Kisah Sepotong Kue – Wedang Jahe Merah Spesial

Akhir-akhir ini hujan turun hampir tiap hari, udara pun otomatis jadi dingin. Apalagi di daerah sekitar rumahku yang masih dikelilingi keun, pohon dan sungai brrrrr dingiiin nya.

Lebih mantap lagi kalo hujan datangnya saat pagi menjelang, so pasti akan ada ritual rebutan selimut. Boro-boro bangun, nginjek lantai aja males banget karena dingin apalagi mandi #bilang aja males mandi😀

Nah kalo lagi dingin-dingin kayak gini enaknya tentu minum yang anget-anget. Bisa teh manis anget, susu coklat anget atau yang paling muantap siy minum wedang jahe beuuh angetnya luar dalam. Kalo menurut wikipedia Wedang jahe (“Teh jahe”) adalah hidangan minuman tradisional dari daerah jawa tengah dan jawa timur yang umumnya dihidangkan panas (ahh masa sih tapi sejak kecil seingetku di jawa barat juga ada kok minuman jenis ini *protes sebagai orang sunda). “Wedang” sendiri dalam bahasa jawa yang berarti “minuman panas” seringkali dihidangkan ditambah gula merah atau gula batu. Minuman ini dipercaya dapat mengatasi masalah pernafasan seperti pilek dan batuk karena dapat melancarkan dahak dan memperluas paru-paru sehingga kesulitan bernafas bisa diatasi. Trus khasiat lainnya, Wedang Jahe katanya siy ramuan luar biasa yang ampuh menghilangkan stres karena bisa membuat nyaman dan merelaksasi lewat aroma sluuurpp…ahh *pikiran langsung nge-fly😀

Karena manfaatnya yang banyak, untuk kepraktisan di rumah selalu tersedia wedang jahe bubuk yang dijual dalam kemasan, simple banget tinggal tambah air panas aduk-aduk bentar jadi deh. Namun kalo menurutku versi yang kemasan itu kurang nendang rasa jahenya, kurang hangat dan manisnya rada aneh (curiga pake pemanis buatan). Jadi akhir-akhir ini aku skip beli wedang jahe kemasan namun lebih sering beli jahenya saja langsung. Jadi sekarang lebih sering bikin wedang jahe made in sendiri. Lebih hemat, terjamin kualitasnya dan sing penting rasanya lebih enak *muji diri sendiri😉

Ini dia resepnya, diambil dari browsing sana sini dan uji coba berulang kali :

WEDANG JAHE MERAH SPECIAL
ala devinilasari

Bahan:
250 gr                  Jahe merah, bisa jahe biasa juga namun jahe merah menurutku lebih terasa rasa jahenya
5 batang              Serai bersihkan lapisan yang kotornya dan memarkan ujung pangkalnya
1 biji                     Kapulaga (bisa skip kalo gak ada)
3 biji                     Cengkih (yg kecil aja)
5 cm batang       Kayu Manis (boleh di skip kok kalo gak ada)
3 lembar             Daun pandan, tiap lembar bagi 3
1 liter                   Air

Caranya:

  1. Bersihkan jahe merah jika diperlukan sikat sampai tanah dan kulit air (yg hitam) hilang dari Jahe. Memarkan namun jangan sampai hancur, sisihkan. Sebenarnya untuk lebih mengeluarkan rasa pedas, Jahe lebih baik di panggang/bakar terlebih dahulu, namun seringnya aku langsung memarkan saja soalnya ribert bakarnya *pemalasan😀
  2. Campur jahe, serai, kapulaga, cengkih, kayu manis dan daun pandan dengan air. Lanjut didihkan sampai airnya berkurang setengahnya, selalu gunakan api kecil biar lebih keluar rasa jahe dan rempah-rempahnya
  3. Pada saat penyajian, masukkan ke gelas kecil dan tambahkan dengan gula secukupnya, bisa gula batu, gula merah atau gula pasir. Bahkan kalo suamiku suka-nya ditambah susu kental manis. Silahkan saja tergantung selera masing-masing

Alternatif lainnya dalam penyajian wedang jahe bisa dengan cara

  1. Siapkan kacang tanah sangrai yang ditumbuk kasar (bijinya masih besar-besar)
  2. Roti tawar tanpa kulit dipotong-potong kotak kecil
  3. Sagu mutiara direbus matang
  4. Kolang-kaling diiris tipis
  5. Caranya: masukkan wedang jahe dalam mangkok kecil secukupnya tambahkan kacang tanah, roti tawar, sagu mutiara dan kolang kaling sesuai selera. Terakhir tambahkan susu kental manis putih secukupnya. Siap untuk disantap😉 Nah kalo yang ini kita sebut Wedang Ronde.

Ngobrolin soal wedang ronde, pengalaman makan wedang ronde yang paling berkesan adalah saat liburan tahun lalu di Malioboro Yogyakarta, malem-malem iseng beli di abang yang jualan di depan hotel ameera boutique hotel. Beuhh menurutku itu Wedang Ronde terenak seantero dunia *lebay hehe makanya nanti kalo ke Yogya lagi udah niat mau disempet-sempetin beli wedang ronde ini.

Selamat mencoba😉

maaf ya gambarnya ngambil dari sini soalnya tidak pernah sempet foto kalo bikin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s