Selamat Idul Fitri 1435 H

idul fitri 1435 h v1

Bug

Iklan

Ramadhan 1435 H

free palestine 2

Menjelang berakhir Ramadhan 1435 H aku ingin meninggalkan jejak catatan untuk pengingatku di Ramadhan akan datang (Ya Rabb sampaikan hamba ke Ramadhan tahun depan).

  1. Ramadhan kali ini penuh kesedihan karena saudara semuslim di Palestina harus berjuang menghadapi kekejaman Israel. Sampai hari ke 25 jumlah korban syahid penduduk palestina hampir mencapai 600 orang dan korban luka lebih dari 3 ribu orang. Ya Allah, muliakanlah Islam dan kaum Muslimin. Ya Allah, tolonglah kaum Muslimin dan Mujahidin di Palestina. Ya Allah, teguhkanlah Iman mereka dan turunkanlah ketenteraman di dalam hati mereka dan satukanlah barisan mereka. Ya Allah, hancurkanlah kaum kuffar dan kaum musyrikin. Ya Allah, binasakanlah kaum Yahudi dan pasukan Israel dan cerai-beraikanlah kesatuan mereka. Ya Allah, menangkanlah kaum Mujahidin atas musuh kami musuh agama dengan RahmatMu, Wahai Yang Maha Pengasih. Dan sampaikanlah Sholawat kami kepada Nabi Muhammad.
  2. Ramadhan kali ini juga bersamaan dengan Pemilihan Presiden dan finally yang menjadi presiden Indonesia berikutnya adalah Jokowi – JK. Aku melihat ini sudah takdir Allah SWT yang harus kita terima dan ini berarti kita muslim di Indonesia harus merapatkan ukhuwah dan dakwah karena tantangan kita kedepan makin berat. Tetep semangat…
  3. Ramadhan kali ini alhamdulillah banyak yang mengingatkan apa yang harus menjadi tujuan utama mengisi Ramadhan, karena itu dari awal sudah niat untuk memberikan prioritas utama beribadah dibanding kegiatan lainnya.ย  Salah satunya aku menghilangkan agenda membuat kue kering karena memang kegiatan itulah yang sering menyibukkanku di 10 hari terakhir.
  4. Ramadhan kali ini gak mudik lewat pantura karena insyaAllah mau pulang pake kereta api jadi tidak menikmati bermacet-macet ria lagi. bye bye macetttt ๐Ÿ˜‰ tapi pulangnya pulang saat takbiran gara-gara tiket keretanya kehabisan tapi hikmah lainnya bisa memaksimakan 10 hari terakhir tanpa riweuh mikirin mudik

Ramadhan kali ini semoga menjadi Ramadhan yang lebih baik dari Ramadhan tahun lalu. Semoga di awali dengan kebaikan dan diakhiri dengan kemenangan.

Di penghujung bulan Ramadhan ini, hanyalah ampunan dan pembebasan dari siksa neraka yang hamba harap-harap dari Allah yang Maha Pengampun.

Hamba pun berharap semoga Allah menerima amalan hamba di bulan Ramadhan, walaupun hamba rasa amalan hamba begitu sedikit dan begitu banyak kekurangan di dalamnya.

Ya Rabb sampaikan hamba di Ramadhan tahun depan

amiin ya rabbal alamiin

 

Ila Liqo Fil Jannah, InsyaAllah (Sampai Bertemu di Surga, InsyaAllah)

IMG01047-20130330-0750

Menjadi peserta acara Wisuda Akbar Indonesia Menghafal 4 yang diselenggarakan pada Sabtu, 30 Maret 2013 di GBK lalu merupakan pengalaman spiritual yang luar biasa bagiku.Bagaimana tidak, berkumpul dengan 50 ribu penghafal al Quran dan mendengar langsung para Syeikh membacakan ayat suci Al Quran adalah suatu pengalaman langka. Perasaanku mengharu biru berurai air mata selama acara berlangsung. Alhamdulillah aku sangat bersyukur mendapat kesempatan menghadirinya.

Acara ini sudah aku tunggu sejak satu bulan lalu, sejak spanduk acara ini dipasang di depan kantorku.ย  Allah SWT memang sungguh Maha Baik dengan mengaturnya spanduk itu terpasang di tempat yang notabene aku lewati tiap pagi. Setiap aku melewatinya, langkah kakiku selalu terhenti sejenak untuk membacanya dan selalu ada motivasi untuk menghafal Al Qur’an walau dengan terbata-bata, namun aku sangat bersyukur masih mendapat kesempatan untuk mengenal lebih dalam Al Qur’anul karim.

IMG01048-20130330-0833

Bersama 6 sahabat seperjuangan dari blok D aku bersiap sejak pagi. Alhamdulillah perjalanan lancar namun kami agak kesulitan mencari pintu masuk sesuai tiket yang telah dibeli.ย  Saat masuk tepat acara dimulai dengan sambutan dari ketua panitia acara maupun perwakilan dari Daarul Quran. Setelah itu dilanjut dengan parade peserta dari 200 rumah Tahfidz seluruh Indonesia. Yang sangat berkesan adalah rombongan dari rumah tahfidz yang berisi orang-orang yang diberi keterbatasan penglihatan. Dengan semangat mereka berjalan rapi saling memegang bahu teman didepannya, ini membuatku malu karena aku yang Allah SWT beri kesempurnaan penglihatan namun baru mulai mengenal al Qurโ€™an, kemana saja aku selama ini ๐Ÿ˜ฆ

Setelah parade selesai, lanjut dengan sambutan dari para syeikh. Pertama dari Syeikh Abdullah Ali Bashfar yang saat ini menjabat ketua Tahsin Quran Internasional. Beliau menggambarkan keutamaan menghafal al Quran, kelak di akhirat orang tua penghafal al quran akan diberi mahkota yang sangat indah, mereka akan bertanya mengapa mereka mendapat kemuliaan. Kemudian malaikat menjelaskan bahwa semua itu karena mereka mempunyai anak yang menghafal, mencintai dan mengamalkan al Quran.

anak quran rafifAllahu akbar semoga aku menjadi anak yang dapat mengangkat derajat orang tuaku ditempat yang mulia sekaligus mempunyai anak-anak yang dapat menyelamatkanku dari siksa api neraka, aamiin ya robal alamin.

Selanjutnya sambutan dari syeikh Abdurahman Yusuf Jamal selaku Direktur Lembaga Daarul Qurโ€™anul Karim wal Sunnah Gaza, Palestina yang menyampaikan bahwa banyak saudara kita di Gaza yang berlomba-lomba menghafal quran padahal kondisinya sedang berperang, apalagi di Indonesia sebuah Negara yang damai tentunya lebih banyak lagi para penghafal quran (aamiin ya Rabb). Beliau juga menggambarkan bahwa menghafal quran itu mudah, bisa dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja yang mempunyai keinginan kuat.

 

Setelah para syeikh menyampaikan sambutan, masuk pada inti acara sambutan dari syeikh al Ghomidi. Beliau sangat terkesan dengan banyaknya peserta Wisuda, beliau sampaikan bahwa kami yang hadir di acara tersebut sangatlah beruntung, di saat orang lain sibuk dengan urusan dunia tapi kami menyibukkan diri dengan al Quran. Kemudian dengan suara merdu beliau membacakan surat al fatihah dilanjutkan dengan surat An Naba. Subhanallah aku merinding mendengar beliau membacakan ayat-ayat suci al quran, tanpa terasa air mata mengalir merasakan ke agungannya. Saat giliran membaca ayat tentang neraka Jahanam Syeikh tidak kuasa meneruskannya, beliau menangis dan aku juga melihat ustadz yusuf mansyur dan para syeikh yang lain menangis. Sungguh saat itu aku merasakan suatu perasaan yang sangat sulit di gambarkan dan aku sangat merindukannya bisa merasakan perasaan itu lagi. Sebagai penutup sambutan, syeikh al Ghomidi berkata kepada semua yang hadir โ€œIla liqo fil jannah, insyaAllahโ€ (Sampai bertemu kembali di Jannah, insyaAllah)โ€ฆ

quran1

Ya Rabb semoga Engkau kabulkan, luruskan niat hamba ya Rabb. Bimbing hamba untuk tetap istiqomah di jalan ini dan jadikan hamba mendapat Anugrah Mu bergabung dengan barisan para penghafal al Quran dan yang mencintai Al Quran sampai akhir nanti, allahuma aamiinโ€ฆ

Dunia ini penuh dengan sahabat yang menanti untuk mengabulkan keinginan Anda

Buka tulisan lama, mengingatkan pada suatu masa dimana penuh idealisme, menjadi seorang guru TK adalah mimpiku dulu.

Saat itu masa dipersimpangan jalan, antara meneruskan langkah atau berbelok ke arah lain. Namun karena kondisi dan yang pasti memang Allah SWT telah menggariskannya, aku memilih meneruskan langkah. Aku tidak mengambil profesi Guru TK dan tetap bekerja di bidang Human Resources. Jalan hidup yang ditempuh memang tidak sesuai rencana, tapi aku sangat bersyukur dengan apa yang aku terima hari ini, hari-hari yang telah aku lewati dan hari-hari yang akan aku lewati.

Dibawah ini bagian kecil dari sejarahku, aku syukuri karena aku sudah membuktikan bahwa "
Dunia ini penuh dengan sahabat yang menanti untuk mengabulkan keinginan Anda" aku mengirimkan email kepada sahabat yang sudah lama aku kenal maupun baru aku kenal, sahabat yang aku pernah bertemu muka sampai sahabat yang aku kenal lewat dunia maya. Namun subhanallah ternyata tidak sedikit respon email yang aku terima untuk memberikan dukungan maupun saran sehingga aku sangat berterima kasih karena nya.

Ini emailku :

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu,



Kali ini saya sedang membuktikan pepatah “ Dunia ini penuh dengan sahabat yang menanti untuk mengabulkan keinginan Anda “ …. Saya mempunyai mimpi dan saya percaya dari sekian banyak sahabat saya maka Insya Allah minimal salah satu sahabat mau membantu saya untuk mewujudkannya. Mungkin akan kelihatan sombong tapi itulah yang akan saya buktikan nanti!



Sejak dulu saya bermimpi untuk menjadi seorang pendidik. Saya sangat ingin hidup di lingkungan anak-anak dimana kebahagian, kepolosan dan kejujuran masih ada. Saya sangat ingin mencurahkan pikiran dan tenaga saya untuk kemajuan anak-anak khususnya anak muslim. Untuk jangka panjangnya Insya Allah saya ingin mempunyai lembaga pendidikan anak muslim yang modern dan lengkap. Anak-anak tidak hanya belajar membaca, menulis, menghitung atau mengoperasikan komputer tapi mereka pun belajar membaca Al Qur’an, mengenal dunia Islam (tokoh dan sejarahnya) dan bangga dengan Islam sehingga mereka menjadi anak yang sholeh, taqwa dan cerdas.


Namun Saya tidak mempunyai keahlian apa-apa mengenai dunia pendidikan anak dan tidak memiliki background pendidikan dibidang keguruan. Modal saya hanya rasa sayang saya pada anak-anak! Karena itu, saya mohon bantuan dan sarannya apa yang harus saya lakukan untuk mulai membangun mimpi saya…


Saat ini saya memerlukan informasi tentang dunia pendidikan anak, sekolah pendidikan guru tk (Al Quran), kursus-kursus yang mendukung atau tempat yang memberikan kesempatan bagi saya untuk magang sebagai guru sehingga saya bisa mengenal lebih banyak dunia anak.


Sebenarnya saat ini saya telah bekerja selama dua tahun di bidang lain, namun saya rasa tidak ada kata terlambat untuk memulai lagi dari awal. Saya percaya Allah SWT akan selalu membantu hambanya yang bersungguh-sungguh berusaha dan bukankah Allah tidak akan merubah nasib seseorang jika tanpa usaha dari orang itu untuk merubahnya. Terima kasih atas perhatian dan pertolongannya, semoga Allah membalasnya dengan pahala yang berlipat dan berkah yang berlimpah, amiin.


Semoga Allah SWT selalu ridha atas segala perbuatan kita, amiin.



Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuhu.



Dan dibawah ini respon email yang aku terima, aku hanya display satu email saja. Sahabat yang tidak pernah aku kenal namun dengan keikhlasannya mau berbagi :

Assalamualikum wr wb




Ana hanya kasih masukan buat antum semoga ini bermanfaat, memang hidup penuh dengan impian bagaimana kita akan menjemput imoian tergantung kitanya. perkenalkan panggilan


ahmad dari D4 pemasaran UGM temennya hendin.


Ya memang Allah itu mengikuti persangkaan hamaba-Nya selama hambanya mahu berbaik sangka kepada-Nya maka insya Allah dimudahkan jalan untuk mencapainya. Ya tergantung


kita bagaimana usaha kita sealalu positif.




Ana punya pemikiran hendaknya mbak cari realasi di yayasan Ash shofwa, atau diyayasan yang bergerak dibidang pendidikan Islam terpadu baik TK,SD, maupun SMP insya Allah mbak akan dapat respon baik.




Untuk alamanya antum bisa cari di google.com, maaf ana tak bawa cacatan.




Ana doakan antum dapat meraih semua yang antum impikan asala kita tak lupa dengan tiga hal, berusaha, berdoa serta tawakal. karena hidup ini tak selamanya indah dan


juga tak seburuk realita.Semoga kita bisa saling mendoakan dalam meraih kebaikan


yang berguna bagi perbaikan umat ini.Karena Rosul kita juga sayang anak-anak dan bahkan beliau


mengembangkan pengajaran sejak sianak masih dalam kandungan bahkan sebelum diproses terjadinya fertilisasi.




Maaf ana terlalu ngelantur. Semoga kita saling mendoakan, kalau ana kerja freelance di DSUQ Djogja fax(0274)XXXXX a.n Moh Slamet XXXXXX.




Berbaik sangkalah insya Allah dimudahkannya.


Wassalam

LEBARAN CERIA

Tiap lebaran aku sekeluarga kumpul di rumah nenek atau enin. Kebetulan enin punya delapan anak jadi ada 8 keluarga berkumpul. Rumah enin yang sebenarnya lumayan besar tetep terasa sempit. Apalagi saat tidur tiba, aduh…penuh banget! Coba aja sekitar 30 orang dari kakek,nenek sampe buyut semuanya kumpul jadi satu…Tapi serunya cucu enin itu pada sepantaran, Jadi kalo ngobrol nyambung banget. Trus kebanyakan juga cewek-cewek manis kayak aku..hehehehe…Dari 14 belas cucu enin maka ceweknya ada 10 orang. Kebayang kan gimana hebohnya para gadis berkumpul. Dan anehnya kami semua memiliki persamaan yaitu suara yang bertipe stereo, jadi kalo ketawa atau ngobrol bisa kedengaran sampe ke tetangga. Malu-maluin banget deh…

Karena lebaran orangnya jadi banyak dan tamu pun berdatangan dari segala penjuru maka kita membentuk organisasi untuk menanggulangi membanjirnya piring dan gelas kotor serta menjaga kebersihan rumah. Nama teamnya GG (Gegeroh Gelas) dan GP (Gegeroh Piring). Tiap orang mempunyai tugas masing-masing jadi pekerjaan seberat apapun terasa ringan.

Saat lebaran datang kita mempunyai tradisi makan sate ayam+kelinci Udah pernah nyobain sate kelinci nggak? enak loh…Satenya kita bikin sendiri jadi bisa bebas mau makan berapa pun. tapi untuk mendapatkan sate yang enak perlu pengorbanan besar, kita gak bakalan bisa tidur dengan tenang sebelum acara tusuk satenya selesai karena itu adalah tugas para cucu. Mungkin karena dikerjakan tiap tahun maka gak aneh kalo kami semua piawai dalam menusuk sate, hehehe jangan salah loh kalo menusuk sate pun ada caranya supaya lebih empuk, mudah mateng dan terlihat rapi.

Yang lebih menderita pada saat pembakaran sate…hiks..hiks…baju baru kami bakal bau asap karena kami membakarnya setelah shalat idul fitri. Setelah selesai semua dibereskan dan mulai berkumpul di ruang tamu.

Sebelum acara makan, kami mengadakan acara sungkeman. Yang paling tua mendapat giliran pertama sungkem pada enin dan aki. Biasanya saat sungkeman kami semua berkonsentrasi menangis…hiks..hiks..hiks..

Setelah acara berurai air mata selesai diteruskan dengan acara makan. Baru deh diacara ini rame banget karena kadang walau makanan cukup melimpah tapi kami masih suka berebut. Seru-seruan aja…kan Cuma setahun sekali ini.

Selanjutnya acara beredar..maksudnya jiarah ke kuburan para leluhur. Kami mempunyai perkuburan keluarga, jadi yang kita kunjungi Cuma satu tempat. Dengan berakhirnya acara jiarah maka rangkaian tradisi lebaran pun usai. Biasanya kami ngobrol-ngobrol seru tentang kegiatan masing-masing atau jika cuaca cerah kami semua pergi memancing di kolam samping rumah.

Wuihhh lebaran memang selalu membuat hati bahagia dan selalu ada kebersamaan. Semoga tahun ini kami diperkenankan bertemu dengan lebaranMu yang ceria,amiin

tulisan : 2003

gambar: lebaran dede rafif

Tulisan Lama Begitu Menggoda

Gak sengaja baca ulang tulisan lamaku kok ternyata lucu-lucu yaaa…

Jadi ingat dulu saat aku punya inceran pemuda incaran, aku kan pemalu banget (jiahhh), makanya lebih suka curhat by tulisan daripada menghadapi lawan langsung. Lucunya lagi, pemuda incaran harapan bangsa itu tuh berubah-ubah seiring waktu, jadi ya tulisanku pun berbagai macam gaya mengikuti tipe pemuda yang aku incer. Ada yang lemah lembut, kocak tapi ada juga yang jaim (hmmm sekarang pun kayaknya gitu deh). Tapi intinya ini membuktikan dari dulu aku ternyata memang suka nulis (GR sendiri hehe)

Teringat tamanku yg sudah lama tidak terurus dan aku pun belum sempet nulis ya sud lah aku sebar-sebar tulisan lamaku aja yaa…