikin roti karena keponakanku Rafif suka banget roti coklat karena itu kalo bikin sengaja selai coklatnya selalu aku banyakin biar puasss…

Setelah beberapa kali ujicoba bikin roti dan kadang gagal kadang sukses😉 akhirnya aku seringnya pake resep yang aku dapat dari kumpulan resep blueband. Menurutku hasilnya sesuai dengan yang aku inginkan, empuk dan manisnya pas. Btw dengan adonan roti ini kita bisa membuat berbagai macam versi roti namun sekarang aku mau share cara bikin roti unyil yaa

roti isi selai coklat, strawberry, blueberry dan isi abon siap disantap hmm yamyam... ;)

roti isi selai coklat, strawberry, blueberry dan isi abon siap disantap hmm yamyam…😉

Roti Unyil Aneka Rasa
Source: Resep Kue Pilihan Blueband

Bahan:
100 gr    Tepung terigu protein sedang kalo aku pake segitiga biru
375 gr    Tepung terigu protein tinggi kalo aku pakai cakra kembar
130 gr     Gula pasir
30 gr       Susu bubuk jika menggunakan susu cair, susu bubuknya bisa di skip namun terigu protein tinggi jadi 400gr
11 gr        Ragi instant misal fermifan check raginya masih bagus
1 sdt        Bread improver misal baker bonus kalo gak ada boleh di skip
1 sdt        Garam halus
3 btr       Kuning telur kalo telurnya kecil 4 btr yaa
100 gr   Margarine kalo aku pake Blueband cake & cookies itu loh yang harum butter
275 ml  Air es bisa juga diganti dengan susu cair dingin
1 sdt       vanila bubuk kalo aku pakai la’rome vanila susu

Bahan Isi:
Selai coklat, strawberry, blueberry, abon, sosis + mayones + saos cabe/tomat

Ini bahan-bahannya

Ini bahan-bahannya

Caranya:

  1. Campur semua bahan kering (terigu, gula, susu bubuk, ragi, bread improver), aduk rata. Masukkan kuning telur dan air es sedikit demi sedikit sampil diuleni hingga kalis. air tidak harus habis semua tergantung kondisi adonan sampai cukup lembek, jika terlalu lembek dapat ditambah terigu lagi
  2. Tambahkan margarine, uleni lagi hingga lembut dan elastis kalo dari yang aku dapat dari beberapa pakar dimaksud dengan kalis elastis itu saat adonan sudah licin dan kalo di bentangkan tidak sobek. nah loh, sampai saat ini aku blom nyampe ke level itu karena keburu gempor tangannya ngulenin adonan😀
  3. Diamkan adonan selama 45 menit hingga mengembang, lalu kempeskan adonan kalo aku siapkan baskom yang telah diolesi minyak simpan adonan tutup dengan serber bersih dan biarkan, lamanya adonan di proffing tergantu suhu udara di tempat masing-masing ya kalo panas biasanya makin cepat mengembang, patokannya ngembang 2x lipat dari adonan awal
  4. Potong dan timbang masing-masing kurang lebih 15 gr. Diamkan lagi adonan selama kurang lebih 30 menit disarankan utk dipotong pake pisau bukan ditarik pakai tangan lalu adonan yang telah dipotong dibulatkan yaa. kalo aku karena ribert nimbang biasanya by feeling aja hehe…
  5. Kempeskan adonan, beri isi dan bentuk sesuai selera. Atur dalam loyang yang bersemir margarine kalo aku jika diisi selai, selainya harus benar-benar tertutup adonan supaya saat dipanggang tidak bocor. untuk yg isi sosis biasanya aku iris-iris dulu sosisnya campurkan ke mayones dan saos cabe/tomat lalu masukkan ke adonan bisa juga diatas adonan (gaya pizza mini). Untuk bentuk roti karena aku belum jago jadi biasanya cuma dibentuk lonjong atau bulat.
  6. Olesi permukaan adonan dengan campuran butter dan susu evaporated. Diamkan selama 10 menit. kalo aku cukup dioles dengan susu evaporated juga udah oke😉 kalo tidak punya susu evaporated bisa diganti dengan kuning telur dicampur sedikit susu kental manis
  7. Panggang dalam oven suhu 180 derajat celcius selama 10 menit atau sampai roti berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan sajikan selagi hangat hmmmm yamyam deh😉 kalo gak habis dalam satu hari masukkan ke wadah kedap udara (tupperware) yaa biar tetep empuk

Oh iya sharing aja ini mah, setiap membuat kue apapun itu sekarang aku selalu check label halal di kemasan bahan kue, menurutku itu penting banget karena jangan sampai udah cape-cape kita bikin kue untuk orang-orang yang kita sayangi malah membawa keburukan karena ada bahan di kue yang tidak halal. Jadi pliss usahakan selalu gunakan bahan yang halal yaa dengan cara check label halal dari MUI.

Happy baking Bunda😉

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s