Kisah Sepotong Kue – Milo Doggie Cookies

Lebaran kali ini tampaknya tidak banyak kue kering yang bisa aku suguhkan di rumah karena setiap weekend selama Ramadhan Alhamdulillah malah banyak kegiatan mulai dari ikut kajian sampai persiapan buka puasa bersama. Namun tidak membuat kue kering untuk lebaran rasanya seperti ada ”sesuatu” yang hilang. Sampai akhirnya aku ajuin cuti ke kantor khusus untuk bikin kue kering #hadeeeuuh stttss jangan sampe ketauan orang kantor hehe…

Alhamdulillah aku berhasil membuat 2 jenis kue kering (padahal rencananya mau bikin 5 jenis) karena bahan yang sudah lengkap ya 2 jenis itu. Salah satu yang aku bikin yaitu Milo Doggies Cookies, terinspirasi dari mbak Nina dengan foto cookies yang lucu berhasil membuatku nekad uji coba.

Sebenarnya cookies ini sudah aku dapatkan resepnya udah lama dari blog nya mbak Hesti, udah aku bookmark namun karena saat itu bukan nuansa Ramadhan jadi bikinnya masih ogah-ogahan. Nah yang aku share sekarang menggunakan resepnya mbak Nina dengan modif tambahan gula pasir di resep dan so pasti aku juga modif lagi😉 Yukk kita lihat resepnya:

MILO ‘DOGGIE’ COOKIES
source: Happy Home Baking

Bahan :
180 gr butter suhu ruang karena butter tinggal dikit jadi mix aja 30 butter dan 150 margarine blueband cake & cookies
80 gr milo aku pake milo yg original, kalo pake milo 3 in 1 kayaknya gulanya bisa dikurangi
1 sdm gula pasir halus (optional, aslinya tidak pakai) kalo menurutku masih kurang manis, next time aku tambah 2 sdm
200 gr tepung terigu protein rendah
25 gr maizena
25 gr susu bubuk full cream kalo aku pake 27 gr (pas satu sachet Dancow)
100 gr chocochips
meises secukupnya
koko krunch secukupnya (kurleb 75 gr)

Cara Membuat :
– Panaskan oven 140’C, alasi dengan baking paper tanpa dioles (aku tanpa baking paper dan tanpa dioles).
– Ayak terigu, maizena dan susu bubuk. Sisihkan.
– Kocok butter, milo dan gula pasir halus sebentar saja, kurang lebih selama 3 menit dengan mixer kecepatan rendah. Jangan overbeat ya. ketakutan overbeat akhirnya aku kocok aja pake wisk sampai tercampur rata dan butter nya terasa ringan saat diaduk
– Masukkan campuran terigu dan aduk rata menggunakan spatula hingga menjadi adonan yang bisa dipulung.
– Bentuk adonan menjadi bulat (aku timbang kurleb 7-8 gr), letakkan di atas loyang. kalo aku gak pake ditimbang, suka-suka aja (males.com) trus aku modif juga di dalam kepalanya aku tambahkan 5-6 biji choco chips jadi saat dimakan coklatnya lebih terasa. Caranya ambil adonan secukupnya, pipihkan trus simpan chocochip dan bulatkan adonan (chocochip jangan sampai keluar dari adonan)
– Beri meises untuk mata, chocochips untuk hidung dan koko krunch untuk telinga.
– Panggang selama 25 menit hingga matang.
– Angkat dan dinginkan di atas cooling rack baru dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.

ini setelah dibentuk lengkap warnanya coklat muda. Tapi setelah dipanggang jadi lebih tua coklatnya. Bentuknya masih belum mulus dan cantik euy, next time insya Allah better lah ;)

ini setelah dibentuk lengkap warnanya coklat muda. Tapi setelah dipanggang jadi lebih tua coklatnya. Bentuknya masih belum mulus dan cantik euy, next time insya Allah better lah😉

Bikin kue ini menurutku cukup gampang dan cepat, memang siy rada gempor masang mata dan hidungnya Doggie namun aku pikir jika ajak anak-anak *baca balabantuan membuatnya ini akan menjadi pengalaman menarik buat mereka.

Ayoo Bun, cobain deh bikin sesuatu yg beda di lebaran tahun ini. Seruu loh

Selamat mencoba Bunda😉

3 thoughts on “Kisah Sepotong Kue – Milo Doggie Cookies

  1. kreatif nih bu devi…smpe” cuti kerja segala,xixi. Kyknya lucu tuh kuenya…tapi mau uji coba,repot sm si kecil eum. Jd aq nunggu kiriman kuenya aja kalo mudik k ciamis ya,xixixi.

    • stttsss jangan berisik, ntar ketauan lagi hihi…

      Ajak aja si kecilnya bikin kue, kalo udah bisa duduk sendiri kasih aja adonan utk dia kreasikan.Moga aja setelah besar menjadi Chef yang terkenal dan bermanfaat bagi umat

Tinggalkan Balasan

