Kisah Sepotong Kue – Lasagna untuk Kukuh

Seperti biasa jika keponakanku ulang tahun maka aku akan menawarkan diri untuk membuatkan makanan kesukaan keponakanku tapi tentunya makanan yang aku bisa bikin loh yaa tapi untuk kali ini aku nekat terima order yang beda. Mau tahu gimana ceritanya?

Jadi gini minggu lalu Kukuh keponakanku ultah dan ketika ditanya mau dibikinin apa ehh malah minta dibikinin Lasagna dan Ayam Taliwang. Lasagna oke tapi ada catatannya dan khusus untuk ayam taliwang aku langsung nolak karena aku gak main di level itu, swear aku gak bisa kalo disuruh bikin makanan tradisional karena gak pede. Setelah nego, akhirnya ganti dengan Fruit Pie aja, secara Fruit Pie itu hantaran dari Pipi istrinya saat acara tunangan dulu. Jadi tentunya kue ini penuh dengan kenangan manis #eaa

Berhubung sekarang Kukuh sudah menikah maka aku kasih syarat bahwa aku akan bikin sekalian ajak Pipi supaya next time kalo Kukuh pengen ya tinggal minta dibikinin ama istrinya ajah *curang bgt kan gw hehehe… Tapi hikmahnya kita jadi bikin session masak bareng sekeluarga dan itu seruuu abiss

Nah sekarang aku mau share cara bikin Lasagna yang endang markendang seantero dunia (*halah berlebihan bgt deh ) kalo Fruit Pie nya insyaAllah di edisi berikutnya aja yaa😉

Sebenarnya demi tuhan (*gebrak meja inget arya wiguna) aku belum pernah bikin Lasagna, boro-boro bikin nyobain aja belum pernah. Entah kenapa dari dulu aku gak tertarik nyoba bikin karena kebayangnya siy bakalan ribert. Jadi dengan orderan dari Kukuh inilah aku nekat dan tentunya woro-woro dulu ama yang order bahwa ini uji coba pertama kali jadi kalo gagal dan keracunan karena rasanya aneh yaa mohon maaf lahir bathin ajah deh😉

Setelah aku searcing sana sini resep mana yang mau dipake akhirnya dipilihlah resep ala Mom Elly, aku ambil dari blognya mbak Camelia salah satu foodie blog yang sering aku intip resep-resepnya. Menurut rekomendasi dari mbak Camelia, Lasagna nya enyaak bgt bahkan lebih enak dari Lasagna restoran cepat saji yg terkenal itu… jadi penasaran kan…

Akhirnya aku beli bahan sesuai resep tapi deng ada bahan yang kami ganti karena kami kesulitan cari keju Mozarella akhirnya ganti dengan keju kraft melt ajah. Khusus untuk makanan ini aku ikuti semua petunjuk dengan patuh karena gak mau gagal. Secara kalo dihitung-hitung cukup menguras kantong la wong dagingnya aja setengah kilo sendiri blom lagi keju dan lasagna nya. Ini aja udah dibagi-bagi beli bahannya dengan Pipi loh.

Ini resepnya yaaa aku tulis ulang lagi:

 

LASAGNA ALA PANDA
by. Elly Zein (Mom Elly)

Bahan:

250 gr Lasagna instan olah sesuai petunjuk dalam kemasan alias gak diapa-apain😉

Saus Daging (Bolognese Sauce):
500 gr daging giling/cincang
1 bh wortel ukuran besar, cincang kasar (aku potong kotak kecil)
1 bh bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar (aku potong kotak kecil)
1 siung bawang putih, keprek, cincang halus
5 bh tomat buah ukuran besar, kupas kulit, buang biji, cincang kasar (Aku potong kotak kecil) kalo aku karena tomatnya terbatas jadi cuma 3 buah tomat kecil
170 gr pasta tomat kalo aku Cuma 160 gr pas satu kaleng
5 sdm saus tomat
1 sdt oregano bubuk
½ sdt basil bubuk kalo aku gak pake
½ sdt merica bubuk
1 sdt kaldu ayam/daging instan aku skip
1 sdt garam (sesuai selera)
2 sdm gula pasir
3 sdm minyak untuk menumis
300 ml air nah ini yg bikin kacau aku pake kira-kira aja jadinya kurang cair waktu di susun

Saus Keju (Bechamel Sauce):
1000 ml susu cair
250 gr keju cheddar, parut halus aku cuma pake 180 gr pas satu kotak
3 sdm mentega
3 sdm tepung terigu
½ sdt merica bubuk
⅛ sdt pala bubuk
½ sdt garam

Taburan:
250 gr mozarela, parut kasar ganti pake kraft melt

Cara membuat:

  • Saus Daging: Tumis bawang putih dan bombay hingga harum. Masukkan daging giling/cincang. Aduk hingga daging berubah warna. Kemudian masukkan tomat cincang, pasta tomat dan saus tomat, aduk rata. Bubuhi dengan merica bubuk, garam, gula pasir, oregano bubuk dan basil bubuk. Tuang air. Masak dengan api kecil selama ± 20 menit. Angkat. Sisihkan.
  • Saus Keju: Panaskan mentega hingga mencair, lalu masukkan tepung terigu. Aduk hingga rata. Tuang susu cair perlahan-lahan sambil diaduk-aduk. Jaga jangan sampai bergerindil. Bubuhi dengan merica bubuk, pala bubuk dan garam. Terakhir masukkan keju parut. Aduk hingga rata. Masak hingga mengental dengan api kecil. Angkat. Sisihkan.
  • Penyusunan: Letakkan saus daging lalu taruh lasagna diatasnya, siram kembali dengan saus daging, kemudian timpa dengan saus keju. Taruh lasagna kembali, kemudian siram dengan saus daging timpa lagi dengan saus keju. Lakukan kembali sampai habis. Terakhir adalah saus keju. Kemudian taburi keju mozarela di atasnya.
  • Masak di oven dengan suhu 180°C sehingga matang ± 30 menit (sesuai petunjuk dalam kemasan lasagna instan). Sajikan 10 menit setelah lasagna keluar dari Oven.

Ternyata setelah di susun, satu resep ini muat di pyrex yang gede ukuran 34cm, lumayan banyak bisa dibagi-bagi satu RT ini mah🙂

Kalo soal rasa menurutku enak tapi terlalu gurih jadi makannya cuma sanggup sepotong kecil ajah kalo kebanyakan bisa-bisa kelenger😀 Mungkin karena keju nya gak pake mozarella kali yaa atau gara-gara tomatnya kurang makanya rasa dominannya daging dan keju. But overall lasagna-nya enak dan lembut loh jadi aku gak kapok tuh bikin lagi tapi kayaknya next time kalo bikin setengah resep aja deh😉

karena gak sempet foto lasagna-nya jadi aku ambil dari sini gambarnya.

Happy Baking Bunda😉

One thought on “Kisah Sepotong Kue – Lasagna untuk Kukuh

  1. Ping-balik: Kisah Sepotong Kue – Lasagna Super Mudah Super Yumie | devinilasari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s