Kisah Sepotong Kue – Telur Gabus

Lagi iseng di hari Minggu kepikiran pengen ngemil yang gurih-gurih. Kebetulan ada Naura yang lagi main dirumah. Aku ajak aja bikin Telur Gabus keju, Naura memang seneng banget masak-memasak bahkan salah satu cita-citanya pengen jadi cheff terkenal (amiin). Aku belum pernah bikin niy cemilan, biasanya bikinnya cheese stick tapi mumpung nemu resep telur gabus di blognya mbak Hesti aku jadi penasaran pengen bikin apalagi bahan dan alat yang diperlukan sederhana banget. Hanya perlu wajan dan tangan yang rajin *siap-siap pegel

Setelah adonan jadi, alhamdulillah bantuan datang dari anak tetangga lainnya. Ading ikut serta membantu ngebentuk telur gabus. Pada produksi pertama *ceilee bahasanya hehe aku belum tahu kalo telur gabus itu ngembang, alhasil setelah digoreng bentuknya jadi gede dan panjang. Rasanya siy udah oke tapi kok tidak renyah yaa, akhirnya di produksi berikutnya kita bentuk lebih kecil dan ramping namun itu berarti makin banyaklah tangan kita beraksi membentuk adonan. Semangat!

telur gabus

Telur Gabus
By Majalah Sedap

Bahan:
3 btr               Telur
25 ml              air
1 ¼ sdt           Garam
150 gr             Sagu tani
75 gr               Maizena
50 gr               Terigu protein sedang
100 gr             Keju cheddar parut
Minyak utk menggoreng

Caranya:

  1. Kocok lepas telur, air dan garam sampai rata
  2. Masukkan ke terigu, sagu dan maizenna yang telah diayak sebelumnya, aduk rata
  3.  Masukkan keju parut, aduk rata menggunakan tangan sampai adonan bisa dipilin
  4. Pilin adonan *bentuk kecil-kecil aja yaa dan masukkan ke minyak dingin
  5. Setelah agak banyak goreng sampai kuning kecoklatan
  6. Angkat dan tiriskan di towel kitchen. Masukan ke toples kedap udara.

Catatan dariku adonan dimasukkan ke minyak dingin dulu supaya saat digoreng tidak pecah.

Mencicipi Telur Gabus buatan sendiri hmmm yamyam...

Mencicipi Telur Gabus buatan sendiri hmmm yamyam…

Selamat mencoba yaa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s