Kisah Sepotong Kue – Puding Santan Gula Merah

Dalam rangka bulan Ramadhan aku bahas puding lagi yaa, secara menurutku kalo puding itu salah satu makanan yang cocok banget untuk buka puasa atau kudapan setelah sholat tarawih karena dingin dan menyehatkan. Kali ini aku mau share tentang Puding Santan Gula Merah, puding yang jarang aku bikin karena males berurusan dengan parut kelapa hihihi. Ntah kenapa kalo marut pasti jari-jariku luka kena parutan padahal aku udah hati-hati banget.

Tapi waktu makan di rumah makan padang, kami mencicipi puding santan gula merah dan kata suamiku itu enak banget, mirip puding bikinan ibu mertuaku. Eh ujung-ujungnya aku diminta bikin niy puding. Ya udah deh, nyerah aku akhirnya bikin niy puding namun santannya aku pake santan instan aja yaa

Resepnya aku contek dari blog nya mbak Nina dan katanya diambil dari postingannya mbak Ricke di FB, aku tertarik dengan tampilannya yg cantik dan tidak terbentuk 2 lapisan santan dan gula merah.

puding santan gula merah

PUDING SANTAN GULA MERAH
by Ricke Indriani


Bahan:

1 bungkus agar-agar putih
300 gr gula merah, disisir halus
700 ml santan kental
100 ml air
2 kuning telur kocok lepas aku pake 1 kuning telur aja
1/4 sdt vanili
1 daun pandan, sobek-sobek

Cara Membuat:
Masak gula merah dan air hingga gula larut. Angkat dan saring.
Masukkan santan ke dalam panci, tambahkan air gula merah dan garam, aduk hingga rata.
Masukkan telur, agar-agar dan vanilli bubuk, aduk rata. Masukkan pula daun pandan.
Nyalakan api, masak dengan api kecil sambil diaduk searah, perlahan dan konstan.
Ketika mendidih pertama kali, langsung matikan api. Tuang ke dalam cetakan atau cup yang sudah disiapkan.

Kalo catatan tambahan dariku, bikin niy puding harus telaten ngaduknya. Karena bikinnya kemaleman aku pingin cepet-cepet selesai terpaksa pake api besar dan setelah beku hasilnya sukses ada 2 lapisan (hiks). InsyaAllah nanti saat coba lagi lebih telaten dan ditambahkan nangka biar lebih mantap.

Selamat mencoba Bunda😉

*fotonya udah ga bisa diapa-apain, burem bgt. Diambil malem-malem jadi ngandalin cahaya lampu dapur aja😦

2 thoughts on “Kisah Sepotong Kue – Puding Santan Gula Merah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s