Kisah Sepotong Kue – Fruit Pie

fruit pie2Masih dalam rangka menyambut ulang tahun Kukuh keponakanku minggu lalu yang minta dibikinin Lasagna dan Fruit Pie. Kali ini aku akan membahas bagaimana membuat Fruit Pie atau Pie Buah. Kue ini termasuk dessert yang cucok di segala acara dan disukai anak-anak maupun orang tua. Siapa coba yang mau menolak jika disodori kue yang berisi buah-buahan yang seger dan pie yang crunchy. Hmmm yumieee…

Sebenarnya dulu aku pernah bikin pie bareng adikku Dewi tapi itu tidak masuk hitungan karena waktu itu aku bikinnya egg tart atau pie susu dan hasilnya gagal total. Pie-nya susah lepas dari cetakan dan yang bikin nangis vla-nya amis banget jadi gak ada yang mau makan dan ujung-ujungnya sukses masuk keranjang sampah. Sejak saat itu, aku ogah disuruh bikin pie karena trauma gagal. Padahal loyang nya udah siap dari yang kecil sampe besar ukuran 20 cm hadooh *nepok jidat…

Tapi setelah sekian lama akhirnya tantangan datang dari Kukuh yang minta dibikinin Fruit Pie. Hmmmm oke aku kayaknya sekarang lebih pede setelah beberapa kali baca tips & trik dari majalah maupun dari blogger lain kayaknya gampang kok bikinnya. Segera check baby check ke blog yang biasa aku datangi, ketemu di blog-nya mbak Nina dan katanya pake resep NCC. Kalo dari NCC siy percaya enyakkk deh…

Ini dia resepnya yang aku ambil dari blog-nya mbak Nina:

fruit pie6

FRUIT PIE
catatan-nina.blogspot.com

Bahan:
500 gr terigu serbaguna
300 gr butter / margarin kalo aku pake blueband margarine rasa butter
100 gr gula kastor
3 kuning telur
1/2 sdt vanilli

Topping :
Aneka buah sesuai selera seperti kiwi, anggur, strawberry

Bahan Siraman:

1 sdt agar-agar putih
100 ml air
1 sdt gula
(didihkan ketiga bahan ini, sisihkan)

Cara Membuat:

  1. Campurkan margarin / butter, terigu, gula dan vanilli, aduk hingga berbutir-butir menggunakan pisau pastry (kalau tidak ada bisa memakai centong nasi atau 2 buah pisau). Kalo aku pake 2 pisau yang bergerigi jadi cepet berbutir-butir
  2. Tambahkan kuning telur, aduk kembali hingga adonan rata dan kalis.
  3. Bulatkan adonan, tutup dengan plastik dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit. Kalo aku hampir satu jam
  4. Oles loyang pie dengan margarin, lalu cetak adonan pie di dalamnya. Tips: ingat jangan terlalu sering memegang adonan karena hasilnya bisa keras atau kurang crunchy
  5. Tusuk-tusuk memakai garpu di seluruh permukaannya agar tidak melembung ketika dioven (bisa juga dengan meletakkan biji-bijian atau kacang-kacangan yang dialasi kertas roti di tengah-tengah adonan pie)
  6. Oven 180’C selama kurang lebih 20 menit (tergantung masing-masing oven ya) hingga kering dan matang.
  7. Angkat dan dinginkan. Kalo mau bisa di oleskan white chocolate atau DCC yg dicairkan supaya pie tidak cepat basah setelah dimasukkan vla

VLA VANILLA

Bahan:
500 ml susu segar bisa juga susu bubuk + air tapi tentu lebih gurih jika susu segar
100 gr gula kastor
5 kuning telur
30 gr tepung custard bisa juga ganti dengan maizena
1 sdt vanilla (aku pakai vanilla susu L’rome) karena trauma dengan amis aku banyakin aja vanilla-nya dan jangan lupa pake vanilla susu l’rome yaa ini recommended banget karena harumnya enak

Cara Membuat:

  1. Campur tepung custard dengan sebagian susu, aduk rata kemudian tambahkan kuning telur. Aduk hingga tercampur rata. Kalo aku make sure gak ada yang bergerindil pake acara di saring dulu
  2. Didihkan susu dan gula kastor, masukkan campuran tepung custard tadi, aduk cepat dan masak hingga mendidih kembali.
  3. Masukkan vanilla, aduk rata.
  4. Angkat dan dinginkan. Supaya gak belepotan saat masukan vla ke pie, vla masukkan ke plastic segitiga dulu dan semprotkan di pie-nya

Penyelesaian:

  1. Keluarkan pie dari loyangnya, penuhi permukaannya dengan vla vanilla.
  2. Hias dengan topping buah dan siram perlahan dengan bahan siraman.

Karena aku fokus dengan Lasagna maka untuk bikin pie ini aku gak ikutan manggang dan hias, semua dikerjakan oleh Pipi dan Kiki. Jadilah para ladies yang gak pernah bikin kue harus berjibaku nyetak adonan pie dan hias menghias *jiah bahasanya. Tapi hasilnya sangat memuaskan, fruit pie nya cantik dan rasanya hmmm mantap😉

fruit pie5

Silahkan dicoba Bunda, resep ini recomended banget yaa…

2 thoughts on “Kisah Sepotong Kue – Fruit Pie

    • Hii mbak Yani,
      kalo pengalamanku sih sebelum dipotong masukkan dulu ke lemari pendingin jadi fla nya sudah set, kalo pie nya karena teksturnya agak keras tidak seperti cake tentunya tidak semulus cake saat dipotong. Aku belum tahu apakah ada trik lain utk memotong pie supaya pie nya tidak rusak.

      terima kasih atas kunjungannya ya mbak

Tinggalkan Balasan

