Menangislah untuk Ramadhan yang kan Hilang

quran2

Menangislah untuk Ramadhan yg Kan Hilang

Teman, marilah kita menangis,
Jika itu bisa melapangkan gundah yang mengganjal sanubari. Bahwa Ramadhan sudah bergegas di akhir hitungan. Dan tadarus Quran kita tak juga beranjak khatam. Jika itu adalah ungkapan penyesalan. Jika itu merupakan awal tekad untuk menyempurnakan tarawih dan Qiyamul lail kita yg centang perenang

Menangislah,
Biar butir bening itu jadi saksi di yaumil akhir. Bahwa kita adalah hamba Alloh yg lalai lagi terlena. Yang berdoa sejak dua bulan sebelum Ramadhan, yang berlatih puasa semenjak Rajab, yang rajin mengikuti tarhib Ramadhan, tapi sampai puasa mendekati akhir masih juga menggunjing kekhilafan teman, masih juga tak bisa menahan ucapan dari kesia-siaan, tak juga menambah ibadah sunah, bahkan hampir terlewat menunaikan yang wajib

Menangislah, lebih keras
Alloh tak menjanjikan apa-apa untuk Ramadhan tahun depan, apakah kita masih disertakan, sedangkan Ramadhan sekarang cuma tersisa hitungan hari. Tak ada yg dapat menjamin usia kita sampai untuk Ramadhan besok, sedangkan Ramadhan ini tersia-siakan. Menangislah utk Ramadhan yg kan hilang…

Menangislah,
Utk dosa-dosa yang belum terampuni, tapi kita masih juga menambah dengan dosa baru…

Menangislah,
Dan tuntaskan semuanya di sini, saat ini. Karena besok waktu akan bergerak makin cepat, Ramadhan semakin berlari. Tahu-tahu sudah 10 malam terakhir dan kita belum bersiap untuk itikaf. Dan lembar Quran menunggu untuk dikhatamkan. Dan lembar rupiah menunggu untuk disalurkan melalui infaq dan zakat. Dan malam menunggu dihiasi sholat tambahan.

Sekarang, atau (mungkin) tidak (ada lagi) sama sekali…

~Abdul Rozak~

#odoj783 (tulisan ini diambil dari sharing dalam grup ODOJ)

Teman Sejati

Teman Sejati

Teman Sejati

Apa artinya bila berteman tak saling menyapa
Apa artinya bila berkawan tapi tak saling menjaga
Apa artinya bersahabat tapi tak saling panjatkan doa

Kita berteman untuk saling mengasihi
Kita berkawan untuk saling berbagi
Dan kita bersahabat untuk saling memotivasi

Tetaplah berada di antara kami
Tetaplah bertahan memerjuangkan dakwah ini
Tetaplah istiqamah hingga kita kembali

Jangan pernah surut meski nyawa kan tercabut
Jangan pernah mundur meski tubuh kita akan hancur
Dan jangan pernah menghindar meski rintangan terhampar

Tiada keindahan persaudaraan kecuali bersama-sama saudara seiman
Tiada kedekatan hati kecuali bersama berada di jalan Ilahi
Tiada cita mulia kecuali menegakkan kebenaran bersama kalam Nya

~Rochma Yulika~

#odoj783

Ketika Rindu

imissyou1

Ketika engkau begitu merindukan seseorang yang sangat engkau sayangi
Maka rindukanlah dia dalam setiap doamu
Rindukanlah dia dalam setiap sujudmu
Pintalah agar dia selalu berada di jalanNya
Pintalah agar diaย  selalu menjaga hatinya

Ingatlah…
Jarak jauh adalah ujian sebuah hubungan cinta
Jarak dekatpun adalah ujian keimanan sebuah hubungan cinta
dan menanti dengan penuh ketulusan adalah bukti kesetiaan dan pengorbanan sebuah hubungan cinta

#Edisi kangen suami yang sedang dinas di Kalimantan ๐Ÿ˜ฆ

doa suami

Note: catatan ini diambil dari fbย dan fotonya dari BB nya teman

Suamiku, Arsenal dan Persib

Sebelum menikah dua tahun lalu kami telah sepakat untuk tidak saling mengganggu untuk masalah hobi. Prinsip kami, hobi atau kesenangan adalah daerah privasi yang merupakan hak pribadi. Iya dong, hobi itu kan sudah melekat pada diri kami masing-masing sebelum kami menikah. Karena itulah, ketika suamiku mempunyai hobi olah raga khususnya sepak bola aku sama sekali tidak keberatan. Bahkan saat suamiku jadi salah satu pemain sepak bola walau masih level RW harus main di daerah lain, aku rela ditinggal. Demikian pula dengan suamiku tidak pernah mengganggu gugat pada hobiku ngurus tanaman hias walau pun resikonya halaman rumah kami layaknya disebut kebun bukan taman. Suamiku lebih memilih untuk membiarkanku berkreasi.

Namun setelah menikah 2 tahun, hmmm kok rasanya ada yang berbeda dari kami berdua. Rasanya sekarang yang maniak tanaman hias bukan aku aja deh, suamiku sekarang malah ikutan semangat saat aku ajak keluar masuk toko bunga atau toko pupuk. Bahkan minggu lalu suamiku lah yang mengatur display tanaman hias kami dan dia bangga sekali ketika ngobrol dengan tetangga di teras rumah membahas pohon jambu dan jeruk yang telah berbuah.

arsenal zoom

Demikian juga aku, rasanya tidak percaya jika setahun terakhir ini aku mulai maniak dengan olah raga. Bukan berarti aku tiba-tiba jadi jago atau berprsetasi di bidang olah raga tapi rasanya sekarang aku pun menikmati saat suamiku nonton sepakbola, bolavolly, bulutangkis, motoGP bahkan mungkin lebih heboh dibanding suamiku. Wajar banget jika aku jadi kayak gini la wong tiap hari selalu ketemu acara olah raga. Coba check apa saja yang harus aku hadapi setiap harinya: tiap jam sebelas malam harus nonton metro sport, lalu paginya sambil siap-siap berangkat ke kantor nonton sport7 dan antvsport dilanjut saat diperjalanan masih juga beli koran Topskor. Padahal beritanya sami mawon dengan yang kami tonton ditelevisi. Lalu tiap Jumโ€™at harus nonton Suami main futsal dan tiap minggu masih juga harus menonton Sport One di Lativi. Dulu awalnya siy sering terjadi perpecahan perang dunia, kami rebutan remote tv dan aku menolak baca Topskor. Tapi karena tidak ada pilihan lain dan dibombardir terus-terusan, ya udah aku yang sering mengalah dan ujung-ujungnya malah ikutan nikmati. lucunya, sekarang kami malah rebutan baca Topskor loh…

Lalu untuk urusan dukung mendukung team olah raga aku akui sangat terpengaruhi oleh suamiku, misalnya untuk Liga Inggris aku ikutan suami dukung Arsenal kata suamiku siy karena Arsenal dibentuk oleh team muda dan permainan Arsenal keren banget atau untuk Liga Italia dukung InterMilan sedangkan Liga Spayol dukung Barcelona. Lalu untuk urusan MotoGP, kami mendukung Valentino Rossi walau 2 musim tidak pernah menang tapi tetep saja bagi kami Valentino Rossy adalah juara sejati.

persibNamun ada satu hal yang tidak mungkin terpengaruhi suamiku yaitu dukung mendukung di Liga Indonesia. Suamiku pendukung PSIS sedangkan aku pendukung PERSIB.ย  Menurutku mendukung PERSIB adalah keharusan karena jika aku tidak mendukungnya, itu berarti aku telah mengkhianati tanah leluhur. Begitu juga yang terjadi dengan suamiku terhadap PSIS. Kami sama-sama sepakat mengenai hal ini dan tidak akan saling mempengaruhi dan ganggu gugat.

Terlepas dari itu semua, rasanya wajar sekali jika dikatakan suami istri adalah pasangan jiwa dan mau tidak mau saling mempengaruhi atau merubah kebiasaan. Dan bagiku, aku merasa bahagia dengan hobiku yang baru ini.

———————————————————————————————————-

Diatas adalah tulisanku 6 tahun yang lalu makanya ada istilah, tempat dan nama lembaga yang menggunakan nama lama. Tulisan ini sudah di publikasikan di Multiply almarhum namun saat migrasi ke wordpress ntah kenapa gak keangkut ๐Ÿ˜ฆย  Karena kupikir tulisan ini merupakan bagian perjalanan hidupku, makanya aku publikasikan kembali.

Update saja, Alhamdulillah setelah sekian lama kami menikah banyak hal yang telah berubah dan kami pun tentunya saling mempengaruhi.ย  Misalnya, hobiku sekarang telah berubah menjadi masak memasak dan tentunya suamiku tidak terpengaruh jadi suka masak tapi Beliau mendapat efek lain yaitu berat badan meningkat dan jadi suka makan karena dapat jatah menghabiskan hasil eksperimen ku baik yang sukses maupun gagal ๐Ÿ˜€

Kalo urusan sepakbola, sampai saat ini kami tetap pendukung Arsenal dan Barcelona, kami pendukung klub yang bermain cantik disetiap pertandingannya. Sedikit kemajuan, aku sekarang bisa menjadi teman berdiskusi bagi suamiku jika membicarakan para pemain Arsenal maupun Barcelona. Termasuk gosip terbaru tentang transfer pemain dan pelatih antar klub musim ini. Bedanya mungkin sudah gak rebutan koran sepakbola lagi karena aku sudah punya bacaan sendiri yaitu majalah masakan hehe.

Namun kembali lagi ada satu hal yang tidak berubah sampai kapan pun yaitu aku tetap bobotoh PERSIB bahkan saat suamiku berubah haluan menjadi pendukung Persija.ย  Dua klub di Liga Indonesia yang fans nya tidak bisa akur dan kami pun untuk urusan ini tidak bisa akur juga. Kami akan saling ledek jika salah satu klub kami kalah, bahkan saat terjadi pelemparan botol ke bus Persib itu pun tak lepas menjadi bahan pembicaraan kami hehe…

Terlepas dari persamaan dan perbedaan itu, aku sangat menikmati setiap tahapan yang kami lewati. Hidup ini menjadi lebih ceria karena penuh warna. Alhamdulillah Allah SWT telah mempertemukanku dengan pasangan jiwaku, kami bisa saling mengisi dalam kebaikan.

Semoga Allah memberi kekuatan untuk membingkai keluarga kami menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warrahmah.ย  Semoga Allah mematrikan helai keikhlasan di setiap gerak kami dan mengekalkan ikatan pernikahaan kami di dunia dan akhirat. Semoga Allah memberikan kekuatan,kesabaran dan keselamatan saat mendayung hingga sampai ketepian yang abadi….

amiin allahumma amiin.

couple3

Semoga Allah SWT Berkenan

sunset1

Apabila Tuhan Menghendaki, Dia akan membuat kata yang tidak berharga ini menjadi penuh manfaat. Dia akan menjadikannya bersemayam di hatimu dan menjadikan mereka amat berguna. Namun apabila Tuhan memang tidak berkenan, meskipun engkau membuat ratusan ribu kata tetap saja tidak akan masuk ke dalam hatimu. Sebab mereka akan mati dan kemudian terlupakanโ€ฆ

Jalaluddin Rumi

 

 

Kita hanyalah atom-atom yang lemah

believe Allah SWT

Tuhan Kasih Sayang, Kehidupan, dan Kematian! Engkau telah menciptakan jiwa-jiwa kami. Engkaulah pembimbing roh-roh kami menuju cahaya dan kegelapan. Engkulah penenang hati kami dan membuat hati kami berharap dan bersedih.

Tuhanku, Engkau telah melemparkanku dari tanah kelahiranku dan menempatkanku di tanah yang lain, dan menyingkapkan padaku kekuatan Kematian yang melampaui kehidupan, dan Kesedihan yang melampui Kesenangan. Engkau telah menanam bunga bakung putih di padang hatiku yang hancur, dan telah memindahkanku ke lembah yang jauh dan menunjukkan bahwa aku adalah seorang yang lemah.

Wahai teman-teman kesunyian dan pembuanganku: Tuhan telah mengkehendaki aku minum dari cangkir kehidupan yang pahit. Kehendak-Nya terpenuhi. Kita bukanlah apa-apa. Kita hanyalah atom-atom yang lemah dalam surga yang tak terbatas; dan kita hanya bisa berbakti dan pasrah pada kehendak Tuhan.
Jika kita mencintai, cinta kita bukanlah dari kita, atau bukan untuk kita. Jika kita bergembira, kegembiraan kita tidak ada dalam diri kita, tetapi dalam Kehidupan itu sendiri. Jika kita berduka, sakit kita tidak berada dalam luka kita, tetapi di dalam jantung Alam.

Aku tidak akan mengeluh; Aku percaya pada arti sebuah kepahitan yang ada dalam setiap obat yang aku minum dari cangkir Kehidupan. Aku percaya pada keindahan dukacita yang menembus hatiku. Aku percaya pada kasih sayang abadi dari jari-jari kuat yang mencengkram jiwaku.

[Rumi – Love Poem’s of Rumi]

trust in allah

gambar : aku ambil dari sini