Wanna Be Mom – Perjuanganku belum selesai

anak sholeh

Setelah melewati operasi Laparoskopi yang menghebohkan dan dinyatakan sehat (2 saluran telurku sudah bebas hambatan) aku dan suami berhenti minum obat-obatan medis. Secara 2 tahun sebelumnya berbagai macam jenis obat sudah masuk ke tubuhku bahkan tenggorokanku serasa udah melebar karena terbiasa minum obat kapsul yang besar-besar dalam satu tegukan😀

Tidak terasa satu tahun lebih sudah terlewati namun aku belum juga diberikan kesempatan menjadi seorang ibu. Alhamdulillah ada yang berbeda setelah LO haidku sakitnya berkurang, yang biasanya di hari pertama haid gak mampu masuk kerja karena seharian muntah dan pusing sekarang jadwal libur sehari dalam sebulan tidak aku pake lagi. Berat badanku juga udah mulai naik, makanku banyak loh #itu mah bawaan lahir kalee😀

Sebenarnya sepanjang satu tahun ini aku dan suami tetap berikhtiar melalui pengobatan alternatif, seperti di urut (aku hindari urut di bagian perut) atau di akupuntur karena aku pikir efek sampingnya lebih kecil daripada minum obat-obatan kimia. Namun beberapa kali pindah terapis ternyata Allah SWT belum mengabulkan keinginan kami.

Karena lewat jalur alternatif belum berhasil, Juli 2013 lalu aku mendapat rekomendasi untuk datang ke dokter yang ada di daerah Pamulang hasil ngobrol-ngobrol dengan teman kantor, ternyata temanku juga sudah menunggu 7 tahun dan berhasil mempunyai anak setelah mengikuti terapi dari dokter tersebut. Dengan semangat aku datang ke dr.Muchlis di RSIA Buah Hati Pamulang. Seperti biasa karena ini dokter senior, antriannya cukup sadis tapi masih lebih sadis dr. Wachyu di RSIA YPK. Aku mendapat urutan nomor 26 dan perlu menunggu 2,5jam sampai akhirnya ketemu dr.Muchlis. Setelah melihat sejarah pengobatanku diantara banyak dokter yang aku datangi, dr Muchlis bilang hampir semua hal sudah pernah aku jalani dan aku ditangani oleh ”para pendekar” untuk bidang infertil yang mungkin menjadi seniornya dr.Muchlis selama ini. Malah beliau bingung harus ngasih tindakan apa karena aku sudah melakukan test apapun yg seharusnya dilakukan. Lah piye toh Dok kok bingung #aku ikutan bingung. Akhirnya dr. Muchlis memberiku resep obat yang harus aku minum setiap hari selama 4x siklus haid dan jika bulan ke-4 belum berhasil maka aku diminta kembali ke dr Muchlis untuk treatment lebih lanjut. Huaaaa minum obat lageee #nangis bombay

Bulan pertama aku minum obat tersebut bersamaan dengan puasa Ramadhan, entah karena efek obat atau karena puasa, berat badanku langsung terjun bebas turun 5 kg. Aku sangat kurus sampai tulang-tulangku menonjol dan saat haid datang sakitnya sama seperti saat sakit haid sebelum LO. Seharian tidak bisa ngapa-ngapain karena bolak balik muntah dan kepala pusing banget. Karena efeknya sangat mengkhawatirkan, atas ijin suamiku aku memutuskan untuk menghentikan minum obat tersebut.

Diskusi dengan suami, akhirnya kami sepakat mendatangi kembali dr.Wachyu karena ku pikir beliau sudah tahu sejarah pengobatan yang sudah aku ambil selama ini. Bissmillah…

Menurutku bertemu dengan dr.Wachyu harus siap mental, sama seperti dulu yg langsung dijadwalkan operasi LO saat pertemuan pertama, kemaren pun aku terkaget-kaget dengan diagnosa yang dokter berikan, dipertemuan pertama kata dr. Wachyu di rahimku ada sedikit infeksi, dokter langsung ngasih tindakan dan disuruh minum obat antibiotik selama satu minggu dan vit E selama 30 hari. Berhubung sudah banyak jenis antibiotik yang resisten dibadanku *gara-gara sejak kecil sakit dikit dikasih antibiotik jadi antibiotik yang aku minum harganya lebih mahal. Bayar konsultasi dan obat-obatan #jebret Rp 800rb harus aku keluarkan huaa gak relaa..

Minggu berikutnya aku dijadwalkan bertemu lagi dengan dr Wachyu katanya akan check kondisi telurku karena sudah masuk masa subur (14 hari dari hari pertama haid). Proses check telur melalui transvaginal berdasarkan hasil pemeriksaan ada yang aneh karena dokter tidak menemukan telur di rahim sebelah kiri maupun kanan padahal katanya ovariumku normal. Ya Rabb apa lagi yang harus aku hadapi😦

Dokter memberikan resep obat yang harus aku makan selama 30 hari #obat again hua… kata dokter itu obat yang mengatur gula darah ditubuhku supaya hormonku seimbang. Aku masih belum ngerti apa yang disampaikan dokter, aku masih ngotot ogah minum obat terus-terusan karena pernah pengalaman minum obat dari dr. Muchlis dan hasilnya aku tambah kurus dan haidku sakit. Tapi dokter juga ngotot bahwa haidku sakit itu kebetulan saja terjadi saat aku minum obat karena menurut dokter juga tidak ada hubungannya. Akhirnya aku ngalah, bissmillah aku akhirnya beli juga obat yang diresepkan dokter. Kali ini konsultasi, tindakan dan obat totalnya Rp 600rb #ngobok-ngobok dompet hadeuuh

Karena ogah rugi, aku balik lagi ke dokter minta resume medis atas tindakan yang dokter lakukan untuk klaim ke kantor suamiku. Ketika aku lihat dokter tulis diagnosa di kuitansi disana tertulis PCO, saat itulah baru aku sadar. Ya Rabb perjuanganku ternyata belum selesai, sekarang aku harus menghadapi PCO. Aku masih belum percaya karena hasil test hormon beberapa tahun lalu menunjukkan aku tidak ada masalah. Kondisi ini sama sulitnya dengan tersumbatnya saluran telur yang memerlukan operasi namun sekarang yang harus aku hadapi adalah ketidakseimbangan hormon dan dari artikel yang aku baca kondisi ini akan aku hadapi seumur hidupku.

Sepanjang perjalanan pulang aku diam dan perbanyak istighfar karena istighfarlah yang bisa menenangkan aku dari rasa sedih dan putus asa, ya Allah kenapa sulit sekali aku mempunyai anak jika mengingat perjuanganku selama 8 tahun ini.

Suamiku tahu aku terpukul dengan diagnosa dokter, sambil memelukku suamiku bilang, ”ini adalah cobaan yang Allah berikan kita dan insyaAllah kita bisa melewatinya, sabar ya sayang” #nangis bombay. Itulah salah satu yang membuatku jatuh cinta mati sama suamiku, bisa menenangkan aku yang sangat labil #iloveyou mas

Perjuanganku ternyata belum selesai namun InsyaAllah aku tetap yakin dan semangat.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

 Rabbana hablana min azwajina wa zurriyatina qurrata a’yunin, waj’alna lil muttaqiina imaama.

Artinya: Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (Al-Furqan: 74).

Aamiin Allahumma Aamiin
gambar: diambil dari pp BBM nya teman

19 thoughts on “Wanna Be Mom – Perjuanganku belum selesai

  1. Jadi pengen curhat….sesama pejuang mom wanna be… aku dah 6,5 thn nikah,Kmrn pas dtng bulan terakhir, jadi melow… hiks… Nikah thn 2007.awal 2009 periksa ke dr.Dan stelah HSG diketahui ke2 tuba tersumbat. Trus hidrotubasi 3x plus diatermi. harusnya stelah itu HSG lagi utk ngecek, dah kebuka pa blm. Tapi aku takut…jd gak HSG lagi. Tapi tetep yakin tdk ada yg tidak mungkin Allah lakukan,Meski banyak artikel mengatakan, jarang yg bisa hamil kalau ke2 tersumbat,tp bbrp artikel yg akhirnya bisa hamil setelah pasrah, malah menguatkan aku lg. Mau LO, tapi gak punya uang (krn di perush ku, LO tdk diganti)

    Akhirnya awal thn 2013,memutuskan utk LO dgn biaya rencananya ambil pinj. Renc April.Alhamdulillah…disaat kita siap utk LO, aku malah positif hamil Maret 2013 kmrn. Senangnya luarrrr…biasa… Teman2 banyak yg ikut bahagia.Krn mereka tau perjuanganku selama 5 thn.

    Namun, seperti Mba juga, perjuangnku blm selesai. Usia 7 bln, anakku meninggal dlm kandungan krn plasenta dan ari2 saling lilit, sehingga asupan makanan tdk bisa masuk.Sedihnya ga kebayang mba…😥 Teman2ku banyak yg ikut menangis.
    Aku dan suami cuma bisa pasrah..Kata temanku, Allah pasti cari orang yg tetep kuat utk menerima cobaan ini.

    Orang2 berusaha menguatkan aku, dgn mengatakann, insya allah segera diberi peggantinya.

    Aku pikir juga, kmrn hamil juga merupakan hadiah dr Allah meski ke2 tuba sempat dinyatakan tersumbat.

    Stelah itu, aku disarankan menunda 3 bln utk hamil. Gak 2 thn mengingat usia ku yg sudah 35.Stelah 3 bln, periksa ke dr, ternyata ada kista dan miom, yg sebelumnya gak pernah ada .Dan dr menyarankan utk LO.Krn bisa saja miom ini yg menghambat aku utk hamil lagi.

    Makanya…mau nanya2 ke mba…
    Moga2 mba berkenan kalau aku tanya2🙂

    Smoga kita berdua, juga wanita2 lain yg masih berjuang, segera diberikan keturunan oleh Allah SWT, Aamiin…..

    • Aamiin ya rabbal alamin
      Iya mbak insyaAllah ALLAH memberikan ujian sesuai dgn kemampuan hambaNYA karena itu insyaAllah kita bisa melewati ini. Tetep semangat ya mbak, kita saling mendoakan ^_^

  2. Salam kenal mb
    Q jg mom wanna be
    4th1bl nikah.blm prnh hamil
    Lg trapi sm slh 1 DSOG spec infertilitas d kotaQ.bsk pg jdwal hydrotubasi.
    Q didiagnosa inbalance hormon plus telurx kcl2. Ditrapi pil2 hormon plus rutin minum metformin(kt dkterx sy resisten insulin) selama kurleb 6bl trakhir, alhamdulillah katax hormon &sel telur dah bagus.skr tinggal cek ad sumbatan ap ga
    Mdh2an qt smw diberi kemudahan u/ jd seorang ibu
    Amin3x…

    • Salam kenal juga mbak Risma. Mudah-mudahan Allah SWT segera memberikan keturunan yg sholeh dan sholehah pada keluarga mbak.

      Tetep semangat berikhtiar, semoga hidronya lancar. insyaAllah Allah akan memberikan disaat yg terbaik.

      Saling mendoakan ya mbak dan terima kasih kunjungannya ^_^

  3. Assalamualaikum bunda smua…salam kenal. Sy jg wanna be mom diusia pernikahan 4 tahun. Kemarin baru aja hidro dan kata dokter kedua tuba paten. Padahal sy sdh berpikir yg nggak2 krn sebelumnya sy didiagnosa PID dan ada kista 4cm😥 selain itu sel telur sy kecil2..In shaa Allah bsok mau kontrol lg di dokternya.
    Mohon doanya bunda smua smg diberi kemudahan dan kelancaran untuk memperoleh malaikat kecil. Smg kt smua diberi kesabaran dan kekuatan dalam melakukan ikhtiar ini.
    In shaa Allahakan indah pada waktunya
    Kun fayakun…

    • Wassalamualaikum mbak Yuni,
      tetep semangat dan berprasangka baik pada ALLAH SWT. insyaAllah indah pada waktunya.
      semoga hasil kontrol ke dokter membawa kabar gembira ya mbak ^_^

      Terima kasih atas kunjungan nya yaa

  4. Semoga Allah memberi petuniuk dan kemudahan kepada mbak dan suami dalam memperoleh anak.boleh urun saran mbak,di group food combining indonesia juga banyak yang bernasib sama dengan mbak.Setelah mejalani pola makan dan pola hidup sehat food combining Alhamdulillah mereka bisa hamil,mungkin food combining bisa menjadi jalan mendapatkan anak.tetap semangat ya mbak😀

  5. Assalamualaikum mba devi.. Salam kenal…
    Ga sengaja saya baca blog ini, di karenakan saya sedang mencari mana yang lebih baik antara Laparaskopi atau Laparotomi. Ternyata saya menemukan banyak teman disini.. bisa sharing dan saling menguatkan.. memberi semangat.. saya tidak merasa sendiri.🙂
    Saya juga dalam perjuangan..”Wanna be Mom”.. di usia pernikahan yang hampir 6 tahun.
    Saya sudah berganti ganti dokter dengan berbagai macam hasil yg berbeda2.. Miom, Salah satu Saluran Tuba saya tersumbat di ujung, ada yang bilang saya PCO juga, Endometriosis juga, Retro Juga, Prolactine saya melebihi batas normal. Setiap ke dokter… saya tau rasanya seperti apa.. “apalagi ya sekarang yg akan saya dengar…”
    Saat ini saya sedang dalam proses memulai kembali, saya memilih YPK Menteng dengan dr.Nadir Chan, dikarenakan beliau salah satu dokter yang bagus untuk tindakan. Saya akan operasi miom dengan beliau kemungkinan nya bulan depan. Tapi blm tau apakah dengan Laparaskopi atau Laparatomi. Semoga setelah ini bisa mendapatkan kabar dan hasil yang baik..
    Perjuangan panjang… semangat untuk kita semua yaa… “Segala sesuatu akan Indah pada waktunya”..
    Insya Allah kita semua kuat ya bunda… kita bisa untuk ngelewatin ini.. *Semangattttt…😉
    Aamiin..

    • wassalamualaikum mbak Ika,

      Semoga mbak Ika dan keluarga selalu mendapat lindungan Allah SWT dan apa yang menjadi harapan mbak Ika Allah wujudkan dengan cara yang terbaik,amiin.

      Senang rasanya mempunyai teman yang saling menguatkan dan menyemangati. Semoga sukses OP nya ya mbak dan apa yang diharapkan segera terwujud😉
      Semangat yaa…

  6. Haloo mba devi..slm knal..hari ini aq bru k dktr (lagi) n trs mnm obat dan mmggu dpn jadwl hidro yg ke3..sdh diatermi jga..smg bs smngt trs kya mba..mhn doanya spy lancar..smg Tuhan ksh yg tebaik utk kta n tmn2 sperjuangan..mau tnya skrg mba msh ke dktter or gmn?thanks☺

    • Hii mbak Imelda, semangat ya mbak. InsyaAllah ALLAH akan memberikan yg terbaik bagi kita. Semoga seluruh ikhtiar mbak Imelda dan suami diberikan kemudahan dan membawa hasil yg diharapkan bersama.
      Kali saya sekarang udah ga ke dokter lagi, saya kontrol makanan saja namun memang belum berhasil hamil. Saling mendoakan ya mbak…

      • Iya mba devi…aq jd smngat baca blog mba ni…mba n suami jg ya ttp smngat..jgn menyerah n trus berjuang ya mba..semoga kita kuat..yg psti Tuhan ksh yg trbajk untuk kita..n ttpbrharap trus..😊

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s