Kisah Sepotong Kue – Singkong Goreng Kremes yang Empuk dan Gurih

Kalo ngobrolin singkong suka jadi ingat sama bapak almarhum. Dari kecil aku suka banget makan singkong (dan pisang juga) bahkan saking sukanya sama Bapak suka dibilang anak singkong. Jadi kalo liburan kuliah, saat sampai rumah pasti Bapak sudah siapkan singkong yang beliau ambil dari kebun. Bapak sampai bela-belain walau kondisinya hujan. Trus singkong biasanya kami bakar di tungku kayu (dimasukkan ke abu panas) dan kami sekeluarga makan singkong bakar, rasanya itu makanan paling enak sedunia (al fatihah buat Bapak tercinta).

Alhamdulillah nikah sama suami yg penggemar singkong juga jadi kegemaran dalam dunia singkong tetep berjalan sampai sekarang (apaan coba sampe segitunya hihi😀 ) Sayangnya sekarang susah kalo mau bikin singkong bakar karena gak ada tungkunya, jadi paling sering bikin singkong goreng yang resepnya mau aku share sekarang.

Resep ini aku dapatkan dari kakak iparku yang katanya hasil investigasi ke tukang gorengan langganan (jiaah bahasanya). Trus aku modif sampai akhinya goreng singkongnya jadi lebih istimewah (ini menurut suamiku loh) karena singkongnya empuk dan gurih dari kremes kelapa muda. Saat diangkat dari penggorengan wangi kremes kelapa muda bikin selera ngemil meningkat hmmm enaknyaa… Penasaran gimana cara bikinnya, yuk lihat resepnya dibawah ini

Yang membedakan dengan singkong goreng lainnya adanya kremes kelapa muda yang gurih dan wangi sedaapnya...

Yang membedakan dengan singkong goreng lainnya adanya kremes kelapa muda yang gurih dan wangi sedaapnya…

Singkong Goreng Kremes
Source: tukang goreng langganan modif by me😉

1 kg     Singkong (cari yg kulit dalamnya warna merah muda)
3 buah   Bawang putih
2 buah   Kemiri
½ sdt    Ketumbar (tentative tergantung selera yaa)
1 sdt    Garam (secukupnya biasanya aku test rasa aja biar lebih afdol)
2 lbr    Daun Salam
¼ butir  Kelapa Muda yg sudah di parut
500 ml   Air (banyaknya kurang lebih ya soalnya biasanya aku kira-kira aja)
Minyak goreng secukupnya

Caranya:

  1. Singkong di kupas dan cuci bersih dari kotoran tanah. Potong-potong kecil supaya bumbu meresap. Namun jangan terlalu kecil karena bisa hancur saat di rebus. Sisihkan di panci
  2. Kemiri, garam dan ketumbar lembutkan. Masukkan air secukupnya dan gabungkan dengan singkong. Air untuk rebus singkong ini jangan terlalu banyak. Kalo aku biasanya setengah dari banyaknya singkong.
  3. Masukkan kelapa muda parut dan daun salam. Aduk-aduk singkong sampai rata bumbunya.
  4. Rebus singkong sampai matang dan air tersisa sedikit. Selama di rebus aduk pelan singkong supaya seluruh singkong terkena air bumbu. Matikan api dan biarkan dingin
  5. Goreng singkong dan bumbunya sampai singkong dan kelapa muda berwarna kecoklatan. Saat goreng jangan banyak di aduk karena singkong bisa hancur.
  6. Tiriskan singkong dan sajikan selagi hangat bersama teh manis hangat.

singkong goreng kremes1

Ada juga alternatif lain, singkong di kukus dulu setengah matang trus di rendam dengan air es yang sudah di kasih bumbu. Biarkan beberapa jam dan goreng sampai warna coklat. Nah silahkan saja mau pakai cara apa yang penting pakai selalu singkong yang enak karena ini akan sangat mempengaruhi hasilnya. Untuk mengetahui singkong yang empuk dan enak ini hasil dari googling tips nya:

 

 

TIPS MEMILIH SINGKONG YG ENAK*

  1. Sebaiknya gunakan singkong yang masih baru, dengan usia tanam 6 – 8 bulan. Tanda singkong yang masih baru adalah kulitnya luar singkong mudah dikuliti atau mudah dilepaskan dari singkongnya.
  2. Warna kulit singkong yang baik, biasanya adalah yang berwarna coklat, coklat kemerahan atau merah maron.
  3. Singkong yang masih baik, apabila dipotong masih basah dan sangat mudah retak atau mudah dipatahkan.
  4. Apabila saat memilih singkong pada suatu tumpukan dan menemukan singkong yang tidak baik, maka hindari memilih singkong pada tumpukan yang sama karena biasanya dalam satu tumpukan singkong sifatnya sama, yaitu satu singkong bantat yang lain juga ikut bantat.
  5. Hindari singkong yang sudah berwarna biru, atau berkayu pada bagian pangkalnya.
  6. Sebaiknya cari singkong yang mulus, atau kulitnya tidak terluka. Karena singkong yang mulus, biasanya isinya juga mulus

* sumber dari sini

Namun kalo berdasarkan pengalaman, biasanya walau udah milih sebaik mungkin ada kalanya tetep aja dapat singkong yang agak pahit karena itu biasanya aku uji coba aja dulu sedikit singkong di goreng atau di rebus. Kalo rasanya oke maka lanjut sisa singkong aku kasih bumbu tapi kalo gak oke singkong biasanya aku berdayakan jadi combro atau kue singkong lainnya😉

Selamat mencoba ya Bunda😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s