Kisah Sepotong Kue – Chocolate Custard Muffin

Oke aku mulai penasaran bikin muffin ini karena lihat penampakannya di blognya mbak Hesti yang aduhai banget dan testimoni dari mbak Hesti yang bilang ini highly recommendation bahkan sampai menyebutnya muffin ini sebagai best ever chocolate muffin. Hadeuuh bikin aku penasaran aja apalagi ditambah comment dari pengunjung blog nya mbak Hesti yang sudah ujicoba muffin ini banyak yang bilang muffin-nya sukses enyak. Yasudlah yuk kita coba bikin…

Finally kesampaian bikin niy muffin 2 minggu lalu. Itu karena Naura (anak tetanggaku) yang lagi hobi masak nagih janji bikin kue bareng. Karena Naura senengnya apapun yang berhubungan dengan coklat dan dalam rangka menuntaskan rasa penasaranku, bissmillah mulailah aku dan Naura bikin muffin ini yeay….😉

Muffin ini memang beda dari yang lain, cara bikinnya dengan sistem pembuatan custard dulu baru dicampur dengan bahan kering, selain itu yang bikin happy bikinnya tanpa perlu mengeluarkan mixer (catet ya jeung😉 ) karena cukup di aduk pake sendok dan tinggal cemplang cemplung loh.  Waktu aku bikin, aku cuma memerlukan satu panci kecil, sendok, cup muffin dan tentu oven. simple banget sodara-sodari :D  Penasaran pengen nyobain kan? hihihi yukk maree lihat resepnya ajeeh…

choco custtard muffin

Chocolate Custard Muffin
Source: Dan Lepard dari blog Hesti’s Kitchen

Bahan :
50 gr maizena
3 sdm coklat bubuk (aku pake yg pekat Bordeux 1 sdm dan Bensdrop 2 sdm )
100 gr brown sugar (aku pake palm sugar)
225 ml air
75 gr butter (karena butternya tinggal dikit, campur dengan margarine)
125 gr dark cooking chocolate (DCC), potong kecil
75 ml minyak sun flower (aku pake minyak goreng kualitas baik)
1/2 sdt vanilli
2 butir telur
125 gr gula kastor next time aku mau kurangi jadi 100 gr karena yang ini menurutku terlalu manis
125 gr tepung terigu serbaguna
1 1/2 sdt baking powder (di rumah adanya cuma baking powder double acting)

Cara Membuat :

  1. Panaskan oven 180’C, siapkan loyang muffin atau memakai cup muffin.
  2. Campur dan ayak maizena dengan coklat bubuk.
  3. Masukkan ke dalam panci bersama air dan gula palem. Aduk rata sampai tidak bergerindil kemudian masak sambil terus diaduk dan licin. Angkat.
  4. Masukkan butter dan DCC, aduk hingga meleleh.
  5. Masukkan minyak, vanilli dan 1 butir telur. Aduk hingga rata.
  6. Tambahkan sisa telur dan gula kastor. Aduk lagi hingga rata dan mengental.
  7. Campur dan ayak tepung terigu dan baking powder kemudian masukkan ke dalam adonan sambil diayak. Aduk asal rata dan jangan sampai overmix ya.
  8. Tuang adonan coklat hingga setinggi 3/4 cup. Taburi chocolate chips (aku gak pake, kelupaan hehe)
  9. Panggang hingga matang selama kurang lebih 25-35 menit (tergantung masing-masing oven), lakukan test tusuk. Angkat.
ini penampakan saat pengadukan adonan ditambah telur (sebelum masuk terigu)

ini penampakan saat pengadukan adonan ditambah telur (sebelum masuk terigu)

Sepanjang pembuatan dan pembakaran muffin seisi rumah harum banget chocolate, Naura sampe bolak balik ngintip oven nunggu muffin-nya matang. ketika sudah matang dan dikeluarkan dari oven dengan kondisi masih panas langsung saja ambil satu muffin dan bagi dua dengan Naura. Enyaak kata Naura… dan minta tambah lagi😉

Tapi kalo menurutku, muffin nya terlalu manis, mungkin karena aku kurang suka manis (udah manis dari dulu siy *kipas-kipas pake jilbab) makanya next time aku mau coba kurangi gula kastor atau gula palm-nya. Tapi untuk tekstur dan coklatnya udah sip banget, aku sukaaa, muffin ini tetep lembut walaupun sudah masuk kulkas. Jadi memang benar kata mbak Hesti, ini highly recommendation😉

Naura & Chocolate Muffin bikinannya. Kapan-kapan kita masak bareng lagi ya Nau ;)

Naura & Chocolate Muffin bikinannya. Kapan-kapan kita masak bareng lagi ya Nau😉

Happy baking Bunda🙂

2 thoughts on “Kisah Sepotong Kue – Chocolate Custard Muffin

Tinggalkan Balasan

