Kisah Sepotong Kue – Bolu Tape Keju Special

Bulan lalu sebelum puasa satu divisiku di kantor bikin acara refreshing jalan-jalan ke Curug Cilember – Puncak. Kami berangkat Jumat sore setelah pulang kerja, setelah bermalam di villa paginya mulailah bertualang ke curug Cilember yang tidak terlalu jauh dari villa. Yang bikin aku takjub di curug Cilember, disana aku banyak bertemu bule arab yang datang berombongan kebanyakan bawa keluarganya #salahfokus. Aku sampe malu sendiri baru tahu tentang curug ini padahal sudah terkenal di dunia internasional (baca arab).

Sampai di curug 7 bukannya mengagumi keindahan alam tapi mulailah kami bernarsis ria, tetep yaaa everywhere everytime. Sudah puas di curug 7, kami melanjutkan perjalanan ke curug 5 dengan harapan kami menemukan tempat narsis yang lebih indah #eeh. Ternyata perjalanan ke curug 5 benar-benar sulit dilupakan dan sulit untuk diulang (aye mah ogah banget). Secara orang biasa keliling mall ini disuruh naik gunung, hadeeuh bener-bener deh menderita saat naik maupun turun. Nggak lagi-lagi deh

narsis everywhereeee :D

narsis everywhereeee😀

Ketika balik lagi ke jakarta, tentunya kami mampir dulu beli oleh-oleh khas puncak. Seneng banget lihat sayuran/buah seperti wortel, strawberi, alpukat dan lobak yang segar banget. Namun berhubung badanku sakit gara-gara naik gunung jadi aku kurang semangat beli oleh-olehnya. Sebagai bukti aku dah nyampe puncak, aku cuma beli tape singkong dan dodol sirsak. Nyampe rumah taunya suamiku kurang suka tape singkong, nah loh bingung mau diapain tape singkong segitu banyaknya (nyesel gak beli wortel ajah).

Gak kalah dengan keadaan, besoknya aku browsing resep bolu tape yang di bahannya menggunakan tape paling banyak (biar cepet abis tape di rumah hihi) tapi cara bikinnya paling gampang (tetep yaa males.com). Dari beberapa alternatif resep yang ada aku langsung pilih resep dari ncc saja. Pikirku ncc itu sudah jaminan mutu dan setelah aku ujicoba hasilnya memang sungguh memuaskan. Bolu Tape keju ini manis nya pas, gurih dari santan terasa namun sayangnya rasa tape nya kurang nendang. Mungkin karena tape yang aku beli kurang manis atau jangan-jangan masih mentah soalnya kalo dari bahan nya aku gunakan 400 gr tape, banyak kan? Tapi secara keseluruhkan aku rekomendasikan resep ini untuk dicoba, buktinya suamiku suka banget (padahal beliu bukan penggemar tape loh)

Berikut resepnya aku tulis ulang beserta dengan sedikit modifikasi menyesuaikan dengan kondisi dapurku.

bolu tape1

Bolu Tape Keju

By: Dewi Anwar – NCC

Bahan :
400 gr tape singkong yg manis
200 ml santan kental (kara)
8 butir telur
225 gr gula kastor (karena takut kemanisan kalo aku 215gr saja)
200 gr terigu kunci biru (kalo aku pake segitiga biru 173 gr + susu bubuk 27 gr)
50 ml minyak goreng
1 sdm emulsifier
50 gr keju cheedar parut utk taburan
20 lbr paper cup

Cara Membuat

  • Hancurkan tape singkong sampai lembut, campur dengan santan, aduk rata, sisihkan. Kalo aku blender aja biar lembut karena akan memudahkan saat pengadukan dengan adonan
  • Kocok telur, gula pasir dan emulsifier sampai mengembang dan kental, masukan terigu sambil diayak diatas adonan, aduk rata. Penting banget mengocok telur sampai kental berjejak karena adonan akan sering diaduk untuk meratakan tape dan minyak goreng. Jika kurang kental, adonan akan turun dan hasilnya bantat
  • Masukan tape singkong, aduk rata, terakhir masukan minyak goreng, aduk rata,
  • Tuang adonan ke loyang tulban atau ke cetakan muffin yg telah diisi cup paper, taburi keju parut
  • Bila menggunakan loyang tulban, oven dengan suhu 160C selama kurang lebih 25 menit atau sampai menguning, kalo cup cake oven dng suhu 180C.

Dirumah aku punya loyang tulban ukuran 26 ternyata adonannya kebanyakan, jadi sisa adonan aku masukkan ke 12 papper cup. Hasilnya, cake yang di tulban aku bawa ke kantor dan langsung habis, sedangkan yang bentuk cupcake buat sarapan tiap pagi. Alhamdulillah cake tetep lembut walau sudah masuk kulkas.

 

ini versi cupcake nya dan aku lebih suka karena tape nya lebih kerasa dan tetep lembut walau sudah masuk kulkas ;)

ini versi cupcake nya dan aku lebih suka karena tape nya lebih kerasa dan tetep lembut walau sudah masuk kulkas😉

Happy baking Bunda😉

One thought on “Kisah Sepotong Kue – Bolu Tape Keju Special

Tinggalkan Balasan

