Wanna be Mom – Pengalamanku Hidrotubasi & HSG

Tulisan ini sudah pernah di share jaman baheula di multiply almarhum, namun entah kenapa gak ketarik saat ngungsi ke wordpress. Aku share lagi ya karena ini salah satu perjalanan hidupku berjuang untuk mempunyai anak. Semoga bisa bermanfaat. Tulisan ini sambungan dari sini yaa…

***************************

Setelah berusaha melalui alternative dan hasilnya belum ada maka awal tahun 2011 aku dan suamiku berniat untuk memulai lagi program punya anak melalui dunia medis. Dokter yang aku pilih adalah Prof dr. Yunizaf di RSIA YPK Menteng. Kenapa memilih Prof Yunizaf karena sejak 3 tahun lalu temanku yang berhasil sudah merekomendasikannya karena orangnya sabar banget. Nah atas rujukan temanku itulah aku dan suami akhirnya setiap Rabu atau Jum’at membuat jadwal ke beliau.

Dari dokter yang selama ini aku datangi, aku merasakan prof Yunizaf jauh lebih baik dibanding dokter lainnya. Orangnya baik, tindakannya bertahap (gak grasa grusu) dan selalu memaksa aku untuk berpikir positif, aku sering dimarahi karena berpikir terlalu jauh. Kadang setiap tindakan yang dilakukan dokter aku cari info lewat browsing. Emang siy jadi lebih mengerti tapi efek samping lainnya aku kadang jadi sok tau. Belum apa-apa aku udah khawatir harus operasi larascopy padahal dokternya sendiri belum ngasih diagnosa sampai kesana.

Sudah hampir 10 bulan bolak-balik ke Prof Yunizaf perkembangannya sih sudah terlihat tapi perkembangan ke hal lain. Maksudnya? Sebelum konsultasi ke Prof Yunizaf berat badanku tidak pernah bisa lebih berat dari 43 kg, kadang aku juga bingung sendiri kenapa ga bisa gemuk. Namun, begitu konsultasi dan mungkin efek obat-obatan yang aku minum, berat badanku langsung naik secepat kilat hehe lebay.com… emang secepat kilat kok, karena dalam 2 bulan ini berat badanku sudah naik 6 kg. Aku jadi ngeri gak bisa ngerem dan terus bertambah. Aduhh kan ga seru kalo aku gendut! Suamiku siy gak pernah protes malah mendukung aku “berisi” tapi aku gak merasa nyaman karena bajuku sekarang gak ada yg muat dan mukaku jadi bulat banget (baca: Cubby)…Nggak deh!

Kembali ke program punya anak, selama konsultasi dengan Prof Yunizaf selain minum obat (rasanya eneg banget karena harus minum tiap hari) aku juga pernah di Hidortubasi bahkan sampai 2 kali. Apaan sih Hidrotubasi? Hidrotubasi itu upaya untuk melancarkan sumbatan di saluran tuba, prosesnya cairan aqua dan antibiotika disemprotkan di saluran tuba.

Untuk Hidro yang pertama, aku benar-benar merasa kesakitan apalagi saat itu aku harus pulang sendiri karena suami lagi dinas luar kota. Namun aku rasa sakit saat Hidro gara-gara salahku sendiri. Saat dijadwal Hidro sama Prof Yun, aku sama sekali gak dikasih intruksi apapun apa yang harus aku siapkan. Jadilah aku browsing cari info pengalaman para mitra mengenai Hidro, dari yang aku baca ternyata salah satunya bilang dia disuruh puasa sama dokternya. Ya aku pun berinisiatif mengikutinya, aku puasa makan dari jam 10 pagi dan aku di hidro jam 5 sore, lumayan lapar bgtt…
Begitu bertemu dengan Prof Yun aku tidak cerita bahwa aku puasa, langsung saja aku disiapkan untuk Hidro dan saat cairan disemprotkan aku benar-benar merasa sakit yang luar biasa mungkin karena perutku yang kosong jadi lebih sakit hiks. Ditambah lagi kepalaku langsung pusing, mual dan kata suster yang membantu Prof Yun muka ku pucat pasi.
Setelah selesai Hidro dan aku cerita mengenai puasaku, Prof Yun langsung memberi teh manis (yang sebenarnya buat Prof Yun), dikasih obat penghilang rasa sakit dan mual. Alhamdulillah setelah itu aku kuat untuk pulang.
Menurut prof Yun Hidrotubasi itu ada dua macam cara, salah satunya kita di bius total untuk menghindari trauma sakit saat disemprot. Nah utk treatment ini diperlukan puasa (perut dikosongkan dulu). Namun treatment yang dilakukan Prof Yun tidak memerlukan bius, jadi tidak diperlukan puasa terlebih dahulu. Biasa biayanya lebih rendah karena mungkin tidak ada jasa anastesi dulu kali yaaa…

Dari dua kali Hidrotubasi, sayangnya hasil Hidro kurang bagus, menurut Prof Yunizaf tuba fallofi ku kemungkinan ada yang tersumbat. Tahap berikutnya untuk mengetahui sumbatannya dimana dan kenapa maka aku harus di HSG.Sebenarnya tahun 2006 aku pernah HSG dan hasilnya bagus. Kedua saluran tubaku tidak ada sumbatan. Namun karena Hidroku kurang bagus di indikasikan ada sumbatan di saluran tubaku. Beda dengan Hidro, HSG selain disemprot kita juga akan di rotgen. Caranya kita akan tidur telentang, kemudian akan dimasukan cairan kontras. Dibawah meja yang kita tiduri ada alat rotgen. Jadi saat cairan tersebut mengalir ataupun tersumbat akan terlihat melalui gambar rotgen.

Beda dengan HSG yang pertama yang aku lakukan di RS Hermina Depok, kali ini aku HSG di RS Prikasih karena lebih dekat dari rumah dan dapat dilakukan saat pulang kerja. Hasilnya ternyata bisa aku bawa saat itu juga dan karena penasaran aku pun membacanya. Hasilnya saluran tubaku ternyata benar-benar tersumbat sesuai prediksi dari Prof Yun. Bahkan ada tambahan lagi, letak rahimku retro padahal di HSG pertama tidak ada masalah. Rasanya sedih, kecewa dan bahkan aku sudah berpikir sudah tidak ada harapan lagi untuk menjadi seorang Ibu.

la tahzan

gambar diambil dari dp BB-nya teman😀

4 thoughts on “Wanna be Mom – Pengalamanku Hidrotubasi & HSG

  1. Halo mbak…
    Sharing pengalamannya seru nih
    aq juga lagi program hamil. dan katanya tuba sebelah kiriku tersumbat
    kemungkinan harus di hidro juga.
    Sekarang kondisinya gimana mbak? sudah berhasil kah?

    • Hai mbak Tika, makasih kunjungannya…
      Masih belum berhasil mbak karena perjuangannya sekarang beralih ke hal lain😉
      Semoga mbak Tika berhasil program hamilnya yaa…

      tetap semangat!

  2. Hi mba, salam kenal… Aku juga baru hydrotubasi, mau tanya kalau ada tuba yg tersumbat apakah dokternya sempat kasih tahu tindakan selanjutnya apa? Trm kasih ya…

    • Hii mbak, salam kenal juga. Kalo aku setelah hydro 2x dan belum berhasil hamil, dokterku menyarankan aku HSG supaya lebih tahu tersumbatnya di area mana. Berdasarkan HSG tsb dokter merekomendasikan utk LO.

      Semoga mbak segera mendapatkan buah hati seperti yg diharapkan, tetap semangat yaa😉

Tinggalkan Balasan

