Kisah Sepotong Kue – Cake Kentang Keju Coklat

Iseng-iseng BW ehh ujungnya menclok ke blog-nya mbak Marisa dan aku langsung tertarik dengan resep Cake Kentang. Secara aku memang selalu penasaran dengan segala macam olahan yang ada sangkut pautnya dengan kentang soalnya suamiku bukan penggemar kentang.

Kalo dilihat dari cara bikinnya siy keliatannya sama seperti bikin sponge cake biasa namun yang ini istimewa-nya, bahannya tidak menggunakan bahan kimia apapun dan ada tambahan kukusan kentang yang telah di haluskan. Termasuk juga yang bikin semangat ujicoba bikin cake ini karena irit telur *yeayy,ย  kalo aku ini bukan karena ngehindari kolesterol dari telurnya loh yaa tapi ngehindari sakit hati gara-gara ngabisin banyak telur dan hasilnya gagal *tetep ogah rugi๐Ÿ˜€

Nah ini dia resep-nya aku tulis ulang lagi, kalo mau ke sumber-nya langsung silahkan klik sini.

cake kentang 2

CAKE KENTANG KEJU
Source: Marisa Tamara

Bahan:

160 gr kentang di kukus dan selagi hangat dihaluskan
100 ml minyak sayur
120 tepung terigu, ayak kalo aku 100gr terigu + 20gr susu bubuk
4 btr telur ayam
100 gr gula pasir
1 sdt vanilla susu ini tambahanku jadi bisa di skip

35 gr keju cheddar parut
1 genggam choco chips ini tambahan dari aku ya supaya Rafif mau ikutan makan soalnya dia penggemar coklat
Almond slice utk taburan kalo aku ini di skip

Caranya:

  1. Panaskan oven kurleb 160 derajat celcius
  2. Siapkan loyang uk.18 cm olesi margarine, sisihkan
  3. Kocok telur dan gula pasir dg kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan memucat
  4. Turunkan kecepatan ke yg paling rendah, masukkan terigu dan aduk perlahan. Setelah rata masukkan minyak aduk kembali hingga rata
  5. Masukkan kentang dan keju, aduk kembali hingga rata kalo percobaan pertama kejunya aku tabur diatas cake (tidak diaduk dengan adonan) dan kayaknya lebih terasa dan harum
  6. Tuang ke loyang dan atasnya di taburi almond slice. Panggang hingga matang ( 160 celcius kurleb 20 menit dan lanjut dg 140 celcius sampai matang kurleb 15 โ€“ 20 menit, test tusuk)
  7. Keluarkan dari oven, biarkan sebentar sampai cake bisa dilepas dari loyang, dinginkan di rak mat

Di percobaan pertama, cake yg aku bikin bener-bener sukses berat. Aku suka wangi kentang campur keju dan vanila susu yang semerbak saat cake diangkat dari loyang. Suamiku juga suka cake ini karena lembut (bener-bener lembut), sama sekali gak komplain soal rasa kentang-nya. Keponakanku Rafif juga suka tapi emang dia mah makan segala macam jenis cake jadi wajar kali yaa๐Ÿ˜€

Entah kenapa saat bikin yang kedua-nya dan aku bikin langsung 2 resep (rencananya mau bagi-bagi ke kakak iparku) tapi kok hasilnya beda dan kurang memuaskan. Menurutku kurang manis padahal sudah gunakan gula pasirnya sesuai resep dan harum kentang nya juga gak keluar jadi rasa-nya sama saja seperti cake biasa. Apa karena aku kebanyakan ngasih keju-nya kali yaa. Next time kalo bikin kayaknya gak usah gaya-gaya langsung bikin 2 resep deh :p

Tapi secara overall, cake ini rekomendasi banget apalagi bagi anak-anak karena tanpa campuran bahan kimia jadi lebih sehat. Silahkan di coba yaa…

Happy baking Bunda๐Ÿ˜‰

Tinggalkan Balasan

