Kisah Sepotong Kue – Cheese Stick Spesial

Kali ini aku mau share tentang resep Cheese Stick yang menurutku paling cocok di lidahku dan yang paling penting suamiku sukaaaa. Sudah aku praktekan beberapa kali dan hasilnya selalu paling cepat habis diantara makanan yang lain. Namun bikin cheese stick emang rada males, selain ribert harus giling-giling dan goreng (suka keteteran) juga aku gak punya gilingan mie/pasta juga. Dulu siy aku sering pinjam ke tetanggaku yang baik hati dan sebagai biaya sewa-nya satu plastik cheese stick buat Qonita anaknya yang maniak banget cheese stick😀. Tapi sudah hampir setahun tetanggaku pindah ke Samarinda beserta dengan gilingan cheese stick ku (*eeeeh) jadi aku pun off bikin makanan jenis ini. Nah beberapa waktu yang lalu tetangga sebelah rumahku yang baik hati juga ternyata punya alat penggilingan mie (*kenapa gak dari dulu tau-nya yaa ) jadi dalam rangka memberdayakan alat tetanggaku (*eehhh lagi) dan untuk menghabiskan keju parmesan yang udah berbulan-bulan di kulkas akhirnya kesampean bikin makanan favorit keluargaku😀

Resep yang aku gunakan pake resep-nya teh Ina Sena dan khusus cheese stick ini aku gak ada niat utak atik resep karena aku parno gagal secara pake keju yg lumayan mahal kalo gak edam ya parmesan *tetep ogah rugi 

CHEESE STICK
Source: dapoerkoe Ina Sena
 
Bahan :
450gr   tepung terigu protein sedang
50gr     tepung terigu protein tinggi
200gr   tepung tapioka
25 gr    tepung maizena
10 gr    tepung santan instant (optional) seringnya aku gak pakai
½  sdm baking powder
100gr   mentega
250gr   keju parmesan/edam/cheddar parut seringnya aku pake edam atau parmesan karena keju lebih terasa
½ sdm garam
2 butir telur, kocok lepas
300ml  air dingin bisa saja tidak semua digunakan sesuaikan dengan kondisi adonan saja
2 liter   minyak goreng kualitas baik

Cara membuat :

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang-kecil
  2. Ayak semua bahan kering, lalu masukkan semua bahan lainnya kecuali air, aduk rata menggunakan ujung-ujung jari tangan.
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk hingga adonan menggumpal, jadi tidak usah terlalu lama diuleni.
  4. Giling adonan sebagian-sebagian kecil dengan gilingan mie/pasta dengan ketebalan dari no. 1 hingga no. 4, potong-potong, lalu potong dengan gilingan untuk memotong kwetiaw. nah saat inilah yang paling krusial, kalo aku biasanya giling adonan sampai siap untuk digoreng semua-nya sampai selesai baru menggoreng, kalo nggak bakalan keteteran antara goreng dan giling😀
  5. Goreng hingga kuning keemasan.kalo aku lebih seneng goreng sampai agak coklat *tapi jangan sampe gosong loh yaa

Tips penting : agar minyak tidak berbusa, ketika akan menggiling adonan bila adonan terlihat agak lengket, gunakan tepung tapioka sesedikit mungkin. caranya, pulas setipis mungkin tepung tapioka dengan tangan di atas permukaan meja kerja kita, pipihkan adonan yang akan kita giling tempelkan di atas pulasan tepung tapioka tadi. lakukan yg sama dengan sisi lainnya. adonan siap digiling, usahakan jangan dipulas tepung tapioka lagi.

Tekstur Cheese Stick ini memang tidak terlalu renyah bahkan cenderung keras jadi bagi penggemar Cheese Stick renyah mohon maaf lahir bathin yaa. Tapi kalo menurut kakak iparku, yg terlalu renyah itu suka nyerap minyak jadinya selain boros minyak juga bisa bikin bantuk *pembelaan diri.

Cheese Stick Special

Ada good news gara-gara bikin cheese stick kali ini suamiku akhirnya tahu kalo selama ini aku pinjam alat penggilingan mie, ehh suamiku alhamdulillah malah nawarin untuk beliin yeayyy. Padahal selama ini kalo aku beli-beli alat baking langsung protes karena bikin berantakan rumah secara rumah kami mungil apalagi dapurnya. Makasih ya Mas, love you full😉

2 thoughts on “Kisah Sepotong Kue – Cheese Stick Spesial

Tinggalkan Balasan

