Kisah Sepotong Kue – Pastel Lapis a la Singapura a.k. Curry Puff (Karipap Pusing)

Ikutan heboh ahhh dengan snack ini, katanya siy snack asin ini kue-nya Upin Ipin yg dikenal dengan Karipap Pusing (ntah pusing kenapa hehe), nah kalo di NCC dikenalnya dengan Pastel Lapis a la Singapura atau Curry Puff nama kerennya.

Asal muasal kepincut snack ini gara-gara setelah blog walking ke dapurnya mbak Nina, Mbak Hesti dan NCC langsung penasaran begitu melihat penampakannya yang unik. Padahal seumur-umur belum pernah bikin pastel karena males harus bentuk pinggirannya tapi kali ini langsung semangat ujicoba. Begitu cheki-checki bahannya alhamdulillah semua tersedia di rumah bahkan alat yg digunakan pun sederhana. Ditambah lagi ujicobanya rame-rame dengan teman, makin seru dan ga kerasa capenya.

Sebenarnya untuk pastel ini ada 2 jenis resep yaitu yang menggunakan mentega putih (versi mbak vivi) ada juga yang menggunakan margarine (versi NCC). Namun aku lebih cenderung menggunakan resep versi NCC karena menurut review mbak Hesti dari rasa lebih gurih, mungkin karena pemakaian margarine. Suatu saat nanti insyaAllah mau coba pake mentega putih biar bisa bandingin rasanya.

Untuk isi pastelnya aku pake isi pastel biasa soalnya gak punya bumbu kare bubuk *ga mau nambah modal😀 tapi kalo rasa jangan ditanya deh, masih tetep enak kok cuma namanya kurang pantas kalo di bilang Curry Puff la wong  gak pake kari😀 Nah isi pastel yang aku bikin kemaren cuma potong kecil bentuk dadu wortel dan kentang trus tumis dengan bawang merah, bawang putih, garam dan merica yang sudah di haluskan. Untuk pelengkap tambah dengan bihun yg telah di rebus sebentar dan irisan bawang daun serta daun seledri, gampang kan?

karipap1

Pastel Lapis a la Singapura
(Karipap Pusing)
by Fatmah Bahalwan

Kulit

Bahan A:
250 gr tepung terigu
150 gr margarine

Bahan B:
750 gr tepung terigu
80 gr minyak goreng
300 ml air dingin
50 gr gula
1 sdm garam

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan A hingga menjadi adonan yg dapat dipulung. Bagi menjadi 4 bagian, bulatkan. Sisihkan.
  2. Bahan B: dalam wadah, masukkan tepung, minyak goreng, gula, garam, uleni sambil tuangi air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yg kalis. Bagi menjadi 4 bagian, bulatkan.
  3. Pipihkan 1 bagian adonan B, isi dg 1 bagian adonan A ditengahnya. Bulatkan hingga adonan A rapat terbalut adonan B. Rapikan bulatannya. Lakukan pada semua adonan. Diamkan 15 menit.
  4. Ambil satu bagian adonan, gilas tipis lalu lakukan lipatan single, yaitu adonan dilipat tiga kearah tengah.
  5. Gilas lagi memanjang hingga sangat tipis. Kemudian gulung, dan padatkan. Lakukan hal yang sama pada tiga adonan lagi
  6. Potong-potong adonan horizontal setebal kurang lebih 1-1,5 cm hingga didapat potongan bulat dan terlihat tekstur pusaran.
  7. Gilas tipis tiap potongan, beri isi Kentang Bumbu Kari, dan bentuk menjadi pastel. Biar gak ribet direkomendasikan punya cetakan pastel *tips dari si pemalas 😀
  8. Goreng dalam minyak yang sudah panas, hingga kuning kecoklatan. Angkat, sajikan.

Bahan Isi:
Kentang Bumbu Kari
by Fatmah Bahalwan

Bahan:
500 gr kentang
1 bh bawang bombay, cincang
3 bh bawang putih, cincang
3 sdm margarin
2 sdm bumbu kari bubuk siap pakai
1 sdt kaldu ayam bubuk
2 sdm saus tomat
1 sdm saus sambal

Cara membuatnya:

  1. Kukus kentang hingga matang, kupas, potong dadu kecil.
  2. Panaskan margarin dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu, masukkan kentang. Aduk rata.
  3. Taburi bumbu kari bubuk dan kaldu ayam bubuk, aduk rata, tuangi saus tomat dan saus sambal, aduk hingga rata dan matang. Angkat.Dinginkan untuk siap menjadi isian.

Alhamdulillah hasil ujicoba pertama langsung sukses, pastelnya renyah, gurih dan berlapis-lapis pula horeeeey😉 Sempet juga uji coba mengganti isi pastel dengan pisang dan meises. Menurutku rasanya sama enaknya, bahkan lebih simple karena tidak perlu masak-masak dulu bikin isi pastel *malesnya gak ilang-ilang hihi. Cukup iris pisang kecil-kecil masukkan trus taburi meises dan bentuk pastelnya. Namun saat membentuk pinggiran pastel, pastikan sudah tertutup rapat karena saat meises meleleh coklatnya akan keluar dan bikin bentuk pastel kurang cantik. Ide lainnya isi pastel bisa juga di isi dengan keju cheedar dan sosis  yg dipotong-potong kecil dan dikasih saus mayones juga saos cabe (loh kok malah jadi isian amris hihi) atau bisa juga dengan abon tapi bentuknya kecil-kecil aja biar lebih garing luar dalam. Hmmm udah kebayang enyak…enyak…

karipap

Nah bagi yang mau lihat step by step pembuatannya langsung aja cekidot ke sini yaa. Snack ini aku rekomendasikan pake banget. Bahan yang diperlukan sederhana, cara bikinnya juga gak terlalu ribert (apalagi kalo punya cetakan pastel) namun hasilnya lumayan to the max lah. Sok atuh silahkan dicoba yaa Bunda…

Happy Baking Bunda😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s