Wanna Be Mom – Cara Alami Menghalau PCOS

Rajin baca-baca tentang PCO dan cara pengobatannya, aku nemu artikel dan ingin banget aku share di sini. Berharap pembaca blog ku yang bernasib sama bisa mengambil manfaatnya. Aku sendiri belum mencoba tips yang ada karena itu susah senangnya belum bisa aku bagi.  Tapi demi my baby tentunya apa yang harus dilakukan harus semangat dan istiqomah aku lakukan. InsyaAllah aku akan jalanin terapinya, mudah-mudahan dengan jalan ini PCO ku keok dan aku berhasil hamil, amiin

TIPS MAKANAN UNTUK PCOS

 

Pilih yang rendah indeks glikemik. Indeks glikemik adalah ukuran kecepatan suatu jenis makanan diurai oleh tubuh menjadi gula dan selanjutnya diserap menjadi gula darah. Semakin tinggi indeks glikemik jenis makanan, makin cepat makanan diserap tubuh ke dalam darah, yang meningkatkan kadar gula darah. Gula murni adalah pemilik indeks glikemik paling tinggi,  yaitu, 100. Sebuah riset yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, edisi Juli 2010, menyebutkan  wanita dengan PCOS yang menjaga indeks glikemiknya tetap rendah dengan menjaga pola makan sehat, melaporkan siklus haid mereka menjadi teratur. Artinya, tingkat kesuburan mereka juga meningkat sehingga memiliki peluang untuk hamil. 

  1. Makanan dengan indeks glikemik tinggi antara lain  kerupuk (87±2), keripik jagung (81±6), bubur beras (78±9), kentang rebus (78±4), semangka (76±4), roti gandum (74±2), nasi putih (73±4)
  2. Makanan dan minuman dengan indeks glikemik sedang antara lain nasi beras merah (68±4), popcorn (65±5), kentang goreng (63±5), madu (61±3), minuman bersoda (59±3),  buah mangga (59±8), 
  3. Makanan dan minuman dengan indeks glikemik rendah antara lain bihun (53±7), jagung manis (52±5), es krim (51±3), jus jeruk (50±2), pisang (43±3), yoghurt (41±2), coklat (40±3), wortel rebus (39±4)

Protein tinggi. Dari hasil riset Dr. Sidika E. Kasim-Karakas , MD., pakar endokrinologi dari UC Davis Medical Center ENS, Sacramento, California, AS, membuktikan bahwa diet dengan menu makanan berprotein tinggi,  dapat membantu mempertahankan kadar hormon,  hingga siklus haid menjadi lebih teratur dan bisa meningkatkan kesuburan. Makanan tinggi protein seperti telur, ikan, dan daging biasanya mengandung karbohidrat rendah, yang membuat kadar gula normal dan  menurunkan jumlah  insulin yang dihasilkan pankreas. Kadar insulin yang rendah akan menurunkan kadar hormon androgen yang diproduksi ovarium.  Artinya, sel-sel telur di dalam ovarium  berkesempatan untuk matang, yang memungkinkan terjadinya kehamilan! Agar lebih maksimal dalam penyembuhan PCOs Anda sebaiknya mengkonsumsi Suplemen Ovum Gel untuk..

TIPS DIET SEHAT UNTUK PCOS

Hindari makanan yang mengandung gula-gula buatan yang bisa menyebabkan peningkatan kadar insulin. Seperti : gula halus, permen, kue-kue manis, soft drink dan minuman-minuman yang manis lainnya

Ganti nasi putih dengan beras merah yang memiliki indeks glikemik rendah. 

 

 Konsumsi ikan-ikan segar yang banyak mengandung Omega-3, seperti contohnya ikan Salmon yang kaya akan Omega-3.—– Asam lemak Omega-3 terbukti mampu menurunkan kadar hormon testosteron (hormon laki-laki), sehingga membantu kinerja ovarium dalam mematangkan sel telur. 

Putih Telur Ayam Kampung.  Selain tinggi protein, putih telur juga bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan kualitas sel telur. Dari hasil riset Dr. Sidika E.Kasim-Karakas, MD, pakar endokrinologi dari UC Davis Medical Center ENS, Sacramento, California, AS, membuktikan bahwa diet dengan menu makanan berprotein tinggi dapat membantu mempertahankan kadar hormon, sehingga siklus haid menjadi lebih teratur dan bisa meningkatkan kesuburan. Makanan tinggi protein seperti telur, ikan, daging, tempe, dan tahu biasanya mengandung karbohidrat rendah, yang membuat kadar gula menjadi normal dan menurunkan jumlah insulin yang dihasilkan pankreas. Kadar insulin yang rendah akan menurunkan kadar hormon androgen yang diproduksi ovarium. Artinya, sel-sel telur di dalam ovarium berkesempatan untuk matang, yang memungkinkan terjadinya kehamilan.

Kurangi kacang-kacangan, termasuk Susu Soya. Kedelai yang dikonsumsi dalam dosis tinggi bisa memperpanjang siklus menstruasi, menurunkan FSH (Follicle-Stimulating Hormone) dan LH (Leutinizing Hormone). Namun tidak perlu khawatir karena hal ini akan timbul hanya jika kedelai dikonsumsi secara berlebihan. Meskipun begitu, disebagian negara, susu soya sangat dianjurkan untuk orang-orang yang sedang dalam penanganan kesuburan. Ini dimaksudkan untuk menekan perkembangan sel telur yang berlebihan, atau OHSS (Ovarium Hyper Stimulating Syndrome), dan untuk membantu mengurangi produksi gas di perut yang berlebihan saat menjalani terapi induksi ovarium.

Umbi-umbian, seperti ubi jalar, kentang, wortel, lobak dan jenis umbi lainnya mempunyai kandungan vitamin A, E, dan C, juga kandungan beta-karoten yang bagus sebagai antioksidan. Dan kandungan phytoestrogen dan progesteron pada ubi jalar dapat membantu ovarium mampu memproduksi sel telur matang.

Olah-raga ringan seperti jogging dan yoga yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Dalam gerakan-gerakan yoga mampu meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi dan mengatur semua fungsi hormon. Selain itu juga dapat menghilangkan stres dan menjadikan emosi tetap stabil. “Filosofi seluruh yoga adalah perbaikan dan pembersihan diri, olahraga, serta berfokus pada hal yang positif dalam hidup. Ini bagus untuk mengurangi berat badan, mengurangi stres, dan banyak hal,” kata Dr Pfeifer.

Oke jadi kesimpulan singkatnya bagi penderita PCO, ganti beras jadi beras merah lebih afdol yg organik (oke ini bisa diatur), hindari makanan dan minuman yg mengandung pemanis buatan (kalo mau makan kue baiknya bikin sendiri aja lebih terjamin bahan-bahannya dan hindari jajan makanan manis), perbanyak makan putih telur ayam kampung (oke note ntar aku nyetok telur kampung), hindari kacang-kacangan (huaaa susyah kalo ini soalnya aku dan suami tukang ngemil kacang hiks), perbanyak makan umbi-umbian (kalo kolak ubi atau singkong boleh gak ya hehe), rajin olah raga (nah ini dia, namanya olah raga cuma niat doang tapi dilaksanakannya ogah hehe), terakhir dan yang paling susah adalah hindari stress dan jaga emosi tetep stabil (ketauan bgt tukang emosian😀 )

Hikmah nya dengan PCO malah kita lebih menjaga diri kita sendiri, menjadi lebih baik dan lebih sehat. Pasti Allah SWT akan memberikan ujian beserta dengan jalan keluarnya. Bissmillah kami bisa lewati ini. Tetep Semangat!

sumber dari sini

6 thoughts on “Wanna Be Mom – Cara Alami Menghalau PCOS

  1. Main kesini krn googling ttg hidrotubasi, minggu dpan sy jg akan mnjalani hidro ini. Kmarin stlah usg transvaginal smua alhamdulillah normal tp dokter yg skr lsng menyarankan hidro. Makasih untuk smua sharenya ya mbak. Dan smg qt segera dibrikan kturunan sama Allah yg kuasa. Amiiiin

  2. Lagi browsing soal pengen punya anak (lagi), nemu blog ini.
    Sama2 berjuang yuk, aku juga kepengen anak kedua, sekarng lagi proses trying to conceive. Tapi cemen bener, disuruh HSG aja keringet dingiin😦
    Salam kenal yaa..

  3. Salam kenal…
    Aq juga didiagnosa hidrosalphinz kanan, mgkn bulan depan mau LO juga. Doakan semuanya lancar ya..dan tetap semangat untuk punya baby🙂 Oh ya, udah ada rencana BT mbak?

    • Mbak Nuke salam kenal jg.
      Semangaaaat berikhtiar ya mbak, semoga Allah SWT memudahkan segalanya dan apa yg mbak Nuke harapkan bisa terkabul.
      kalo program BT msh harus nabung dulu mbak soalnya biayanya cukup besar😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s