Bintitan oh Bintitan…

Sudah hampir sebulan terakhir ini dikelopak mata kanan atas dan bawahnya ada benjolan kecil, awalnya tidak terasa tapi kok lama-lama khawatir juga karena makin membesar. Benjolannya ini disebut bintitan atau bahasa kerennya Hordeolum dan bintitan kan biasanya nongol di ujung kelopak mata nah kalo aku ada di dalamnya.

mirip mirip gini deh bintitanku :(

mirip mirip gini deh bintitanku😦

Pernah datang periksa ke dokter spesialis mata di Puri Cinere Hospital, aku disuruh pakai salep dan obat tetes mata ditambah pesan mengerikan yaitu kalo benjolan itu tidak hilang aku harus balik lagi karena benjolan itu harus di insisi. Hadooh parno banget jadinya dan yang bikin gak pede, dokter tidak bisa menjelaskan apa dan mengapa ada benjolan dimataku. Piye toh Dok mau langsung aja bedah mata orang tapi ditanya penyebabnya kok gak bisa jelasin.

Setelah hampir 2 minggu tak kunjung hilang benjolannya bahkan jadi nambah ada 2 benjolan di atas kelopak mata kanan bagian dalam, akhirnya aku tanya-tanya dokter mata manakah yang harus aku datangi. Aku ogak balik lagi ke puri cinere hospital karena kalo balik ke sana tindakan berikutnya aku sudah kebayang dan aku masih belum yakin itu tindakan yang seharusnya diambil.

Tanya-tanya teman akhirnya ada yang memberi rekomendasi untuk konsultasi di Jakarta Eye Center (JEC) atau Klinik Mata Nusantara (KMN). Menurut rekomendasi di tempat tersebut dokternya udah pada jago dan senior. Udah gitu aku pikir, rumah sakit tersebut khusus ngurusin yang berhubungan dengan mata jadi pelayanannya lebih focus. Berharap banget aku dapat solusi lain selain harus dibedah.

Setelah melalui berbagai pertimbagan #jiaahh bahasanya😀 berhubung JEC agak susah kalo mau bolak-balik dari rumah maupun kantor akhirnya diputuskan datang ke KMN aja . Akhirnya aku telp KMN Jakarta Selatan untuk janji dengan Dr. Annette Mariza SPM, pemilihan dokternya karena dapat rekomendasi saat telp ke KMN katanya untuk urusan bintitan dr Annette ahlinya. Haddeuuuh gak keren bgt yaa bintitan😀

kmn4

ruang tunggu yang nyaman

kalo mau beli kacamata juga bisa disini ;)

kalo mau beli kacamata juga bisa disini😉

Ketika datang ke KMN langsung diminta ke lantai 4 karena ruang tunggu dan untuk mengurus administrasi ada di lantai 4. Bagitu sampai di lantai 4, wow tempat tunggunya cozy banget dan bersih, ada wifi gratis, sofa-nya nyaman, ada playground untuk anak-anak (kebetulan ajak Rafif keponakanku juga) jadi anak-anak gak bakalan bosen nungguin, ada kantinnya juga namun kalo mau teh atau kopi atau biscuit bisa bikin atau ambil sendiri karena termasuk compliment. oh iya ada Mushola juga di lt.2 dan kondisinya cukup nyaman dan bersih loh. Makanya suamiku yang biasanya rewel kalo disuruh nunggu, baru kali ini adem ayem hehe…

kids playground yang bikin betah Rafif :D

kids playground yang bikin betah Rafif😀

Ketika bertemu dengan dr. Annette kesan pertamaku adalah semangat. Dokternya masih muda, ramah dan bikin kita semangat, ketika aku tanya kenapa bisa bintitan dengan sabar beliu menjelaskan sambil menggambarkan di kertas.

Penjelasan dari dr. Annette tentang bintintan gini niy katanya, di kelopak mata itu ada 40 bulu mata untuk bagian atas dan 20 bulu mata dibagian bawah. Tiap bulu mata disetai kelenjar minyak dan bintitan itu muncul karena ada penyumbatan di kelenjar minyak sehingga masuk kuman, bakteri yang menyebabkan inpeksi sehingga timbul nanah. Karena itu sangat penting menjaga kebersihan mata dan hindari mengucek-ucek mata apalagi dengan tangan kotor. Namun, sama seperti hal nya jerawat, ada kalanya untuk beberapa orang yang sudah bakatnya memang bintitan. Jadi walaupun sudah menjaga kebersihan, begitu stamina tubuh orang tersebut menurun bintitannya langsung tumbuh.

jangan pernah kucek atau gosok-gosok mata dengan tangan kotor

jangan pernah kucek atau gosok-gosok mata dengan tangan kotor

Setelah di check dan dilihat bintitanku masih kecil, menurut dokter tidak direkomendasikan untuk di insisi (alhamdulillah) namun aku diminta untuk pakai salep yang direkomendasikan dokter dan hindari makan telur serta seafood. Oke dokter untuk telurnya aku bisa tahan, tapi untuk seafoodnya rada berat, suamiku sering banget ngajak makan seafood karena itu makanan kesukaannya jadi sedih aja cuma bisa nonton suamiku makan udang dan kerang huuuu…

Sekarang alhamdulillah bintitanku udah mulai mengecil, aku memilih untuk mengikuti saran dr. Annette aja dengan meningkatkan stamina tubuhku biar penyakitnya cepet hilang, rajin kompres dengan air hangat dan hindari makanan telur dan seafood.

sebagian gambar aku ambil di sini dan sini

7 thoughts on “Bintitan oh Bintitan…

  1. Maaf aku rada lupa dulu datang ke KMN tepatnya kapan, tapi seingatku aku langsung posting setelah ke KMN jadi ya sekitar Juni 2013. Biayanya juga lupa, tapi masih kurang dari 200rb utk konsultasi dan obat kita dibolehkan beli di luar jadi aku beli ke apotik dekat rumah yang harganya lebih murah.

    Maaf ya kurang membantu, untuk lebih detail mungkin baiknya hubungi aja KMN, waktu itu aku ke KMN di jl. TB Simatupang.

    Terima kasih atas kunjungannya yaa

    • alooo lagi mbak,
      alhamdulillah aku tidak jadi operasi karena bintitanku mengecil dan hilang, jadi maaf bgt tidak bisa bantu😉
      silahkan hubungi pihak rumah sakit aja mbak.

      makasih sudah berkunjung yaa

Tinggalkan Balasan

