Kisah Sepotong Kue – Pudding Ceplok Telur

Udah lama nge-bookmark resep pudding ini di blog nya mbak Nina, soalnya begitu lihat langsung kepincut dengan ide briliannya si empu resep. Pudding yang biasanya dibentuk dengan cetakan atau gelas, kalo ini di bentuk seperti ceplok telur dan kerennya lagi cuma pake peralatan yang sederhana serta gak pake ribert bikinnya.

Nah weekend lalu rumahku dapat jatah pengajian, karena ini khusus pengajian ibu-ibu yang notabene anak-anaknya so pasti ikutan juga, aku paksain bikin niy pudding. Tentunya aku bikin dengan bahan yang ada dirumah ajah, yang penting kan hasilnya mirip hehe. Ini dia resep versi aku yaa kalo mau bikin versi lain silahkan klik disini.

Pudding nya mirip kan kayak ceplok telur ;)

Pudding nya mirip kan kayak ceplok telur😉

PUDDING CEPLOK TELUR
Source: Catatan Nina

Bahan Pudding Kuning Telur
1 bks   Jelly rasa mangga atau jeruk juga bisa (kalo aku pake nutrijell mangga)
1 bks   minuman serbuk rasa mangga atau jeruk (kalo aku pake nutrisari mangga)
750cc   air
12 sdm Gula pasir (atau sesuai selera)

Cara membuat Pudding Kuning Telur:

  1. Siapkan cetakan talam dan basahi dengan air, sisihkan (maksudne di basahi air biar gampang mengeluarkan pudding dari cetakan).
  2. Campurkan semua bahan, aduk-aduk sampai rata dan rebus sampai mendidih.
  3. Masukkan ke cetakan kue talam isi ¾ nya, biarkan dingin. Kalo aku karena cetakan kue talamnya punya cuma dikit, puding aku cetak juga di cetakan cupcake dan sisanya karena masih banyak aku masukkan ke mangkuk. Ada juga yang ngasih ide cetakannya pake cetakan kue cubit atau dorayaki, pokoknya boleh di cetak di wadah apa aja yang bentuknya setengah lingkaran.
Niy kayak gini cetakan kue talam dan cupcake

Niy kayak gini cetakan kue talam dan cupcake

Bahan Pudding Putih Telur
1 bks   Agar-agar plain (7gr)
1 sachet Susu kental manis putih
1 sachet Susu bubuk (27gr)
750 cc air
8 sdm  Gula pasir (atau sesuai selera)
¼ sdt    Garam
¼ sdt    Vanilla susu

Caranya membuat Pudding Putih:

  1. Campurkan semua bahan, aduk-aduk sampai rata dan rebus sampai mendidih. Khusus untuk pudding ini, karena ada susu-nya selama proses perebusan selalu diaduk searah supaya susu tidak pecah.
  2. Setelah mendidih biarkan sampai uap hilang sambil terus diaduk. Kalo aku biarkan sampai agak hangat supaya saat di siram sekitar pudding kuning gak kecampur

Penyelesaian:

  1. Setelah pudding kuning telur beku, keluarkan dari cetakan dan simpan di piring kecil atau plastik mika bundar (kotak juga bisa) dengan posisi telungkup, jadi yang bentuk melengkungnya diatas. Posisikan di tengah-tengah piring loh yaa

    Nah kayak gini posisinya pudding kuning telur di piring

    Nah kayak gini posisinya pudding kuning telur di piring

  2. Siram sekitar pudding kuning telur dengan puding putih telur, hati-hati jangan sampai menyiram pudding kuning telur karena nanti warna putihnya jadi rada-rada kuning (kurang bagus). Biarkan pudding putih telurnya dingin kalo perlu masukkan ke dalam kulkas

Tuh kan gampang banget bikinnya dan gak pake ribet peralatannya namun dijamin anak-anak akan antusias menikmati pudding gaya baru.

Karena sisa Pudding masih banyak namun cetakan udah gak ada, jadilah Pudding Ceplok Telur raksasa. Kata Rafif itu untuk ibu-ibu :D

Karena sisa Pudding masih banyak namun cetakan udah gak ada, jadilah Pudding Ceplok Telur raksasa. 😀

 

Yuks bunda cobain bikin😉

5 thoughts on “Kisah Sepotong Kue – Pudding Ceplok Telur

    • Gampang bgt kok mbak, intinya siy bikin 2 macem puding yg kuning dan putih.Utk yg kuningnya bisa rasa apa aja yg penting warnanya kuning. Kalo aku karena suka mangga jadi ya pilih rasa mangga ajah. Rasanya enak loh, asem seger campur manis gurih dari pudding putihnya.
      Ayo mbak Noni bikin, kan enak tuh makan yg seger seger saat kepanasan gara-gara mati listrik😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s