Kisah Sepotong Kue – Pudding Santan Gula Merah Spesial

Setelah share tentang bolu Marmer yang merupakan bolu jadul, sekarang lanjut aku mau share tentang Pudding yang merupakan makanan penuh kenangan dan selalu di kangenin. Pudding Santan Gula Merah biasanya dibikin oleh Enin (nenek) almarhumah saat ada anggota keluarga yang sakit. Menurutku itu Pudding paling  enak karena rasanya gurih dan manis yang khas gula merah serta tentu saja dibikin dengan kasih sayang oleh nenek tercinta *al fatihah untuk Enin

Aku juga pernah share resep Pudding ini hasil ujicoba resepnya mbak Nina, hasilnya cukup memuaskan namun yang bikin gak pede di resepnya ada tambahan kuning telur. Terus terang aku suka parno puddingku jadi amis kalo ada tambahan telur, karena itulah dari semua resep pudding yang biasa aku bikin jarang sekali pakai telur, aku lebih suka ngakalin dengan cara lain kalo pengen teksturnya lembut walau tanpa telur.

Kali ini aku mau share resep lain dari Puding Santan Gula Merah yang insyaAllah tetep lembut dan gurih. Resep nya aku dapatkan dari kakak iparku namanya Mbak No saat aku liburan di Pekalongan. Mbak-ku pernah tinggal beberapa tahun di Kalimantan dan mendapat resep ini dari orang Banjar lalu mbak No modif dengan bahan yang ada. Mbak pernah jualan pudding ini dan laku keras bahkan orang Banjar yang ngasih resepnya pun ikutan beli hehe. Memang saat aku nyobain, aku gak mau berhenti makan, soalnya gurih dan enak banget. Namun aku masih kurang suka dengan teksturnya yang keras (terbiasa makan pudding lembut sih). Kata mbak itu karena komposisi air dikurangi dari takaran biasa, itu sengaja supaya saat di kemas plastic tidak keluar air.

Saat kembali ke Jakarta aku langsung bikin pudding ini dan tentu dong aku modif lagi disesuaikan dengan seleraku. Walau rasanya gak seenak bikinan Mbak No namun sampai saat ini resep ini yang aku selalu pakai jika suamiku pengen pudding rasa tradisional. Nah ini dia resepnya:

pudding santan special2

Pudding yang selalu di kenang dan di kangenin😉

Pudding Santan Gula Merah Spesial
Terinspirasi Mbak No (kakak Iparku)

Bahan:

1 bks            Agar-agar putih
1 bks           Jelly putih (nutrijell plain ini tambahan dari aku yaa, ini yang membuat pudding jadi lebih lembut)
1000 ml      Santan (dari 1 butir kelapa)
3 sachect    Susu Kental Manis putih
1 sachect    Susu Bubuk full cream (tambahan dari aku tapi bisa di skip kalo gak ada)
200 gr       Gula Merah
300 ml       Air untuk rebus gula merah
½ sdt        Garam
3 lembar     Daun Pandan ikat

Caranya:

  1. Rebus gula merah dan air sampai gula merah mencair. Saring dan sisihkan
  2. Campur semua agar-agar, jelly, santan, garam, daun pandan dan susu kental aduk-aduk rata. Masukkan sirup gula merah aduk lagi. Setelah itu baru didihkan dengan terus diaduk searah jarum jam sampai mendidih. Begitu mendidih langsung matikan api
  3. Setelah api dimatikan pudding tetap diaduk secara konstan sampai uap sedikit berkurang. Pengadukan ini penting banget untuk menghindari santan pecah. Setelah itu buang daun pandan dan pudding masukkan ke dalam cetakan dan biarkan membeku.

 TIPS:
1.    Pilih gula merah yang warnanya coklat sehingga saat jadi pudding warna yang dihasilkan lebih cantik.
2.    Penting juga menggunakan gula merah yang kualitas baik, selain lebih wangi juga rasanya lebih enak. Pernah coba pake gula merah yg kurang bagus, rasanya malah agak pahit😦

Pudding ini bisa juga ditambahkan kayu manis atau jahe, tentu rasanya nanti akan berbeda namun dijamin tetep enak kok. Apalagi jika di santap dalam kondisi dingin, ehmm enaknyaaa slurrrp…

Salam Pudding Jadul. Selamat mencoba😉

pudding santan special

2 thoughts on “Kisah Sepotong Kue – Pudding Santan Gula Merah Spesial

  1. patut dicoba ni resepnya hehe
    salam kenal ya (saya jg lg berjuang untuk punya momongan) tadi ga sengaja mampir ke blognya, pas searching tentang “pengalaman laparoskopi”🙂

Tinggalkan Balasan

