Kisah Sepotong Kue – Lasagna Super Mudah Super Yumie

Sebenarnya ini uji coba yang sudah aku lakukan beberapa waktu lalu, maklum malas.com jadinya baru laporan sekarang hihi.

Aku pernah share bikin Lasagna Panda ala Mom Elly klik disini dan hasilnya aku rada kecewa karena menurutku terlalu gurih. Mungkin karena aku terlalu banyak menggunakan saus sphageti dan keju nya pun pake yg melt (maklum namanya juga amatiran makanya ganti-ganti bahan sesuka hati). Tapi walau gitu, Lasagna ku alhamdulillah tetep aja habis secara kalo gak abis aku bakalan nangis bombay kali yaa la wong udah ngemodal lumayan lah.

Nah karena kecewa dengan resep yang pertama, alhamdulillah aku nemu lagi resep lain yang katanya siy lebih praktis namun soal rasa jangan tanya deh yumiiiie…

karena foto hasil sendiri kurang oke, jadi pinjem dari blog-nya mbak Endang

karena foto hasil sendiri kurang oke, jadi pinjem dari blog-nya mbak Endang

Saking penasarannya pengen berhasil bikin lasagna yang enak, akhirnya memberanikan diri lagi untuk ujicoba dengan resep versinya justtryandtaste mbak Endang. Kali ini aku bikin hanya ½ resep aja (soalnya ogah rugi kalo gagal lagi) tapi kejunya aku bela-belain pake mozarella biar lebih nendang enaknya😉

Seperti biasa kalo ngintip di blog-nya mbak Endang biasanya dilengkapi dengan step by step pembuatan, silahkan jika ingin lihat lebih detail klik aja sini

Paling penting pastikan semua bahan ada sertifikat halalnya ya ;)

Paling penting pastikan semua bahan ada sertifikat halalnya ya😉

LASAGNA versi Justtryandtaste

 Bahan:
– 6 lembar kulit lasagna
– 250 gram daging sapi cincang
– 150 gram keju mudah meleleh, parut kasar pake keju mozarella dan cheddar
– 5 buah jamur champignon/jamur merang/jamur kancing saya menggunakan 1 buah jamur king oyster, cincang kasar kalo aku pake jamur merang yg sudah di cincang (beli di supermarket)

Bumbu saus daging:
– 1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
– 4 siung  bawang putih, keprak dan cincang halus
– 3 buah tomat merah, rebus dan kuliti (proses di bawah) kalo aku karena tomatnya dikit jadi campur dengan pasta tomat kalengan
– 4 sendok makan saus spaghetti botolan
– 3 sendok makan saus tomat botolan karena pake pasta tomat jadi yg ini aku skip
– 1/4 sendok teh oregano bubuk
– 1/4 sendok teh daun basil kering
– 1/4 sendok teh Italian seasoning
– 1/2 sendok makan gula pasir
– 1 sendok teh garam
– 1/2 sendok teh merica hitam butiran tumbuk halus
– 1/2 sendok teh kaldu bubuk instan (optional) aku skip
– 1 sendok makan minyak untuk menumis kalo aku pake olive oil

Bahan & bumbu saus putih:
– 1 sendok makan mentega/margarine (mentega akan membuat aroma dan rasa lebih gurih)
– 2 sendok makan tepung terigu, jenis apapun ok
– 500 ml susu cair (anda bisa menggunakan susu bubuk 3 sendok makan dilarutkan dengan air hingga menjadi 500 ml)
– 1/2 sendok teh merica hitam butiran tumbuk halus
– 1/4 sendok teh garam
– 50 gram keju parut, bisa menggunakan jenis keju apapun kalo aku yang ini di skip karena ada mozarella

Cara membuat:

Saus daging  

Siapkan tomat, buat irisan menyilang diujung tomat dengan pisau. Rebus 500 ml air di panci hingga mendidih, masukkan tomat, rebus 2 -3 menit hingga kulit terkelupas. Angkat dan tiriskan. Kupas tomat, buang kulitnya dan cincang tomat hingga halus. Jangan buang biji tomat, vitamin C tertinggi ada di gel yang mengelilingi bijinya. Sisihkan.

Siapkan wajan, panaskan minyak. Masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis hingga harum dan warnanya berubah transparan. Masukkan daging cincang. Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga daging berubah warna tidak pink lagi.

Tambahkan saus spaghetti, saus tomat, cincangan tomat, oregano, basil, Italian seasoning, gula, garam, merica bubuk dan kaldu bubuk (optional). Aduk rata dan masak hingga semua bahan mengental. Cicipi rasanya, sesuaikan gula dan garam. Angkat.

Kulit lasagna

Siapkan panci, isi dengan 1 liter air dan 1 sendok makan garam. Rebus air hingga mendidih, masukkan kulit lasagna, aduk dengan spatula agar kulit tidak lengket satu sama lainnya.
Saya menggunakan kulit lasagna instan yang sebenarnya tidak perlu di rebus, tetapi pengalaman membuat lasagna walau menggunakan kulit instan hasilnya tetap keras ketika dipanggang. Jadi paling aman adalah dengan tetap merebusnya hingga al dente.
Rebus kulit lasagna hingga al dente, tidak sampai empuk tetapi lasagna cukup matang. Tiriskan dan segera pisahkan kulit satu dengan lainnya dan tata dalam posisi tidak bertumpukan di wadah datar. Jika kulit lasagna lengket, siram dengan air dingin (cara ini sebenarnya tidak disarankan karena akan mengurangi cita rasa pasta) dan lepaskan kulit perlahan. Sisihkan.

Saus putih

Siapkan panci, masukkan mentega dan masak dengan api kecil hingga mentega lumer. Masukkan tepung terigu, aduk cepat dengan spatula hingga tepung tercampur baik dengan mentega. Masak hingga tepung berwarna kuning kecoklatan dan matang. Aduk terus agar tepung tidak gosong.
Masukkan susu cair sedikit demi sedikit saja sambil diaduk cepat dengan spatula. Jangan memasukkan susu cair banyak-banyak atau semua sekaligus, tepung akan menggumpal dan berbintil-bintil. Masukkan susu bertahap sambil diaduk dan adonan mengental, baru tambahkan susu berikutnya dan lakukan terus hingga susu habis. Jika adonan berbintil-bintil, masukkan ke blender dan proses hingga smooth.
Besarkan api kompor dan masak hingga saus mengental. Tambahkan merica, garam dan keju parut, aduk rata hingga keju meleleh dan saus kental. Angkat. kalo aku kejunya tidak aku masukkan

Menata lasagna
Panaskan oven, set disuhu 175’C, api atas bawah. Letakkan rak di tengah oven jika oven anda tinggi, jika pendek letakkan rak di bagian paling bawah.

Siapkan loyang ukuran 22 x 16 cm, tata 2 lembar kulit lasagna di dasar loyang. Bagi tumisan daging, saus putih dan keju parut menjadi 3 bagian. Oleskan 1 bagian tumisan daging di permukaan kulit lasagna. Oleskan saus putih diatas tumisan daging dan taburkan dengan 1 bagian keju parut.

Tutup dengan 2 lembar kulit lasagna lainnya dan lakukan kegiatan menumpuk sama seperti instruksi diatas hingga 6 lembar kulit lasagna terpakai semua. Lapisan paling atas setelah anda mengoleskan saus putih jangan menaburkan keju. Kita akan panggang terlebih dahulu lasagna hingga 1/2 matang baru keju ditaburkan.

Memanggang 

Letakkan loyang lasagna diatas loyang tipis lainnya, agar mudah bagi kita untuk memasukkan dan mengeluarkannya. Panggang lasagna selama 20 menit, keluarkan dari oven dan taburkan sisa keju di permukaan lasagna. Panggang kembali selama 15 – 20 menit hingga keju meleleh dan permukaan lasagna mulai kuning coklat keemasan. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebelum dipotong-potong.

Note: lama memanggang disesuaikan dengan oven anda, tidak harus terpaku dengan waktu yang saya sertakan di atas. Jika lasagna tampak mulai mendidih, keju meleleh dan permukaan mulai kecoklatan maka segera keluarkan lasagna. Terlalu lama memanggang membuat lasagna keras dan tidak lumer kala di santap.

kalo lihat cara-caranya diatas pasti kebanyangnya bakalan ribet dan lama, tapi saat mengerjakannya nggak seribet yang dibayangkan kok. aku ngerjain ini sendirian dan nyantei. kita bisa siapkan saus putih dan saus daging pagi harinya dan sorenya baru manggang. bener-bener simple kok😉

Kalo dari rasa aku lebih menyukai Lasagna vesi mbak Endang dibanding yang sebelumnya, belajar dari pengalaman saat bikin saus daging aku perbanyak pasta tomat dan seminimal mungkin penggunaan saus saus spageti dan saus tomat karena saus itu sudah gurih dari sananya.

fotonya malem-malem jadi burem

ini foto lasagna bikinan sendiri, tidak menarik hati kan😦

Ayook bunda bikin Lasagna sendiri, selain lebih hemat juga insyaAllah bahannya kita bisa pilih dari yang terbaik dan so pasti dijamin halal

Happy baking Bunda😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s