Kisah Sepotong Kue – Jagung Custard (Puding Jagung)

Udah lama gak posting resep karena akhir-akhir ini kerjaan di kantor lagi lucu-lucunya banget. Namun kok rasanya ada yang aneh serasa ninggalin rumah berhari-hari, bawaannya kangen pengen curhat dan berbagi #eaaa bahasanya😉

Kali ini aku mau share pengalamanku bikin PUDING JAGUNG yang simple bgt bikinnya dan kembali lagi ini dalam rangka mencari alternatif lain dalam dunia per-puding-an biar ga cuma makan puding coklat atau puding buah, bosen ya kan kaka😉

Resepnya aku contek dari membernya NCC tapi caranya aku rubah dan menggunakan caranya mbak Hesti, kata yang punyanya siy puding ini gurih makanya aku semangat banget uji cobanya. Oke ayoook kita coba bikin:

jagung custard1

suka dengan warna nya yang kuning cerah dan harum jagung manis

JAGUNG CUSTARD

source: NCC

Bahan I :
50 gr tepung custard bisa ganti dengan Maizena
30 gr susu bubuk
60 gr gula pasir
400 cc air
½ cup jagung manis kaleng

Jika menggunakan 2 buah jagung manis segar ditambah 200ml air
Bahan II (Vla) :

300 cc santan kental
40 gr gula pasir
½ sdt garam
1 sdm maizena
2 lbr daun pandan kalo aku pake 1 sdt vanila bubuk rasa susu

Cara bikinnya: campur semua bahan dan didihkan di api sampai kental

cetak di cetakan kue talam. Hmmm yummie imut legit dan gurih

cetak di cetakan kue talam. Hmmm yummie imut legit dan gurih

Cara buat :

  1. Pipil jagung manis segar dan blender sampai halus ditambah 200 cc air, saring dan tekan-tekan sampai airnya habis. Buang ampasnya. Ini penting bgt untuk buang ampasnya karena aku pernah nyobain disebagian andonan aku tambahin ampas jagung karena gak mau rugi dan hasilnya aku harus bertanggung jawab sendiri menghabiskan puding dg gangguan kulit ari jagung hmmm kurang seru bgt deh😦
  2. Campur air jagung dan bahan I lainnya aduk-aduk dan didihkan diatas api sedang sambil terus diaduk hingga kental dan meletup-letup. Matikan api
  3. Masukkan ke cetakan selagi hangat dan tambahkan dengan vla (bahan II) diatasnya. Biarkan dingin atau masukkan kulkas terlebih dahulu. Jagung Custard ini lebih enak disantap dingin

Sebagai tester favorite-ku, aku hidangkan jagung custard ini ke suamiku, menurut beliau rasanya biasa aja mungkin karena rasanya agak mirip kue talam versi jagung. Tapi pssst…pengumuman yaa walau dibilang biasa aja tapi yang habisin ini puding ya suamiku itu hehe..😀

Selamat mencoba😉

One thought on “Kisah Sepotong Kue – Jagung Custard (Puding Jagung)

Tinggalkan Balasan

